EKSPLORASI EFEK NATURAL SOUNDSCAPE, NATURAL LANDSCAPE, DAN NATURAL LIGHTSCAPE DALAM MENINGKATKAN DESTINATION LOYALTY MELALUI EMOTIONS WISATAWAN TAHURA IR. H. DJUANDA BANDUNG

Authors

  • Bernadia Cantika Putri Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/3asf4z28

Keywords:

Natural Soundscape, Natural Landscape, Natural Lightscape, Emotions, Destination Loyalty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji eksplorasi efek natural soundscape, natural landscape, dan natural lightscape terhadap destination loyalty melalui emotions wisatawan Tahura Ir. H. Djuanda Bandung. Cognitive appraisal theory (CAT) digunakan sebagai underpinning theory pada penelitian ini. Peneliti melibatkan 125 orang dalam kajian ini sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode cross-sectional atau one shot. Instrumen penelitian telah dinyatakan lulus uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan teknik structural equation modelling (SEM) dan melibatkan penggunaan Smart-PLS versi 3.0. Penelitian ini menemukan bahwa natural soundscape dan natural lightscape berpengaruh secara positif terhadap destination loyalty melalui emotions. Sementara, natural soundscape dan natural landscape berpengaruh positif terhadap destination loyalty. Selain itu, penelitian ini mengemukakan bahwa emotions dipengaruhi secara positif oleh natural lightscape sebagai kebaruan dalam penelitian ini. Peneliti berharap temuan yang diperoleh dapat berkontribusi bagi para peneliti di masa mendatang dan pengelola Tahura Ir.H. Djuanda tentang strategi yang bisa meningkatkan destination loyalty.

References

Adiati, R. P. (2021). Kepuasan hidup: tinjauan dari kondisi keuangan dan gaya penggunaan uang. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(1), 40–51. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.1.40

Afifah, A. N., Bintang, M., Al, A., Studi, P., Pariwisata, M., Yapari, S., & Bandung, K. (2023). Daya tarik wisata Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda sebagai tempat wisata dan tempat tracking yang mempunyai sejarah bagi wisata. 1(3). https://doi.org/10.61132/pragmatik.v1i3.203

Anwari, P. J., Kurnia, I., & Bonanza, O. (2024). Motivasi pengunjung di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung Jawa Barat. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.7358

Arifin, Z., & Humaedah, H. (2021). Application of theory operant conditioning BF Skinner’s in PAI Learning. Journal of Contemporary Islamic Education, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.1602

Craig A. Smith, R. S. L. (1993). Appraisal Processes in Emotion: Theory, Methods, Research. Oxford University Press.

Djailani, Z. A., & Arifin, S. S. (2021). Desain agro park ruang terbuka hijau kecamatan Tomilito. JAMBURA Journal of Architecture, 3(2), 106–110. https://doi.org/10.37905/jjoa.v3i2.12788

Effendi, s., T. (2012). Metode Penelitian Survei (Revisi). LP3s.

Hair, J. F. J., Hult, G. T. M., Ringle, C., & M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)- (Third Edit).

Hasibuan, I. M., Mutthaqin, S., Erianto, R., & Harahap, I. (2023). Kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 1200–1217. https://doi.org/10.30651/jms.v8i2.19280

Hassim, A. A., Manaf, S. A., & Shamsudin, M. F. (2024). Underpinning theory key concepts , Practical applications , and future prospects. 9(1).

Jeong, Y. (2023). Exploring tourist behavior in active sports tourism: an analysis of the mediating role of emotions and moderating role of surfing identification. SAGE Open, 13(3), 1–15. https://doi.org/10.1177/21582440231195486

Yamin & Kurniawan. (2011). Partial least square path modeling. Salemba Apotek.

Lazarus, R. S. (1991). Emotion and Adaption. Oxford University Press.

Numanovich, A. I., & Abbosxonovich, M. A. (2020). The analysis of lands in security zones of high-voltage power lines (power line) on the example of the Fergana region phd of fergana polytechnic institute, Uzbekistan PhD applicant of Fergana polytechnic institute, Uzbekistan. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR)-Peer Reviewed Journal, 2, 198–210. https://doi.org/10.36713/epra2013

Prihatno. (2021). Analisa perilaku konsumen terhadap jasa paket perjalanan wisata di Yogyakarta. In Media Wisata (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.36276/mws.v4i1.53

Rahman, N. K., Utami, S. B., & Pancasilawan, R. (2021). Kolaborasi pengembangan destinasi pariwisata kreatif di kota bandung studi pada bandung creative belt sektor cigadung. 13(1), 74–88.

Ramadhani, N. Y., Pujiastuti, E. E., & Sugiarto, M. (2021). Pengaruh pengalaman emosional dan atribut destinasi terhadap kepuasan wisatawan serta loyalitas wisatawan. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 215. https://doi.org/10.52423/bujab.v6i2.20669

Riyan, S., & Suwarti. (2021). Pengembangan daya tarik wisata alam dan buatan berbasis community based tourism sebagai destinasi unggulan di Kalibening Kabupaten Jepara. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 41–48.

Siregar, M. Y. (2022). Analisis pengaruh ikatan emosi dan kualitas pelayanan melalui kepuasan terhadap loyalitas wisatawan di wisata Pulau Poncan Gadang, Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumatera Utara. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(3), 142–147. https://doi.org/10.55123/toba.v1i3.837

Skinner, B. F. (1938). The behavior of Organisms. Appleton-Century-Crofts.

WU, S. (2024). Construction of Multisensory Landscape and Integration of Soundscape, Smellscape and Lightscape in Traditional Chinese Gardens. Journal of South Architecture, 1(2). https://doi.org/10.33142/jsa.v1i2.127

Yuliana, Y., Rini, E. S., Sirojuzilam, Situmorang, S. H., & Silalahi, A. S. (2023). Mediating role of authenticity in the relationship between destination image and destination loyalty. Innovative Marketing, 19(4), 14–25. https://doi.org/10.21511/im.19(4).2023.02

Zulfikar, M. Z., & Ernawadi, Y. (n.d.). Kontribusi Natural Soundscape , Memorable Tourism Experience dan Natural Landscape Dalam Meningkatkan Destination Loyalty Wisatawan Tahura Djuanda Bandung. 359–367. https://doi.org/10.52643/jam.v14i3.3839

Downloads

Published

2025-07-28