PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME DI PLAZA MILLENNIUM

  • Celia Evelyn Universitas Prima Indonesia
  • Jarungjung Hutagaol Universitas Prima Indonesia
Keywords: Kepercayaan Merek, Citra Merek, Desain Produk, Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek, citra merek, dan desain produk terhadap keputusan pembelian smartphone Realme di Plaza Millennium, Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sampel penelitian sebanyak 60 responden dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek, citra merek, dan desain produk masing-masing memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Realme di Plaza Millennium. Secara simultan, kepercayaan merek, citra merek, dan desain produk tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi sebesar 63,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Adhari, L. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust.
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start- Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Budhi, S. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan.
Faizy, A. F., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Vivo di Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–16.
Feny, W. R., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Skincare MS Glow Beautyhome di Demak). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 168–181.
Ghozali, I. (2019). Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2018). on Multivariate Data Analysis Joseph F
. Hair Jr . William C . Black Eight Edition. In International Journal of Multivariate Data Analysis (Vol. 1, Issue 2).
Jeffrey dan Melly Wijaya. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL AGYA PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK-TSO MEDAN GATSU BRANCH. Jurnal Manajemen, 5(2), 153–160.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition (Person Edu).
Kotler & Keller. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (15th ed.). Erlangga.
Luhgiatno, Sani, I., Zulkarnain, I., & Sembiring, R. S. R. (2024). Perilaku Konsumen. In
CV.Eureka Media Aksara. CV.Eureka Media Aksara.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Norma, A., & Sulistyo, B. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Mirai Management, 8(2), 327–336.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Andi.
Sahir, S. H., Hasibuan, A., Aisyah, S., Sudirman, A., Kusuma, A. H. P., Salmiah, Afriany, J., & Simarmata, J. (2020). Gagasan Manjemen (A. Rikki (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutandi, et al. (2018). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Rajawali Pers.
Teta, B. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pengguna smartphone vivo di kota tanjung balai dengan citra merek sebagai variabel mediasi. 4(2), 76–87.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Andi.
Published
2025-01-14
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times