NILAI YANG DIRASAKAN PADA NIAT PEMBELIAN: PERAN MODERASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Farhan Fauzan Rabbani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edi Nurtjahjadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/cyqtcv83

Keywords:

Nilai yang Dirasakan, Pengetahuan Lingkungan, Kesadaran Lingkungan, Niat Pembelian

Abstract

Di Indonesia ebanyak 11,3 juta ton sampah belum dikelola secara optimal hingga Juli 2024, di mana galon plastik sekali pakai turut menyumbang masalah lingkungan. Le Minerale mengalami penurunan minat beli, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap dampak sampah plastik. Riset ini dimaksudkan guna mengidentifikasi pengaruh perceived value atas green purchase intention, dengan environmental knowledge serta environmental awareness sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang diaplikasikan bersifat kuantitatif, serta analisis data yang diaplikasikan memanfaatkan Moderated Regression Analysis (MRA). Alat yang digunakan ialah statistic program of social science (SPSS) versi 30. Data dihimpun dengan menyebarkan kuesioner untuk 120 responden yang dipih menggunakan teknik purposive sampling. Temuan pada riset ini menunjukkan bahwa perceived value memberikan pengaruh positif dan signifikan atas purchase intention. Sedangkan environmental knowledge tidak mampu memoderasi hubungan antara perceived value terhadap purchase intention. Environmental awareness juga tidak mampu memoderasi hubungan antara perceived value atas purchase intention.

 

References

Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), 179–211. Https://Doi.Org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Amran, A., Perkasa, M., Satriawan, M., Jasin, I., & Irwansyah, M. (2019). Assessing Students 21st Century Attitude And Environmental Awareness: Promoting Education For Sustainable Development Through Science Education. Journal Of Physics: Conference Series, 1157(2). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1157/2/022025

Anggraeni, D., Tengku, D., & Balqiah, E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Environmentally Conscious Consumer Behavior: Peran Mediasi Perceived Consumer Effectiveness. In Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia • (Vol. 44, Issue 1).

Ariescy, R., Amriel, Y., & Anindita, R. (2019). Pengaruh Iklan Hijau Dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Ades Di Kabupaten Jember.

Damarayudha, T. R., Sadat, A. M., & Febrillia, I. (2023). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Purchase Intention Dengan Environmental Knowledge Sebagai Variabel Moderator: Survei Pada Toko Furniture Modern. Https://Doi.Org/10.53067/Ijebef

Didjaja, C., & Yanuar. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalty Dan Purchase Intention Pada Ragnarok Mobile Game Di Jakarta.

Ghazali, E. M., Nguyen, B., Mutum, D. S., & Yap, S.-F. (2019). Pro-Environmental Behaviours And Value-Belief-Norm Theory: Assessing Unobserved Heterogeneity Of Two Ethnic Groups. Sustainability, 11(12), 3237. Https://Doi.Org/10.3390/Su11123237

Hariyadi, E., Maryani, E., & Kastolani, W. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.25273/Gulawentah.V6i1.6685

Kollmuss, A., & Agyeman, J. (2002). Mind The Gap: Why Do People Act Environmentally And What Are The Barriers To Pro-Environmental Behavior? Environmental Education Research, 8(3), 239–260. Https://Doi.Org/10.1080/13504620220145401

Lawrensia, Y. (2020). Pengaruh Green Brand Image, Green Advertisement Dan Green Awareness Terhadap Green Purchase Intention Dengan Environmental Knowledge Sebagai Variabel Moderasi Pada Konsumen The Body Shop Di Surabaya.

Lurfiyah. (2020). Pengaruh Perceived Value Terhadap Purchase Intention Dan Attitude Toward Fashion Defect Product Sebagai Variabel Intervening.

Pektas, Y., & Hassan, A. (2020). The Effect Of Digital Content Marketing On Tourists’ Purchase Intention. Journal Of Tourismology, 79–88. Https://Doi.Org/10.26650/Jot.2020.6.1.0011

Pratiwi, A. C., & Dwiyanto. (2021). Pengaruh Perceived Value Terhadap Purchase Intention Digital Music Streaming Services Dengan Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Aplikasi Joox Dan Spotify). In Aq Indicators (Vol. 3, Issue 1). Http://Indicators.Iseisemarang.Or.Id/Index.Php/Jebis

Putra, & Hawignyo. (2024). Pengaruh Perceived Value Terhadap Purchase Intention Pada Game Mobile. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(6), 252–260. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10642705

Putri, Yulianti, E., Saputra, G., & Ningrum, F. (2022). Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. Https://Ejournal2.Pnp.Ac.Id/Index.Php/Jipb

Rama, A. S., & Susanto, P. (2024). Global Journal Of Environmental Science And Management The Effect Of Environmental Awareness As A Moderation On Determinants Of Green Product Purchase Intention. Global J. Environ. Sci. Manage, 10(2), 699–712. Https://Doi.Org/10.22034/Gjesm.2024.02.17

Samana. (2021). Pengaruh Perceived Value Terhadap Purchase Intention Wattpad Premium Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi; Telaah Pada Pengguna Aplikasi Wattpad.

Saputri, S. M., & Kurniawati. (2015). Pengaruh Perceived Quality Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention. Seminar Nasional Cendekiawan.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (Seventh Edition). Wiley. Www.Wileypluslearningspace.Com

Surenda. (2017). Pengaruh Perceived Value Dan Green Packaging Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Kafe Bat And Arrow Padang).

Tafiana, K., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Environmental Awareness Terhadap Green Purchase Intentions Yang Dimediasi Oleh Green Beautyproduct Knowledge Dan Environmental Concerns Pada Green Beauty Product Garnier.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan Dan Penelitian.

Tripopsakul, S. (2024). The Moderating Roles Of Environmental Awareness And Product Knowledge On The Impact Of Marketing Mix Elements On Purchase Intention. International Review Of Management And Marketing , 14(6), 61–69. Https://Doi.Org/10.32479/Irmm.17149

Utomo, S. (2019). Pengaruh Sustainability Dan Kualitas Destinasi Terhadap Kepuasan,Kepercayaan, Wom Intention Dan Niat Berkunjung Kembali Dengan Kesadaran Lingkungan Sebagai Variabel Moderator Pengaruh Sustainability Terhadapniat Berkunjung Kembali (Studi Pada Wisatawan Mancanegara Di Bali).

Wijayanti, S., & Hartini, S. (2019). Pengaruh Theory Of Planned Behavior Terhadap Green Purchase Intention Konsumen Pria Pada Produk Green Skin Care.

Downloads

Published

2025-10-25