PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI Z DI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31539/zsry1733Keywords:
Pinjaman Online, Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko.Abstract
Fokus dari kajian ini untuk menilai seberapa jauh literasi keuangan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko berkontribusi terhadap minat menggunakan pinjaman online. Metode kuantitatif adalah metode yang diterapkan dalam kajian ini dengan analisis regresi berganda untuk menganalisis data. Peneliti menetapkan Generasi Z di Jawa Barat yang mengenal pinjaman online sebagai populasi dan sebanyak 149 orang dari 24 kabupaten dan kota di Jawa Barat dijadikan sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik convenience sampling. Temuan dari kajian ini mengemukakan bahwa minat menggunakan pinjaman online tidak dipengrauhi scara parsial oleh literasi keuangan. Sementara itu, persepsi kemudahan berkontribusi positif dan signifikan terhadap minat menggunakan pinjaman online. Minat menggunakan pinjaman online dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh persepsi risiko. Minat menggunakan pinjaman online dipengaruhi secara simultan oleh literasi keuangan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko.
References
Aji, N. M. B., & Bagana, B. D. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Kepercayaan, dan Risiko terhadap Minat Menggunakan Pinjaman Online : Studi Kasus Pada Mahasiswa PTN dan PTS di Kota Semarang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 449–459. https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.9234
Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Processes, 179–211.
Andista, D. R., & Susilawaty, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5.
APJII. (2024). Hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang#:~:text=Dari hasil survei penetrasi internet,ada peningkatan 1%2C4%25.
Asri, H. R., Septyarini, E., & Gisijanto, H. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer to Lending. JURNAL JUKIM : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 1–9.
Budiman, A. (2024). Milenial dan Gen Z Terjerat Pusaran Utang Pinjol. https://www.voaindonesia.com/a/milenial-dan-gen-z-terjerat-pusaran-utang-pinjol/7522571.html
Chen, H., & Volpe, R. . (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Services Review, 0810(February 1998). https://doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7
Davis, F. D. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982
Fadila, A., Jasman, J., & Asriany. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Spinjam Di Aplikasi Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3742–3748. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fatmawaty, R. (2024). Alasan Masyarakat Pinjam ke Pinjol. https://www.rri.co.id/keuangan/886404/alasan-masyarakat-pinjam-ke-pinjol
Gustina, W., Rusmianto, & Nurmala. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Pinjaman Online. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 512–520.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revi).
Khiba, F. K., & Ady, S. U. (2023). Financial Literacy , Risk Perceptions , and Consumptive Behavior on Interest in Using Online Loans. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 06(11), 5322–5333. https://doi.org/10.47191/jefms/v6-i11-07
Martono, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Lending. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 10(3), 246. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i3.45827
Ningrum, Y. S., & Habiburahman. (2023). The Effect Of Financial Literacy And Financial Attitudes On Interest In Using Spinjam In Shopee E-Commerce On Students Of The Faculty Of Economics And Business Bandar Lampung University. International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 3(3), 117–125.
OJK. (2024a). Financial Technology - P2P Lending. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/default.aspx
OJK. (2024b). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-(SNLIK)-2024/Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024.pdf
Ong, V., & Nuryasman. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 04(02), 516–524.
Otoritas Jasa Keuangan. (2024). Statistik LPBBTI Juli 2024. https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/fintech/Documents/Statistik LPBBTI Juli 2024.xlsx
Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce : Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, February 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275
Prajogo, U., & Rusno. (2022). Persepsi risiko terhadap minat melakukan pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi Pendahuluan. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32.
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated : The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal Of Consumer Affairs, 44(2), 276–295.
Saputra, P. S. D., & Sulindawati, N. L. gede E. (2024). Persepsi Risiko Terhadap Minat Melakukan Pinjaman Pada Fintech Peer-To-Peer Lending (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng ). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 2, 330–341.
Sinaga, H. D. E., Irawati, N., & Kurniawan, E. (2019). Financial Technology : Pinjaman Online , Ya Atau Tidak. Jurnal TUNAS: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, August.
Suliantini, K. A., & Dewi, G. A. K. R. S. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, dan Personalisasi Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Peer To Peer Lending. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 10(02), 186–194.
Susyani, N., Dewi, I. P., & Haq, D. M. D. (2024). Unified theory of acceptance and use of technology. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7.
Uyun, L., Herwiyanti, E., & Budiarti, L. (2024). Dampak Pinjol Pada Generasi Z Dan Generasi Milenial. Sosio E-Kons, 16(1), 73. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v16i1.22041
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gita Sri Mulyanti, Novi Susyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.