Pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share dan Leverage Ratio terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Annisa Nauli Sinaga Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Michael Michael Universitas Prima Indonesia
  • Yuliyani Yuliyani Universitas Prima Indonesia

Abstract

The stock price is determined by the supply and demand of the stock itself. The higher the purchase of these shares the stock price tends to move up and vice versa if more and more are selling these shares the stock price will usually tend to decrease. The purpose of this study is to analyze and test whether Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) and Leverage Ratio affect stock prices. This type of research is quantitative descriptive with secondary data, the sampling technique used is purposive sampling and the testing method used uses multiple linear regression analysis. The population in this study is 168 manufacturing companies listed on the Stock Exchange in 2016-2018 period. From the research results it is known that the simultaneous Net Profit Margin (NPM) and Earning Per Share (EPS) and Leverage Ratio have a significant and positive effect. While partially, only Net Profit Margin (NPM) and Earning Per Share (EPS) have a significant and positive effect, while Leverage Ratio has no significant and positive effect.

Keywords : Net Profit Margin, Earning Per Share, Leverage Ratio

References

Dewi, K., D., Made, A., I., & Gede, Y. (2015). Pengaruh Deviden Per Share dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013. Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Fahmi, I. (2012). Pengantar Pasar Modal Panduan bagi Para Akademisi dan Praktisi Bisnis dalam Memahami Pasar Modal Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab. Penerbit Alfabeta Bandung.

Faleria, R., E., Lambey, L., Walandouw, S., K. (2017). Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Sub Sektor Food and Beverages)

Hanafi, M. (2015). Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maulana, F. (2014). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2010-2012.

Manurung, H., T. (2015). Analisis Pengaruh ROE, EPS, NPM dan MVA Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Sektor Food dan Beverages di BEI Tahun 2009-2013).

Murhadi, W., R. (2015). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi Dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Muksal, M., E., I. (2017). Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Syariah Studi Pada Pasar Sekunder Jakarta Islamic Index Tahun 2009-2013. Jurnal Ilmiah Peuradeum.

Nurfadila, S., Raden, R., & Hidayat, S. (2015). Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi (Studi Pada PT. Asei Reasuransi Indonesia (Persero) Periode 2011-2013). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1).

Sholihah, S. (2017). Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) Dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015

Welan, G., Rate, P., V., & Tulung J., E. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017.
Published
2020-09-17
How to Cite
Sinaga, A., Michael, M., & Yuliyani, Y. (2020). Pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share dan Leverage Ratio terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 137-146. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v4i1.1443
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 5 times