ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM RUMAH MAKAN AYAM CIPO GUNUNG BATU BOGOR

Authors

  • Sopyan Saori Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • M Adam Arrazi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Siti Nuraeni Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14233

Keywords:

Strategi pemasaran, bauran pemasaran, Rumah Makan Ayam Cipo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM Rumah Makan Ayam Cipo Gunung Batu Bogor. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Ayam Cipo menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada kualitas produk, variasi menu, harga kompetitif, lokasi strategis, serta promosi melalui media sosial dan layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood. Sasaran pasar utamanya adalah masyarakat lokal, pekerja, pelajar, dan wisatawan yang mencari hidangan praktis, lezat, dan terjangkau. Pendekatan bauran pemasaran (4P: Product, Price, Place, Promotion) digunakan untuk meningkatkan daya saing dan menarik pelanggan. Strategi ini diharapkan mampu menjaga eksistensi bisnis serta menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri kuliner lokal.

References

Kusuma, Erlin, and Yacobo Perdamaian Sijabat. "Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Rumah Makan Ibu Lili." Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan 2.2 (2023): 137-144.

Nainggolan, Hokber Yenerson, and Abdul Malik. "Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Rumah Makan Padang di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak." Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi 9.1 (2022): 1-8.

Alexandro, Rinto, Fendy Hariatama, and Ela Norliana. "Analisis Kualitas Pelayanan pada Rumah Makan Panca Rasa Puruk Cahu." Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9.2 (2021): 353-361.

Reza, Himawan Muhammad, Sofian Muhlisin, and Syarifah Gustiawati. "Analisis strategi pemasaran rumah makan dalam menghadapi persaingan usaha." El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3.1 (2022): 50-59.

Ikhsan, Reza Fauzi, Abrista Devi, and Ahmad Mulyadi Kosim. "Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Rumah Makan Pecak Hj." Sadiyah Cilodong Depok, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam (2020).

Downloads

Published

2025-07-01