GAYA HIDUP BELANJA PADA PEMBELIAN IMPULSIF: BUY NOW PAY LATER (BNPL) SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Nursuhaila Putri Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/3cfy1022

Keywords:

Gaya Hidup Berbelanja, Pembelian Impulsif, Beli Sekarang Bayar Nanti.

Abstract

Pengguna layanan buy now pay later (BNPL) di Indonesia mencapai 79,92 juta pada tahun 2023 dan diperkirakan akan terus meningkat, terutama di kalangan generasi Z dan konsumsi produk fashion secara nasional meningkat pada tahun 2024. Namun, penjualan produk fashion brand lokal justru terjadi penurunan yang cukup drastis sebesar 10% di tiga bulan pertama tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh shopping lifestyle terhadap perilaku impulsive buying pada produk fashion brand lokal di kalangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data melalui uji regresi sederhana serta Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah menggunakan SPSS versi 27. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 99 responden Generasi Z di Kota Cimahi, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa gaya hidup berbelanja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan impulsive buying. Selain itu, buy now pay later (BNPL) mampu memoderasi hubungan antara hubungan antara shopping lifestyle terhadap impulsive buying. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pemanfaatan layanan BNPL dapat menjadi strategi efektif bagi pelaku usaha fashion brand lokal untuk meningkatkan impulsive buying di kalangan generasi Z.

References

Arsha, I., Sugianingrat, I., Dewi, I., Hartati, P., & Kusyana, D. (2024). Peran Paylater Sebagai Moderasi Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Kalangan Milenial Di Kota Denpasar). EKUILNOMI: Jurnal Ekonomi Pembangunan , 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36985/yvvd0308

Jagat. (2024, September 12). Penjualan Fashion di Indonesia Turun 10%: Tantangan untuk Produk Lokal. JagatBisnis.Com.

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41.

Karina, M., Bila, N. S., Primantari, R., Tara, J. D., Rahmawati, A. F., Murti, N. W., Qiantara, M. A., Hanifah, F., Wahyuni, D., A Anzirah, A., & Novita, M. V. (2021). Gen Z Insights: Perspective on Education (1st ed.). UNISRI Press.

Kotler, Philip., Keller, K. Lane., & Chernev, Alexander. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education Limited.

Krishnan, J. (2011). Lifestyle-A Tool for Understanding Buyer Behavior. In Journal of Economics and Management (Vol. 5, Issue 1).

Malani, Y., Aakula, S., & Oman, Z. (2024). Impulse Buying: A Multi-National Consumer Study. Involvement International Journal of Business, 1(2), 86–99. https://doi.org/10.62569/iijb.v1i2.14

Melati, E., Heridiansyah, J., & Budiyono, R. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee. Jurnal Stie Semarang, 15.

Meydila, R., & Cempena, I. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Surabaya). Neraca Manajemen Ekonomi, 6(9). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Nikolaus, K., Setiawan, A., & Djajadikerta, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Pembayaran Pay Later dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif oleh Pengguna E-commerce Generasi Z di Indonesia. Journal Of Social Science Research, 4, 11274–11289.

Nugrahani, D. (2024, August 11). Industri Fesyen Indonesia Semakin Bersinar dan Berkembang. VIBIZMEDIA.COM.

Ratnaningrum, T., Dewi, R., Karnain, B., Santoso, H., & Daengs, A. (2024). Pengaruh Belanja Online dan Fitur Paylater Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kota Surabaya. JUMMA45: Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya, 3(2), 91–106.

Satria, E. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci). Jurnal BIna Bangsa Ekonomika, 17(2). https://doi.org/10.46306/jbbe

Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson Education Limited.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (Seventh Edition). Wiley. www.wileypluslearningspace.com

Sofianty, S., & Nurtjahjadi, E. (2024). The Influence Of Hedonic Shopping Motivation And Shopping Lifestyle On Impulsive Buying On Lazada Application Users In Cimahi City. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5).

Srilestari, P., & Santoso, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Paylater, Gaya Hidup Hedonis Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Online Shopee Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(7). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Vidiati, C., & Selasi, D. (2024). The Influence of Shopee PayLater Usage in the Shopee Application on the Consumptive Behavior of Employees at PT. Cipta Mandiri Wirasakti (Vol. 1).

Wardana, A., Rasyid, A., & Hasibuan, A. N. (2023). Shopping Life Style Penentu Kepuasaan Konsumen Swalayan Di Kota Padangsidempuan. Jurnal Ekuilnomi, 5(2), 341–349. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i2.671

Yulia Amanda, S., Alimbel, F., & Surur, M. (2024). Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i2.1262

Downloads

Published

2025-07-15