PENGARUH PRODUK RAMAH LINGKUNGAN, KESADARAN KONSUMEN, DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SEMANGGI (STUDI PADA KONSUMEN KAMPUNG SEMANGGI)

Authors

  • Taty Untari Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyo Iriani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14271

Keywords:

Produk Ramah Lingkungan, Kesadaran Konsumen, Persepsi Nilai, dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keragaman dari budaya, suku bangsa, agama, hingga tradisi termasuk memiliki keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna yang tinggi. membahas salah satu keanekaragaman flora di Indonesia yaitu daun Semanggi, dikarenakan daun Semanggi identik dengan Kota Surabaya. Daun Semanggi termasuk dalam keluarga hydrocotyle adalah tumbuhan menjalar yang hidup di daerah yang tanahnya lembab, oleh karena itu jenis tumbuhan ini tumbuh subur di Indonesia. Di era globalisasi dan peningkatan kesadaran lingkungan, tren konsumen mulai beralih ke produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Riset ini memakai jenis studi kuantitatif. Responden dalam riset ini ialah Konsumen Kampung Semanggi. Data yang diperoleh dari 90 responden diolah memakai teknik analisis SPSS. Hasil riset memaparkan bahwasanya Produk Ramah Lingkungan berpengaruh terhadap Keputuan Pembelian, Kesadaran Konsumen berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Persepsi Nilai berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

