PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP ONLINE IMPULSIVE BUYING MAHASISWA UNIVERSITAS MERCUBAKTIJAYA PADANG PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Yovita Yulia M. Zai Universitas Mercubaktijaya Padang
  • Refki Riyantori Universitas Mercubaktijaya Padang
  • Zicho Hamdika Universitas Mercubaktijaya Padang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14225

Keywords:

Daya tarik iklan, online impulsive buying, mahasiswa, marketplace, Shopee.

Abstract

Kemajuan teknologi digital saat ini telah mendorong perkembangan model belanja online, yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan marketplace serta penerapan strategi pemasaran digital untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dampak daya tarik iklan terhadap perilaku pembelian impulsif online mahasiswa Universitas Mercubaktijaya Padang pada platform marketplace Shopee. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Non-Probability Sampling, khususnya teknik Purposive Sampling, untuk menentukan sampel penelitian yang terdiri dari 100 mahasiswa Universitas Mercubaktijaya Padang. Data dikumpulkan melalui kuesioner serta dianalisis dengan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F serta uji t, sementara pengolahan data dengan perangkat lunak SPSS versi 26. Temuan penelitian membuktikan bahwa daya tarik iklan mempunyai korelasi positif dengan perilaku pembelian impulsif online, dengan nilai korelasi sebesar 0,546 yang menunjukkan kekuatan hubungan sedang. Analisis statistik mengungkapkan bahwa daya tarik iklan memberikan pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif online, dengan nilai thitung (2,128) lebih besar daripada tabel (1,98422) serta signifikansi sebesar 0,036 (<0,05). Variabel daya tarik iklan memberikan kontribusi sebesar 0,270 terhadap pembelian impulsif online, membuktikan bahwa peningkatan daya tarik iklan akan mendorong peningkatan perilaku pembelian impulsif pada Shopee. Sehingga temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi pemasaran yang menarik guna meningkatkan minat konsumen dalam aktivitas belanja impulsif di marketplace.

 

References

Darwipat, D., & Syam, A. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58–64.
de Pinto Simanjuntak, O. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Eqien, 9(2), 395717.
Fernanda, M. (2019). Pengaruh promosi penjualan, daya tarik iklan internet, dan kualitas website terhadap pembelian impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 7–12.
Harpepen, A. (2024). Pengaruh Iklan, Diskon dan Teman Sebaya Terhadap Impulse Buying dalam Pembelian Produk Fashion. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 36–44.
Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee di Jawa Barat. EProceedings of Management, 9(3).
Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistika:(Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Penerbit Andi.
Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan online lazada. co. id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.
Suratno, S., Denmar, D., & Hepy, H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi, Literasi Ekonomi, Dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus Guru Sma Negeri Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 501–515.

Downloads

Published

2024-12-31