PENGARUH GREEN CONSUMER KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE BHEAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH CONSUMER SOCIAL RESPONSIBILITY SERTA PERAN MODERASI GREEN ADVERTISING DALAM PENGARUH CONSUMER SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP GREEN PURCHASE BEHAVIOR PADA PRODUK MOTOR LISTRIK DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14352Keywords:
Green Consumer Knowledge, Consumer Sosial Responsibility, Green Advertising, Green Purchase Behavior.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pengetahuan konsumen hijau terhadap perilaku green purchase yang dimediasi oleh tanggung jawab sosial konsumen dan peran moderasi green advertising dalam pengaruh tanggung jawab sosial konsumen terhadap perilaku green purchase pada produk sepeda motor listrik di Kota Bandung Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah dinyatakan telah lulus uji validitas konstruksi, uji validitas eksternal, uji validitas bersamaan, dan uji reliabilitas. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data dari responden, yaitu mereka yang belum pernah membeli sepeda motor listrik dengan tes 17-35 tahun yang menjadi objek yang dinilai dalam penelitian ini sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi cross-sectional atau one shot. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linier berganda, analisis regresi moderasi menggunakan alat SPSS versi 25 dan menggunakan uji sobel. Dari tujuh hipotesis penelitian yang diusulkan, ditunjukkan bahwa pengetahuan konsumen hijau, tanggung jawab sosial konsumen memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku pembelian hijau.
References
Agus, I Putu, and Surya Setiawan. 2016. “Peran Green Trust Dalam Memediasi Pengaruh Green Perceived Value Terhadap Green Purchase Behavior.” Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 10(1): 42–51. https://cyberleninka.ru/article/n/the-effect-of-environmental-knowledge-green-advertising-and-environmental-attitude-toward-green-purchase-intention/pdf
Anugrah, Erwin Putra, and Nurul Azizah. 2023. “SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Green Marketing : Transisi Ice ( Internal Combustion Engine ) Ke Ev ( Electric Vehicle ) Melalui Environmental Value , Green Product Terhadap Green Product Adoption Di Surabaya.” SEIKO: Journal of Management & … 6(2): 236–48. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/5139%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/5139/3379.
Borah, Prasad Siba, Courage Simon Kofi Dogbe, and Nyankomo Marwa. 2024. “Generation Z’s Green Purchase Behavior: Do Green Consumer Knowledge, Consumer Social Responsibility, Green Advertising, and Green Consumer Trust Matter for Sustainable Development?” Business Strategy and the Environment 33(5): 4530–46. http://dx.doi.org/10.1002/bse.3714
Ebrahimi, Pejman et al. 2021. “Consumer Knowledge Sharing Behavior and Consumer Purchase Behavior: Evidence from E-Commerce and Online Retail in Hungary.” Sustainability (Switzerland) 13(18). https:// doi.org/10.3390/su131810375
Effendi, s., Tukiran. (2012). Metode Penelitian Suevei (Revisi). LP3s.
Hasanah, Ana, Aniek Hindrayani, and Leny Noviani. 2023. “Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Iklan Hijau Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau.” Jurnal Ilmu Ekonomi 2(1): 1–4. http://dx.doi.org/10.59827/jie.v2i1.40
Jang, Jisu, and Jiyun Kang. 2024. “CnSR: Exploring Consumer Social Responsibility Using Machine Learning-Based Topic Modeling with Natural Language Processing.” Sustainability (Switzerland) 16(1). http://dx.doi.org/10.3390/su16010197
Kavanaugh, Melissa, and Jennifer J. Quinlan. 2020. “Consumer Knowledge and Behaviors Regarding Food Date Labels and Food Waste.” Food Control 115(January): 107285. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2020.107285.
Kusuma, Erik Inda, Jasuro Surya, and Indra Suhendra. 2022. “The Effect of Green Marketing Strategy and Environmental Knowledge on Purchasing Decisions Through Purchase Intention as an Intervening Variable.” 14(04): 1–10. https://doi.org/10.18551/rjoas.2018-06.10
Martha, Martha, and Mohamad Trio Febriyantoro. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis 3(2): 218–27. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica 218
Mulyono, Kemal Budi. 2024. “Peran Antecedent Green Purchase Intention Terhadap Green Purchase Behavior.” Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 3(1): 1–12. https://doi.org/10.26877/ep.v3i1.2377
Soni, Mamta, Sunny Dawar, and Amit Soni. 2021. “Probing Consumer Awareness & Barriers towards Consumer Social Responsibility: A Novel Sustainable Development Approach.” International Journal of Sustainable Development and Planning 16(1): 89–96. https://doi.org/10.18280/ijsdp.160109
Sugiarti, Ucy. (2024). “Mengapa Kendaraan Listrik Di Indonesia Belum Banyak Diminati?” Goodstats. https://goodstats.id/article/kendaraan-listrik-di-indonesia-mengapa-belum-banyak-diminati-19QOb#:~:text=Berdasarkan survei nasional Litbang Kompas,baik motor maupun mobil listrik.
Sekaran, & Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (Hanifah & Halim (eds.) : 6th ed.). Salemba Empat.
Utama, Adi. 2021. “The Influence of Consumer Knowledge and Green Advertising on the Decision to Use Plastic Bags.” Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis 5(2): 271–77. .http://dx.doi.org//10.36555/almana.v5i2.1677
Yulfita Aini, and Sulastri. 2022. “Dampak Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Aqua.” Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4(1): 599–609. http://dx.doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1478
Yusuf, Muhammad, Syahputra Gani, and Iwa Garniwa. 2023. “Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik Dengan Metode SEM.” Jurnal Ilmiah 15(2): 84–100. https://doi.org/10.33322/energi.v15i2.2086.
Zarei, Ghasem, and Khadijeh Mirzaei. 2022. “Impact of Perceived Social Responsibility on Consumers’ Green Perception and Green Behavior: The Moderating Role of Personality Traits.” Journal of Consumer Sciences 7(2): 168–88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hanauli Junias Br. Sitorus, Hariyadi Triwahyu Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.