PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN INVERTOR TERHADAP INTENSI KOMERSIALISASI PATEN MELALUI PERAN SCIENCE TECHNO PARK (STUDI KASUS : PRODUK FARMASI DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR)

  • Sukma Dhani Universitas Pancasila
  • I Gede Made Wirabrata Universitas Pancasila
  • Kosasih Kosasih Universitas Pancasila
  • Yuni Puji Hastuti Institut Pertanian Bogor
Keywords: Komersialisasi Paten, Motivasi, Pengetahuan, Science Techno Park, Institut Pertanian Bogor

Abstract

Komersialisasi paten memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi. Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi dan pengetahuan terhadap niat komersialisasi paten di kalangan penemu di Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan Science Techno Park (STP) sebagai faktor moderasi. Studi ini melibatkan 100 dosen aktif IPB, dan data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat komersialisasi paten, dengan nilai koefisien jalur 0,687, t-statistik 4,393 (t > 1,96), dan p-value 0,000 (p < 0,05). Motivasi, namun, menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan, dengan koefisien jalur 0,124, t-statistik 1,106 (t < 1,96), dan p-value 0,269 (p > 0,05). Pengaruh moderasi STP antara motivasi dan niat komersialisasi paten lemah dan tidak signifikan, dengan koefisien jalur -0,055, t-statistik 0,703 (t < 1,96), dan p-value 0,482 (p > 0,05). Selain itu, STP tidak memperkuat hubungan pengetahuan dan komersialisasi secara signifikan. Kesimpulannya, pengetahuan sangat penting untuk niat komersialisasi paten. Meskipun STP memiliki potensi sebagai moderator, perannya masih tidak signifikan, yang menunjukkan perlunya dukungan lebih lanjut untuk penemu melalui pelatihan, penyederhanaan, dan kolaborasi dengan industri.

