PENGARUH RETURN ON ASSETS, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • Luthfiah Maharani Pujiastuti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Rosmini Ramli Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: return on assets; corporate social responsibility; kepemilikan institusional; kepemilikan manajerial; nilai perusahaan.

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menguji pengaruh return on asset, corporate social responsibility, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan populasi dari perusahaan LQ45 tercatat dalam BEI selama 2019-2023. Sampel ditentukan dengan purposive sampling berjumlah 14 dengan kriteria yang dibutuhkan peneliti. Penelitian dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan laporan berkelanjutan yang dianalisis dengan regresi data panel. Temuan penelitian didapat nilai perusahaan dipengaruhi secara positif oleh ROA dan secara negatif oleh CSR, tetapi tidak dipengaruhi oleh CSR. Perusahaan perlu untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan aset guna meningkatkan ROA, mengevaluasi program CSR agar tidak menurunkan persepsi pasar, dan memperkuat kepemilikan institusional untuk memperbaiki tata kelola serta mengurangi konflik keagenan.

References

(2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Likuiditas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Barang Baku Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, 2(1).
Adityadarma, P., & Ramli, R. (2024). The Influence Of Company Size, Profitability, Company Growth On Firm Value Throught Dividen Policy In The Oil And Gas Sub Sector Listed On The Indonesian Stock Exchange (IDX) 2018-2022. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7.
Agustini, N. D. I., & Nursasi, E. (2020). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajerial, 7(2), 124. https://doi.org/10.30587/manajerial.v7i2.1368
Astiti, N. P. Y. (2024). Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1162. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1672
Asyik, N. F., Dewi, M. A., Respatia, W., Santoso, A., & Ilham, R. N. (2024). Good corporate governance or corporate social responsibility: which affects the firm value and performance? Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2378540
Bakhtiar, H. A., Nurlaela, S., & Hendra, K. (2021). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, dan Nilai Perusahaan. AFRE (Accounting and Financial Review), 3(2), 136–142. https://doi.org/10.26905/afr.v3i2.3927
Bawai, R., & Kusumadewi, H. (2021). Effect of Corporate Governance, Firm Characteristic, Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) on Firm Value. Jurnal Economia, 17(1), 20–33. https://journal.uny.ac.id/index.php/economia
Brigham, E. F. ., & Daves, P. R. . (2007). Intermediate financial management. Thomson/South-Western.
Brigham, E. F., & Houston, L. F. (2019). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi 14). Salemba Empat.
Cristofel, C., & Kurniawati, K. (2021). Pengaruh Enterprise Risk Management, Corporate Social Responsibilty Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.30813/jab.v14i1.2468
Ditaputri, K., Ulil, ;, Tony, H. ;, & Aji, S. (2023). The Mediating Effect of Financial Performance on GCG and Firm Value: Evidence from Indonesian Listed Firms. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(9). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i9.4970
Dwiastuti, D. S., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(1), 137–146. https://doi.org/10.17509/jaset.v11i1.16841
Fadrul, Budiyanto, & Asyik, N. F. (2023). Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan (Ditinjau dari Peran Struktur Kepemilikan dan Corporate Social Responsibility (D. Winarni, Ed.). Eureka Media Aksara .
Freeman, R. E. (2004). The Stakeholder Approach Revisited. Zeitschrift Für Wirtschafts- Und Unternehmensethik, 5(3), 228–241. https://doi.org/10.5771/1439-880x-2004-3-228
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika (Terjemahan) (D. N. Gujarati & D. C. Porter, Eds.; Edisi Lima). Salemba Empat.
Harahap, A. T. R., Ziandhini, M., Safitri, M., Anisya, P., & Pratiwi, P. A. (2020). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Prosiding Webinar Nasional.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. PT Grasindo.
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive Edition (Cetakan Ketiga). PT Gramedia.
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. In Journal of Financial Economics (Vol. 3). Q North-Holland Publishing Company.
Kurniawan, R., & Putri, N. E. (2023). Pengaruh Intellectual Capital, Leverage, Managerial Ownership, Dan Institutional Ownership Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Top 100 World’s Best Airlines Versi Skytrax.Com Periode Tahun 2016-2020). JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 12(3), 278. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i3.69528
Mandjar, L. S., & Triyani, Y. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi Manajemen, 8.
