PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA BEAT DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI KASUS MAHASISWA DI KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel interveningnya pada mahasiswa di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Kota Malang dengan sampel responden yang diambil sebanyak 100 orang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan data penelitian diolah secara Kuantitatif deskriptif dengan metode analisis jalur (path analysis) dan uji sobel menggunakan aplikasi pengolah data SPSS versi 25. Hasil penelitian ini didukung oleh data primer dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga mempunyai pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap brand image; (2) Kualitas produk mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap brand image; (3) Harga tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian; (4) Kualitas produk mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Brand image mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (6) Harga mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui brand image; dan (7) Kualitas produk mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui brand image.
References
Alfiah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Di Kecamatan Batu). JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.47201/Jamin.V4i1.91
Amstrong, G., Adam, S., Denize, S., Volkov, M., & Kotler, P. (2018). Principles Of Marketing (Australian 7th Edition 2017) (7 Ed.). Pearson Education.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dr. Nugroho J. Setiadi, S. M. (2003). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Kencana Prenada Media Group
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca.
Kotler dan Amstrong. (2009). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Marketing Management (Global Edition Edisi 15 Ed.) (15 Ed.).
Kristin, N. I., & Nugroho, A. P. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Excellent, 8(1), 104–115. Https://Doi.Org/10.36587/Exc.V8i1.912
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.7.1.25-32
Lukita, L., Syarief, A., Riyadi, S., & Sriwarno, A. B. (2021). Studi Persepsi Visual Perempuan Pengendara Terhadap Desain Sepeda Motor Skuter Matik Di Indonesia. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 4(1), 67–76. Https://Doi.Org/10.24821/Productum.V4i1.4064
Markeeters. (2023. Januari). Marketeers Youth Choice Award 2022: Merek-Merek Pilihan Gen Z. Retrieved from https://www.marketeers.com/marketeers-youth-choice-award-2022-merek-merek-pilihan-gen-z/
Martinus, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Listrik Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Interveningnya Di Area Kota Malang, Jawa Timur.
Melydrum. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori Dan Implementasi.
Miftah Putra. (2022, November 11). 4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Retrieved from toffeedev.com: https://toffeedev.com/blog/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
Muhammad Hafizh Ryananda. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek sebagai Variabel Intervening.
Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. Https://Doi.Org/10.30813/Bmj.V18i1.2829
Pratama, A. N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Honda Scoopy Di Semarang). Jurnal Mirae Manajemen, 7(1), 425–436.
Putri, D. K., Hidayat, W., & Widayanto, W. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Pt Astra Motor Center Pati (Studi Kasus Pada PT Astra Motor Center Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab
Putri, S. I., Ainurrohmah, S., Riono, S. B., & Syaifulloh, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Indomie Terhadap Keputusan Pembelian Di Warmindo Jayaberkah. Cidea Journal, 2(2), 139–159. Https://Doi.Org/10.56444/Cideajournal.V2i2.1368
Ragilia Asri Putri & Primasatria Edastama. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Melalui Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Outlet Coffee Shop Pada Generasi Z. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4), 165–177. Https://Doi.Org/10.59581/Jrim-Widyakarya.V1i4.1457
Rianto, S., & Andrean, M. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. 3(1).
Sahir, S. H. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Shofwan, T., Aryani, L., & Nastiti, H. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 362–376.
Stanton, J. W. (2013). Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Oleh Buchari Alam. Jilid Satu (10 Ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sukmana, O. (2023, Oktober 6). Menyiapkan Malang Sebagai Kota Destinasi Pendidikan. Malangposcomedia.Id. Rertieved from Https://Malangposcomedia.Id/Menyiapkan-Malang-Sebagai-Kota-Destinasi-Pendidikan
Sutrisna, R., & Riyanto, K. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer Honda PT. Virgi Motor Bekasi. Journal Of Economics And Business UBS, 12(4), 2179–2184. Https://Doi.Org/10.52644/Joeb.V12i4.360
Syaifulloh, D., Widagdo, S., & Amin, S. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Manajemen Informatika, 2. www.Jurnal.Stie-Mandala.Ac.Id
Top Brand Award (2023). Top Brand Index. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2023&tbi_index=top-brand&category=otomotif&type=subcategory&tbi_find=SEPEDA%20MOTOR%20MATIC
Toton, T., Enzovani, S., & Putri, B. V. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 2, 53–63. Https://Doi.Org/10.57084/Jmb.V2i2.774.G631
Zonnete Bryllian Dheo. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Mahasiswa Di Kota Malang Membeli Handphone Merek Iphone Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 7(2), 177–190. Https://Doi.Org/10.25139/Jiabi.V7i2.6593.
Copyright (c) 2025 Firdaus Iman Ubaidillah, Ike Kusdyah Rachmawati, Yunus Handoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.