STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA GURU BERDASARKAN FAKTOR MOTIVATOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor motivator yang memengaruhi kepuasan kerja guru di SMAN 3 Tangerang, serta merancang strategi manajemen berbasis teori motivasi Herzberg untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya motivasi kerja akibat minimnya pengakuan dan kesempatan pengembangan profesional, yang secara langsung memengaruhi kualitas pembelajaran. Inovasi penelitian ini adalah fokus pada faktor motivator intrinsik seperti pencapaian, pengakuan, tanggung jawab, pekerjaan itu sendiri, kemajuan, dan pertumbuhan, tanpa melibatkan faktor hygiene yang sudah dianggap standar. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif dengan pendekatan total sampling terhadap seluruh 52 guru di SMAN 3 Tangerang. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan Smart-PLS 4.0 untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor motivator dan kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pertumbuhan (31,4%) dan pencapaian (23%) memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan kerja, sementara faktor kemajuan memiliki dampak negatif (-1,3%) akibat keterbatasan jalur karier. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan profesional, pemberian penghargaan atas prestasi, dan kebijakan promosi yang transparan untuk meningkatkan motivasi guru. Implikasi praktisnya mencakup desain kebijakan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kesejahteraan guru.
References
Andriani, M., & Widiawati, K. (2017). Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg pada PT Aristika Kreasi Mandiri. Journal Admistrasi Kantor, 5(1), 83–98.
Anwar, M. (2020). Analisis Model Dua Faktor (Hygiene Factors Dan Motivator Factors) Dosen Tetap Pada Lldikti Wilayah Xi Kalimantan Di Banjarmasin. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 2(2), 134–147. https://doi.org/10.36985/manajemen.v2i2.357
Arifudin, A., Untari, S., & Burhan, A. (2024). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 216–222. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/article/view/1541
Eka, D., Dewi, C., Tanjua, A. L., Puspasari, N., & Nugraha, H. (2024). Kinerja Guru dan Permasalahannya.
Galanakis, M., & Peramatzis, G. (2022). Herzberg’s Motivation Theory in Workplace. Journal of Psychology Research, 12(12), 971–978. https://doi.org/10.17265/2159-5542/2022.12.009
Masfufah, N. F., & Rindaningsih, I. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: Literatur Review. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 244–252. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/
Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2), 199–210.
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Riatmaja, D. S., Andriani, N., Purwadisastra, D., Rukhmana, T., Ikhlas, A., & Wonmally, W. (2024). Hubungan Kepemimpinan Transformasi, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional pada Guru SMA. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 1000–1006.
Rudiansyah, Wicaksono, L., & Waruwu, M. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia ( SDM ) dalam Organisasi Melalui Motivasi untuk Optimalisasi Kinerja Guru yang Berkelanjutan. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 7762–7774.
Ruleti, T. C. (2020). Pengaruh Kesejahteraan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Di Smp Se-Kecamatan Sumowono. ABIP : Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 6(2), 90–105. https://doi.org/10.53565/abip.v3i2.248
Siregar, E. B., Karo, N. H. B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.
Usman, S., Lasiatun, K., Kesek, M. N., Riatmaja, D. S., Papia, J. N. T., & B, A. M. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Studi Literatur Manajemen Sumber Daya). Jurnal Pendidikan …, 7(2), 10462–10468. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8016%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8016/6573
Wan, F. W. Y., Tan, S. K., & Mohammad, T. M. I. (2016). Herzberg’s Two-Factor Theory on Work Motivation: Does it Work for Today’s Environment? Global Journal of Commerce & Management Perspective, 2(5), 18–22.
Warso, R. S., Hendriani, S., & Jahrizal, J. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Perilaku Inovatif Dan Kinerja Karyawan PT. Bank Negara Indonesia Cabang Pekanbaru. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 1065–1075. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/1124
Copyright (c) 2025 Ruruh Wuryani, Maswanto Maswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.