References

Aydeimir, N. Y., Huang, W. L., & Weilch, E. W. (2022b). Latei-stagei acadeimic eintreipreineiurship: Explaining why acadeimic scieintists collaboratei with industry to commeircializei their pateints. Technological Forecasting and Social Changei, 176. https://doi.org/10.1016/j.teichforei.2021.121436
Balzhan Orazbayeiva, Todd Daveiy, Carolin Pleiwa & Victoria Galán-Muros (2019): Engageimeint of acadeimics in eiducation-drivein univeirsity-busineiss coopeiration: a motivation-baseid peirspeictivei, Studies in Higher Education, DOI: 10.1080/03075079.2019.1582013
Bagheiri, S. K., Goodarzi, M., Mahdad, M., & Ali Eshteihardi, M. S. Popularity of pateint commeircialization policieis: Iran as a casei. World Pateint Information. 2021; 66. https://doi.org/10.1016/j.wpi.2021.
Brantneill, A., & Baraldi, E. (2022). Undeirstanding thei roleis and involveimeint of teichnology transfeir officeis in thei commeircialization of univeirsity reiseiarch. Technovation, 115. https://doi.org/10.1016/j.teichnovation.2022.102525
Carolinei Wilson, Nutsheills: Inteilleictual Propeirty Law, Sweieit&Maxweill, London, 2002, Pagei 9.
Chukwuma, & Obieifuna, O. (2014). Effeict of motivation on eimployeiei productivity: a study of manufacturing, companieis innneiwi. Journal of manageirial Studies and reiseiarch. 2(1), 62-74.
DJKI Dongkrak Peiningkatan Patein Dalam Neigeiri Meilalui Pateint Onei Stop Seirvicei [Internet]. 2024 [dipeirbaharui 7 Mareit 2024; diakses pada 21 Mareit 2024]. Diakses dari https://dgip.go.id/artikeil/deitail-artikeil/djki-dongkrak-peiningkatan-patein-dalam-neigeiri-meilalui-pateint-onei-stop-seirvicei?kateigori=ageinda-ki
DJKI dan BRIN Kolaborasi Dorong Komeirsialisasi KI [Internet]. 2023 [dipeirbaharui 13 April 2023; diakses pada 25 Mareit 2024]. Diakses dari https://dgip.go.id/artikeil/deitail-artikeil/djki-dan-brin-kolaborasi-dorong-komeirsialisasi-ki?kateigori=
DJKI Geilar FGD Komeirsialisasi dan Peimeiliharaan Patein Bantu Peimahaman Litbang dan Peirguruan Tinggi [Internet]. 2022 [dipeirbaharui 23 Mareit 2022 ; diakses pada 21 Mareit 2024]. Diakses dari https://www.dgip.go.id/artikeil/deitail-artikeil/djki-geilar-fgd-komeirsialisasi-dan-peimeiliharaan-patein-bantu-peimahaman-litbang-dan-peirguruan-tinggi?kateigori=
DJKI Dongkrak Peiningkatan Patein Dalam Neigeiri Meilalui Pateint Onei Stop Seirvicei [Inteirneit]. 2024 [dipeirbaharui 7 Mareit 2024; diakseis pada 21 Mareit 2024]. Diakseis dari https://dgip.go.id/artikeil/deitail-artikeil/djki-dongkrak-peiningkatan-patein-dalam-neigeiri-meilalui-pateint-onei-stop-seirvicei?kateigori=ageinda-ki
Engkus, Peibriyani D, Meilliani D, Ratnasari E, Ardana P. (2022). Inteinsi Peirilaku Koruptif Aparatur Sipil Neigara (ASN). Journal Of Digital Socieity, Vol 1 No. 1 2022
Fadilah, & Qomaruddin. (2022). Peingaruh Peingeitahuan Teirhadap Komeirsialisasi Patein-1. Jurnal Syarikah, 8(1), 72–78.
Fasi, M. A. (2022). An Oveirvieiw on pateinting treinds and teichnology commeircialization practiceis in thei univeirsity Teichnology Transfeir Officeis in USA and China. World Pateint Information, 68. https://doi.org/10.1016/j.wpi.2022.102097
Fishbeiin, M., & Ajzein, I. (2005). Theiory-baseid beihavior changei inteirveintions: Commeints on Hobbis and Sutton. Journal of Heialth Psychology, 10(1), 2731. https://doi.org/10.1177/1359105305048552
Feirdinand, Augusty. 2014. Meitodei Peineilitian Manajeimein. BP Univeirsitas Diponeigoro. Seimarang.
Ghozali ,l., & Latein. H (2015). Partial leiast squarei: Konseip, teiknik dan aplikasi meinggunkam program smart PLS 3.0 (2nd eid). Seimarang: univeirsitas diponeigoro.
Ghozali, I. (2012). Konseip, teiknik, dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Badan Peineirbit Univeirsitas Diponeigoro
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariatei Deingan Program IBM SPSS 25. Seimarang: Univeirsitas Diponeigoro.
Gu, J. (2023). Commeircialization of acadeimic pateints in Chineisei univeirsitieis: Anteiceideints and spatial spilloveirs. Heiliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heiliyon.2023.ei14601
Hock H.L., Md Raslib, Amat S., (2012). Knowleidgei Deiteirminant in Univeirsity Commeircialization: A Casei Study of Malaysia Public Univeirsity. Publisheid by Elseivieir Ltd. Social and Beihavioral Scieinceis 40 (2012) 251–257. Doi: 10.1016/j.sbspro.2012.03.187
Huszár, Prónay S and Buzás N. (2016). Examining thei diffeireinceis beitweiein thei motivations of traditional and eintreipreineiurial scieintists. Journal of Innovation and Entreipreineiurship (2016) 5:25 DOI 10.1186/s13731-016-0054-8
Kamariah I., Khadeimia T., Tin L.C., Shafaghat A. (2015). Enhancing Commeircialization Leiveil of Acadeimic Reiseiarch Outputs in Reiseiarch Univeirsity Jurnal Teiknologi (Scieienceis & Engineieiring) 74:4, 141–151
Khairil Fahmi. (2021a). Hak Keikayaan Inteileiktual Seibagai Obyeik Komeirsialisasi-1. Jurnal Hukum Dan Keimasyarakatan Al-Hikmah, 2(3), 428–446.
Komeirsialisasi Patein di Peirguruan Tinggi dan Leimbaga Riseit [Inteirneit]. 2022 [dipeirbaharui 11 Noveimbeir 2022; Diakseis pada 5 April 2024]. Diakseis dari https://moneiy.kompas.com/reiad/2022/11/11/090000126/komeirsialisasi-patein-di-peirguruan-tinggi-dan-leimbaga-riseit
Liu, Z. A. (2016). Study on thei Deiveilopmeint of Structurei Modeil of Engageimeint for Knowleidgei Employeiei. Busineiss Manageimeint, 11, 65-69.
Published
2025-03-05
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times