MANAJEMEN KEUANGAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN KEUANGAN MADRASAH (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH 1 ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14203Keywords:
Manajemen, Keuangan Pendidikan, KemandirianAbstract
Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan dalam upaya mewujudkan kemandirian keuangan madrasah (studi kasus di madrasah Tsanawiyah (MTs) 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep) manajemen keuangan yang dimaksud mencakup: (1) Perencanaan keuangan, (2) Pelaksanaan keuangan, (3) Evaluasi dan Pengawasan keuangan (4) kemandirian Keuangan, dan (5) Usaha-usaha dalam mewujudkan kemandirian pendanaan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, Pengelola Keuangan, dan komite sekolah adalah subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs 1 Annuqayah, Tahap-tahap manajemen keuangan sudah berjalan secara sistematis dan baik hal ini bisa kita lihat dari pengelolaannya sebagai berikut: (a) Perencanaan (Budgeting) penyusunan rencana Kegiatan Tahunan (RKT) dan rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM), (b) Pelakasanaan (Accounting) atau yang di kenal dengan pembukuan dan pelaporan, dalam pembukuan mencatat dana pendidikan yang diterima dan dana pendidikan yang di keluarkan kedalam buku kas tunai, (c) Evaluasi keuangan (accounting), berupa pengawasan dan, pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah setiap bulan, sedangkan pemeriksaan dilakukan dua arah oleh pihak internal dan oihak eksternal. (d) Kemandirian pendanaan dengan mencari sumber dana pendidikan lain dari selain dana bantuan pemerintah yaitu dengan mendirikan kantin dan koperasi sekolah, (e) usaha-usaha dalam mewujudkan kemandirian madrasah dengan mengelola manajemen keuangannya yang profesional, selain itu meningkatkan budaya kewirausahaan di MTs 1 Annuqayah.
References
Arikkunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Alawiyah F. (2014) Pendidikan Madrasah di Indonesia. Aspirasi: Jurnal masalah-masalah sosial, 5 (1), 51 – 58
Andang (2014) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta : Ae-Ruzz, Media.
Budio, Sesra. M. Aulia Abdurrahim. (2020). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah, Jurnal Menata
Burhan Bungin, (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Perdana Mendra Grub.
Danim, Sudarwin. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2006). UU No. 20 Tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Danumiharja, Mintarsih. (2004). Manajemen Keuangan Sekolah. Jakarta: Uhamka Press.
Fattah Nanang. (2012). Ekonomi & Pembiayaan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatah. (2012) Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fattah Nanang. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fatah Syukur, (2011). Manajemen Pendidikan berbasis Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Ferdi. (2013) Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasbi, I. (2023). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktek). Bandung: Widina Bhakti Persada
Heryati, Yetti, dkk. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Idochi Anwar. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
J., Lexy Moleong, (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosda Karya.
James C, Van Horne dan John M, Wachowics, Jr, (1997). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: salemba Empat.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.
Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam
Minarni Sri, (2011). Manajemen Sekolah Pengelolaan Lembaga Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono, (2008). Manajemen administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mukbulloh, D (2011) Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada
Moleong, Lexy. J. (2016) Penelitian kualitatif Edisi Revisi . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nazir, Moh., (2002) Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Ngalim , M. Purwanto, (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung, PT.Remaja Rosdakarya.
Porter, L. W., Crampon, W. J., & Smith, F. J. (2004). Organizational Commitment and Managerial Turnover. Organizational Behavior and Human Performance.
Purmanto, M.Ngalim. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi (2012) Metode Penelitian Kualitatif dalam Persefektif Rancangan Penelitian . Jogyakarta: Ar-ruzmedia.
Riyanto, Yadim. (2007). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sudaryono. (2014). Leadership Teori dan Praktek Kepemimpinan, Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Syafaruddin, (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan; Konsep, Strategi dan Aplikasi, Jakarta: Gradindo.
Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ; Konsep, Strategi dan Aplikasi, Jakarta: Grasindou.
Suhardan Dadang, dkk. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Supriadi Dedi. (2006). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suningsih. (2022). Konsep Pembiayaan Pendidikan Dalam persefektif Islam. UNISAN JURNAL
Supriyani, Y (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIIP-Jurnal Ilmu Pendidikan
Tim dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia., (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Wahjosumidjo, (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wiludjeng, Sri. (2007). Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.