The PEMBELIAN DI LOKAPASAR: BUKTI PERAN PENGALAMAN BELANJA DARING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14333Keywords:
Pengalaman Belanja Daring; Sikap Loyalitas; Pembelian Impulsif; Lokapasar Shopee.Abstract
Pengembangan e-commerce sebagai salah satu wujud praktik kewirausahaan digital kian menunjukkan potensi pertumbuhan yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman belanja daring terhadap pembelian impulsif dengan sikap loyalitas sebagai variabel intervening pada pengguna layanan e-commerce di lokapasar untuk memberikan bukti keragaman perilaku dalam praktik kewirausaah digital. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang menggunakan e-commerce berupa lokapasar Shopee di Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah explanatory yang menunjukkan hubungan antara variabel yang digunakan dalam penelitian dengan pengujian hipotesis yang dilakukan. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 110 responden dengan menggunakan e-kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan partial least square structural equation modeling atau yang dikenal dengan PLS-SEM. Penelitian ini memberikan bukti bahwa pengalaman belanja daring berpengaruh secara signifikan terhadap sikap loyalitas, pengalaman belanja daring berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif, sikap loyalitas berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif serta sikap loyalitas memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi pengalaman belanja daring terhadap pembelian impulsif.
References
Annur, Cindy Mutia (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023. Databooks 1–2.
Annur, Cindy Mutia (2023). Transaksi E-commerce Konsumen Usia Tua Terus Meningkat Ketimbang Gen Z dan Milenial. databoks 2-4
Ahdiat, Adi (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. databoks. 1-2.
Utama, Dion (2020). Kelebihan Shopee Dibandingkan e Commerce laiinya. scribd.com.
Theresia, Ni Made Maya Devi, Wardana, I Made (2019). Pengaruh Pengalaman Belanja Online, Kepuasan Pelanggan, Dan Adjusted Expection Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Traveloka. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2019;8(8):4899.
Salsabilla S, Diah M, Zahraini (2021). pengaruh pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online pada shopee (studi kasus: mahasiswa FISIP Universitas Almuslim). J Adm bisnis. 2021;1(4):10–9.
Pangestu AR (2022). Pengaruh Interaktivitas, Kepercayaan Dan Sikap Loyalitas Terhadap Pembelian Secara Impulsif (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada Pengguna Platform E-Commerce Shopee). UMS Online J. 2022;1–16.
Putri aulia mutiara hatia (2022). ini alasan masyarakat belanja secara impulsif, termasuk kamu? CNBC Indonesia.
Darmawan D, Putra AR (2022). Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Impulsif. Relasi J Ekon. 2022;18(1):26–45.
Murniyati (2021). Kepuasan Berbelanja Online Dan Pengalaman Pembelian Online Yang Dimediasi Oleh Gaya Hidup Belanja Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survey Pada Konsumen Online Ladyfame Shop Pada Aplikasi Shopee). Administrasi Bisnis, 3(2), 6. 2021;6.
Suryantini IGAA, I Nyoman Sujana (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Singaraja. Ekuitas J Pendidik Ekon. 2023;11(1):116–22.
Kurniah, Awaluddin (2022). Pengaruh Pengalaman Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Scarlett Whitening Di Kota Makassar. Study Sci Behav Manag. 2022;3(2):21–31.
Bank Indonesia (2022). Laporan perekonomian provinsi sulawesi tenggara. kantor perwakilan bank indonesia provinsi sulawesi tenggara.
BPS. Kota Kendari Desember 2023 inflasi Year on Year (yoy) sebesar 2,61 persen.
Carolina V (2024). Riset : Meningkatnya Transaksi Dengan Uang Elektronik Dapat Tekan Laju Inflasi dan Bantu Ekonomi Negara. Fak bisnis ukdw.
Wulandari T (2021). 5 faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya indonesia. detikEdu.
Oktaviani RD, Albari (2023). Analisis Hubungan antara Online Customers’ Shopping Experience, Sikap Loyalitas dan Online Impulsive Buying: Studi pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. J Mhs Bisnis Manaj 2023;02(05):133–51.https://journal.uii.ac.id/selma/index
Abidin M (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response. Nivedana J Komun Bhs. 2022;3:49–52.
Kimiagari S, Asadi Malafe NS (2021). The role of cognitive and affective responses in the relationship between internal and external stimuli on online impulse buying behavior. J Retail Consum Serv 2021;61(April):102567. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102567
Shim S, Drake MF (1990). Consumer intention to utilize electronic shopping. J Direct Mark. 4(3):22–33.
Ling KC, Chai LT, Piew TH (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience towar Customers’ Online Purchase Intention. Int Bus Res. Hal-3.
Dick AS, Basu K (1994). Customer loyalty: Toward an integrated conceptual framework. J Acad Mark Sci. 1994;22(2):99–113.
Lau, Lee (1999). Consumers ’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. J Mark Focus Manag.4(1999):341–70.
Kotler, P., & Keller KL (2006). Marketing Management. New Jersey Pearson Educ Inc. (12th ed.).
Stern H (1962). The signficance of buying impulse today. J Maket 1962;26(2):59–62. https://www.jstor.org/stable/1248439?origin=crossref
Olshavsky RW, Granbois DH (1980). “Consumer Decision Making-Fact or Fiction?” Comment: Rejoinder. J Consum Res.7(3):333.
Rook, D.W. and Hoch S (1985). Consuming Impulses. Adv Consum Res. 12:23–7.
Mailia J (2020). Pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan o’chicken gobah ditinjau dari ekonomi syariah. Ekonomi Syariah.
Nabela HR, Albari A (2023). Pengaruh Interaksi Virtual terhadap Sikap Loyalitas dan Pembelian Impulsif Pelanggan Online. Pros Semin Nas Forum Manaj Indones - e-ISSN 3026-4499. 2023;1(2022):786–96.
Bps (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota kendari, 2022.
Suningsih, G. A. P. S., Negara, I.B.D., & Ganawati N (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan. J Chem Inf Model 2(1):38-49.