Mardanny, A., & Suhartono, S. (2022). Kemampuan Keputusan Pendanaan Dan Keputusan Investasi Memoderasi Pengaruh Kepemilikan Keluarga Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 11(1), 23–39. https://doi.org/10.46806/ja.v11i1.853
Muawanah, U., & Hayati, N. (2019). Analisis Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan: Dampak Variabel Kontekstual. Jurnal Ilmu Akuntansi, 12(1), 93–104. https://doi.org/10.15408/akt.v12i1.12746
Mulyanti, K., & Nurfadhillah, M. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bei Untuk Tahun 2017-2019. Land Journal, 2.
Naulita, R., & Rosdiana, R. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Fundamental Management, 3.
Nurhayati, S., & Ludmilla, R. (2024). The Effect Of Profitability, Liquidity, Leverage, Company Size, And Corporate Social Responsibility On Company Value. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8). https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Octoriawan, A., & Rusliati, E. (2019). Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Moderasi Ukuran Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 11(2), 60–68.
Pamungkas, I. D., Purwantoro, Sari, M. P., & Hersugondo. (2023). Corporate Governance and Financial Performance on Firm Value: The Case of Indonesia. WSEAS Transactions on Business and Economics, 20, 92–103. https://doi.org/10.37394/23207.2023.20.10
Prasetyo, I., & Prawidya, A. R. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Di Sektor Non-Cyclical, BEI). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 12(3).
Pratama, A. P., & Serly, V. (2024). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 6(3), 1285–1301. https://doi.org/10.24036/jea.v6i3.1699
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195
Rahmawati, A., Roekhudin, R., & Prastiwi, A. (2021). Effect of good corporate governance and corporate social responsibility on firm value moderate by profitability. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 10(4), 59–66. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i4.1194
Rajagukguk, L., Ariesta, V., & Pakpahan, Y. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 77–90.
Ramadhani, M. A., & Nurdiniah, D. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Publik dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Kalbisiana : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(4), 5267.
Santoso, B. T. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas Dan Struktur Modalterhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Arastirma, 1(2), 226–238.
Sari, D. M., & Wulandari, P. P. (2021). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Tera Ilmu Komunikasi (TEMA), 22.
Setiawati, S. (2023, July 25). Tahun Ini Kinerja LQ45 di Bawah IHSG, Apa Biang Keroknya? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230725103825-17-457055/tahun-ini-kinerja-lq45-di-bawah-ihsg-apa-biang-keroknya
Suaidah, Y. M., & Purbowati, R. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan brand image terhadap nilai perusahaan dimoderasi kinerja keuangan. Management and Business Review, 3(2), 57–70. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4615
Suparlan. (2019). Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Proporsi Dewan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (ALIANSI), 2(1).
Susanti, M., & Samara, A. (2019). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Payout Ratio (DPR) Dan Return On Aset (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’s Q) Pada Perusahaan Sektor Consumer Non- Cyclicals Di Indonesia. Journal of Accounting, Finance, Taxation and Auditing (JAFTA), 4(1), 29–55.
Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi (Edisi kedua). Ekonisia.
Tubagus, S. A. M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9.
Wahyuningtyas, A. D. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(4).
Wardoyo, D. U., & Fauziah, H. D. (2024). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 8(1), 585–594. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1840
Widayanti, L. P. P. A., & Yadnya, I. P. (2020). Leverage, Profitabilitas, Dan Kepemilikan Manajerial Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate Dan Property. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 737. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p17
Willim, A. P., Lako, A. L., & Wendy. (2020). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4).
Wisti, R. F., Ratnawati, V., Hanif, R. A., & Odiatma, F. (2021). Analisis Pengaruh Tax Planning Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Firm Value Model Rasio Tobins’q Dengan Transparency Sebagai Variabel Moderasi. In Jurnal Riset Akuntansi (Vol. 13, Issue 1).
Yusnita, R. R., & Zuzana. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Sinergi : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 26–36.
Published
2025-01-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times