PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, SALES GROWTH, DAN DER TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR MINYAK DAN GAS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022

Authors

  • Dhita Yunianti Sijabat Universitas Jendral Acmad Yani
  • Novi Susyani Universitas Jendral Acmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14457

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Sales Growth, DER, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penilaian ini bertujuan untuk menguji dan menyimpulkan pengaruh ukuran perusahaan, sales growth (kenaikan harga penjualan) dan DER terhadap nilai perusahaan pada asosiasi subsektor migas yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2022., dengan menggunakan profitabilitas sebagai mediator. Sepuluh perusahaan subsektor migas di Bursa Efek Indonesia dipilih sebagai sampel akhir sampel penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling untuk tahun 2018 hingga 2022. Populasi pemeriksaan terdiri dari 13 organisasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis jalur, analisis regresi linier berganda, dan pengujian asumsi tradisional. Hasil penyelidikan pemeriksaan ini menunjukkan bahwa faktor pemanfaatan, DER, sales growth (pertumbuhan penjualan), dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keuntungan. Nilai organisasi jelas dan pada dasarnya dipengaruhi oleh ukuran organisasi, sales growth (pertumbuhan penjualan) , DER, dan manfaat. Nilai organisasi dapat dipengaruhi oleh faktor ukuran organisasi dan perkembangan transaksi sebagai variabel perantara, namun nilai organisasi tidak dapat dipengaruhi oleh variabel DER sebagai variabel mediasi.

References

Eras, D. (2023). Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Ekspor di Indonesia Tahun 1993-2021.
Fitri Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Imu Manajemen, 1(1), 183–196.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23.
Harahap, & Syafri, S. (2010). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan.
Hartono. (2017). teori portofolio dan analisis investasi.
Kasmir. (2020). Analisis Laporan Keuangan.
Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin, M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i1.48
Octavus, C., & Adiputra, I. G. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Asuransi di Indonesia. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 873. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9866
Paradila, V. R. I., Wijaya, A. L., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Size Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2017). Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I, 617–635.
Piscah, L. (2022). Pengaruh Perang Rusia dan Ukraina terhadap Sektor Perekonomian di Indonesia. https://kumparan.com/piscah-laola-rizky-fajariah/pengaruh-perang-rusia-dan-ukraina-terhadap-sektor-perekonomian-di-indonesia-1ywHZFjlwcx/3
Qothrunnada, K. (2022). Teori Keunggulan Absolut: Pengertian, Keunggulan, Konsep dan Contoh. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6114207/teori-keunggulan-absolut-pengertian-keunggulan-konsep-dan-contoh#:~:text=Menurut Adam Smith teori keunggulan,dkk%2C dalam buku berjudul Ekonomi
Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial (2nd ed.).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Sujoko, & Soebiantoro, U. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Strategi Diversifikasi, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Dan Non Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta). EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 11(2), 236–254. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2007.v11.i2.317
Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(2), 65–85.
Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan (3rd ed.).

Downloads

Published

2024-12-30