References

Agus Sugiyanto, S.E., M.M, Bagus Caesar Sukmayuda, S.M., M.M, Egi Andiyana, S.Tr.T., M. . (2024). PERILAKU KONSUMEN 5.0 (M. P. Dr. Fatma Sukmawati (ed.)). CV. Pradina Pustaka Grup.
Aji, R. O., Pratiwi, A., & Irsalinda, N. (2023). Utilization of Plant Diversity for Ecoprint Production in Sidomulyo Village, Yogyakarta. Proceeding Biology Education Conference, 20, 140–145.
Alfiana, H. N., & Najicha, F. U. (2022). Krisis Identitas Nasional sebagai Tantangan Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 45–52.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.
Benny, F., Rutinaias, P. S. ;, & Tinggi, A. S. (2020). Pengaruh Perceived Quality, Perceived Sacrifice. Dan Perceived Value Terhadap Customer Satisfaction Di Tokopedia. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–19.
Fahra, A., Dewi, T., Febrianti, N. E., Mustofa, A. F., Dwi, O., & Rahma, E. (2024). Melestarikan tradisi dan kearifan lokal pada suku dayak. 8(12), 507–515.
Fatonah, K., & Suyuti, A. (2022). Representasi Indonesia Dalam Video Musik “Wonderland Indonesia.” Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(02).
Fiqriena Anggun Tyastity dan Yustisia Pasfatima Mbulu. (2019). Volume 7 No . 1 Juni 2019 , ISSN : 2339-1987. 7(1), 25–35.
Firliani, I. P., Yulisetiarini, D., Wulandari, G. A., Manajemen, J., Ekonomi, F., Unej, U. J., & Kalimantan, J. (2014). Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R Di Kota Jember ( Studi Kasus Pada Konsumen Yang Telah Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R ). Artikel Ilmiah Mahasiswa.
Fish, B. (2020). Title. 2507(February), 1–9.
Gardjito, M., Teviningrum, S., & Dewi, S. (2018). Kuliner Surakarta: Mencipta Rasa Penuh Nuansa (I. Hardiman (ed.)).
Ghaida, K. R., Untari, L. P., Melati, R. J., & Aprilia, S. P. (2024). Meningkatkan Kinerja Keuangan melalui Pengelolaan Keuangan Efektif " Warung Sayur Cabe Balap ". 02(02), 104–109.
Hadi EEW, Widyastuti SM, & Wahyuono S. (2016). Keanekaragaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Bawah pada Sistem Agroforestri di Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(2), 206–215.
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.
Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di D.I. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 15(1), 1–24.
Khoirotunnisa, F. (2024). Peningkatan Citra Produk Sentra Olahan Herbal Surabaya Melalui Sosialisasi Kemasan Ramah Lingkungan. 6, 470–476.
Khoiruman, M., & Purba, S. D. A. (2020). Pengaruh Green Product, Green Price, dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Essential Oail Di Rumah Atsiri Indonesia. Journal Of Business And Management, 7(1), 46–54.
Krishna Achnaf Herindra, Zuhud Assyafa, Masaki Rafif, N. C. A. (2024). PESONA CITA RASA NUSANTARA (A. Ayu (ed.)). Samudra Biru.
Kurniawati, F., & Gunansyah, G. (2019). Semanggi Suroboyo Desa Kendung Benowo-Surabaya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 3061–3070.
Kurniyanti, N., Rochaeni, S., & Ichdayati, L. I. (2019). Pengaruh Kesadaran, Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Buah Lokal Studi Kasus Kawasan Industri Di Jakarta Utara. Agribusiness Journal, 11(1), 42–61.
Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57.
Lestari, I. D., & Fauziah, U. T. (2022). Identifikasi Keanekaragaman Jenis Fungi Makroskopis Di Kawasan Hutan Liang Bukal, Moyo Hulu. Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 8–18.
Malihah, L. (2022). Tantangan Dalam Upaya Mengatasi Dampak Perubahan Iklim Dan Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan: Sebuah Tinjauan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 17(2), 219–232.
Mardiyah, S., Anggraeni, S. V., & Muzdalifah, L. (2022). Peran Green Product dan Green Packaging pada Purchase Decision. Greenomika, 4(2), 116–127.
Maulida. (2023). Keghabu Sebagai Budaya Tak Benda Kabupaten Natuna. 01(01).
Mawardi, M. (2023). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Minat Beli Generasi Milineal. Journal of Business Administration (JBA), 3(1), 47.
Misnawati, D. (2019). Kajian Simbolisme Kuliner Mpek Mpek Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Palembang. Jurnal Vokasi Indonesia, 7(1).
Muhammad Taali, SE., MM, Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, M. . (2024). GREEN MARKETING (E. Yayan Agusdi (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mulyana, M. (2019). Inisiasi IV Menganalisis perilaku konsumen. Materi Tutorial Online EKMA 4216 Manajemen Pemasaran, 1(1), 28–34.
Murdijati Gardjito, Eni Harmayani, U. S. (2019). Makanan Tradisional Indonesia (T. U. Press (ed.); 3rd ed.). Gadjah Mada University Press.
Murty, D., Khasanah, I., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600Ml Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–11.
Nina Mistriani, Hesky Ilham Ikhlasandi, Vida Vrisna Kirani, Nakmas Syaefullah Fajrin, Elsandar Ndruru, Wisnu Teguh Prabowo, Widayanti Laia, & Dyah Palupiningtyas. (2024). Model Pengembangan Pariwisata Kreatif Melalui Wisata Edukasi Dan Kuliner Di Sentra Jajanan Pasar, Pudak Payung, Kota Semarang. NAWASENA : Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 01–11.
Nisa. (2024). Daun Semanggi, Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh. https://umsu.ac.id/health/daun-semanggi-manfaatnya-untuk-kesehatan-tubuh/
Nuryadin, S., Sikumbang, D., & ... (2014). Pengaruh Bioremediasi Semanggi Pada Limbah Cair Tahu Terhadap Kelulushidupan Benih Ikan Leledumbo. Jurnal Bioterdidik
Oktafalia Marisa M, & Janny Rowena. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Maret, 7(2), 161–170.
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Pradana, O. R., Made Muradana, I., Tinggi, S., & Mataram, P. (2024). Pengelolaan Daya Tarik Wisata Budaya Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Dusun Gelumpang Kabupaten Lombok Utara. JRT Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 1061–1070.
Pramanawati, F., Rahayu, S., & Astuti, T. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Perceived Usefulness Terhadap Repurchase Decision Browser Mozilla Firefox Dengan Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 154–165.
Pranoto, D. S. (2024). Menyelami Makna dan Filosofis Budaya Tumpeng sebagai Simbol Identitas Kearifan Lokal Bagi Masyarakat. Advances In Social Humanities Research, 2(3), 415–426.
Rahman, I., Waspodo, S., Damayanti, A. A., Himawan, M. R., & Gigentika, S. (2019). Penyuluhan Mengenai Jenis, Manfaat, Status dan Ancaman Ekosistem Lamun di Perairan Pantai Sire, Kabupaten Lombok Utara. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Mataram, 1(1), 262–266.
Rifa Aulliya Nurdian Salsabila. (2023). Cita Rasa dan Keistimewaan Kerupuk Bontot Khas Karawang Jawa Barat. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 2(1), 1–4.
Rika Widianita, D. (2023). Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Rizki, A., Lathifah, A., & Widyastuti, D. A. (2018). PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG (Studi pada Produk Lampu LED Merek PHILIPS). Management, and Industry (JEMI), 1(01), 16–28.
Rokhman, B. I., & Haswanto, N. (2024). Perancangan Website Kuliner Pecel Madiun Sebagai Media Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 212–223.
Saliro, S. S., Muchsin, T., & Baharuddin, B. (2021). Toleransi Meja Makan: Bisnis, Budaya Pedagang Kuliner, dan Interaksi Sosial Pedagang di Kota Singkawang. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(1), 31–40.
Salsabila, G. P., Sarasati, F., Olivia, H., Sudarsono, A. B., & Latief, A. (2024). Pergeseran Makna Tradisi Baritan Pada Masyarakat Di Kecamatan Bangodua Indramayu. 5, 14–21.
Satria Nugraha, A., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212.
Septiani, R. A., Aisyah, D., Cahyati, S. A. W., Ahmad, F., & Gunarti, N. S. (2023). Pemanfaatan Kolagen Dari Hewan. Jurnal Buana Farma, 3(2), 24–32.
Setiaji, D., & Ekawati, R. (2022). Kontribusi Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ADES. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(3), 267–277.
Suranny, L. E. (2017). PERALATAN DAPUR TRADISIONAL SEBAGAI WARISAN KEKAYAAN BUDAYA BANGSA INDONESIA (Traditional of Kitchen Equipment as Cultural Heritage Richness of Indonesia Nation). Jurnal Penelitian Arkeologi Papua Dan Papua Barat, 7(1), 47–62.
Tilaar, T. T., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan the Influence of Store Atmosphere and Perception Value Toward Purchasing Decision ( Study in Rm D ’ Fish Area of Megamas Manado ). Jurnal Emba, 5(3), 3488–3497.
Tridiwianti, F. (2021). Pengaruh Green Product Awareness Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 9(1), 1104–1110.
Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154.
Vivin Afanin Hasnah, & Nugroho, S. P. (2021). Gastronomi Makanan Yogyakarta Sebagai Atraksi Wisata Kuliner. Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE), 1(1), 141–154.
Winarno, S. H., & Givan, B. (2019). Green Product Dan Gaya Hidup Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Natural Coffee). Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 45–53.
ZAKY, F. R. K. & B. M. (2005). TUMBUHAN LIAR BERKHASIAT OBAT.

Downloads

Published

2024-12-31