ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14485Keywords:
UMKM, Pendidikan, Digital Marketing, Modal, Pinjaman, Pendapatan.Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan, digital marketing, modal, dan pinjaman terhadap pendapatan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi terhadap pelaku UMKM. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan pendapatan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan, digital marketing, modal, dan pinjaman memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM. Digital marketing berperan dalam meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing, sementara akses terhadap modal dan pinjaman membantu keberlanjutan usaha. Studi ini memberikan rekomendasi bagi pemangku kepentingan untuk lebih mendukung pengembangan UMKM melalui peningkatan literasi digital, akses ke pembiayaan, serta program pelatihan keterampilan bisnis.References
(Umkm) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. 3(1). Http://Jurnal.Unsil.Ac.Id/Index.Php/Welfare
Arianto, B. (2020). Pengembangan Umkm Digital Di Masa Pandemi Covid-19. In Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2).
Asyafah, A., & Setyowati, E. (2023). Analysis Of Micro Business Income During The Covid-19 Pandemic In The Muhammadiyah University Surakarta Campus Area.
Elisia Ariska, P., & Prayitno, B. (2019). Pengaruh Umur, Lama Kerja, Dan Pendidikan Terhadap Pendapatan Nelayan Di Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya Tahun 2018 (Vol. 01, Issue 2).
Evi Meidasari M, Hairudin Hairudin, Destoprani Brajanoto, & Yudhinanto Cn. (2023). Pemasaran Dodol Mangrove Melalui Digital Marketing Di Desa Wisata Pulau Pahawang. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(4), 100–104. Https://Doi.Org/10.54066/Jkb.V1i4.1022
Fadhli, K., & Pratiwi, D. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang.
Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Th Maramis, M. B. (2019). Analisis Pengaruh Modal Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kota Kotamobagu.
Ih, M., Setyowati, E., Subagyo, D., Arief, M., Maris, D. I., & Wulandari, D. (2022). Pendampingan Kelompok Usahawanitabilqis. Http://Journals.Ums.Ac.Id/Indeksphp/Abdipsikonomi
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i8.699
Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat.
Machmud, A. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia.
Maharani, P. N., & Setyowati, E. (2023). Strategi Dan Program Ekspor Produk Keranjang Anyaman Bambu “Kalathi Apo Bampou” Ke Pasar Asean.
Nainggolan, R. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan Umkm Kota Surabaya.
Nisak, K. (2013). Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Mojokerto.
Oktaviana, W., & Eka Putri, Y. (2021). Pengaruh Modal, Biaya Produksi, Jumlah Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Umkm Sektor Kuliner Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Oktaviana, Ansofino, Yosi Eka Putri 1/ Jhp, 1(2), 2021. Http://Ejournal.Stkip-Pgri-Sumbar.Ac.Id/Index.Php/Horizon367|Windri
Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.35724/Jies.V11i1.2848
Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V6i1.915
Saputro, A. W., & Laura, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Citra Perusahaan.
Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 306–315. Https://Doi.Org/10.35760/Eb.2021.V26i3.4019
Thamrin, M., Herman, S., & Hanafi, F. (2012). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Petani Pinang.
Tungga Dangin, I. G. A. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 681. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2019.V08.I07.P02
Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara Dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. Https://Doi.Org/10.59581/Jap-Widyakarya.V1i1.832
Yunus, Y. A. (2021). Yume : Journal Of Management Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Yume : Journal Of Management, 4(1), 231–238. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.655
Arianto, B. (2020). Pengembangan Umkm Digital Di Masa Pandemi Covid-19. In Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2).
Asyafah, A., & Setyowati, E. (2023). Analysis Of Micro Business Income During The Covid-19 Pandemic In The Muhammadiyah University Surakarta Campus Area.
Elisia Ariska, P., & Prayitno, B. (2019). Pengaruh Umur, Lama Kerja, Dan Pendidikan Terhadap Pendapatan Nelayan Di Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya Tahun 2018 (Vol. 01, Issue 2).
Evi Meidasari M, Hairudin Hairudin, Destoprani Brajanoto, & Yudhinanto Cn. (2023). Pemasaran Dodol Mangrove Melalui Digital Marketing Di Desa Wisata Pulau Pahawang. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(4), 100–104. Https://Doi.Org/10.54066/Jkb.V1i4.1022
Fadhli, K., & Pratiwi, D. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang.
Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Th Maramis, M. B. (2019). Analisis Pengaruh Modal Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kota Kotamobagu.
Ih, M., Setyowati, E., Subagyo, D., Arief, M., Maris, D. I., & Wulandari, D. (2022). Pendampingan Kelompok Usahawanitabilqis. Http://Journals.Ums.Ac.Id/Indeksphp/Abdipsikonomi
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i8.699
Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat.
Machmud, A. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia.
Maharani, P. N., & Setyowati, E. (2023). Strategi Dan Program Ekspor Produk Keranjang Anyaman Bambu “Kalathi Apo Bampou” Ke Pasar Asean.
Nainggolan, R. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan Umkm Kota Surabaya.
Nisak, K. (2013). Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Mojokerto.
Oktaviana, W., & Eka Putri, Y. (2021). Pengaruh Modal, Biaya Produksi, Jumlah Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Umkm Sektor Kuliner Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Oktaviana, Ansofino, Yosi Eka Putri 1/ Jhp, 1(2), 2021. Http://Ejournal.Stkip-Pgri-Sumbar.Ac.Id/Index.Php/Horizon367|Windri
Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.35724/Jies.V11i1.2848
Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V6i1.915
Saputro, A. W., & Laura, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Citra Perusahaan.
Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 306–315. Https://Doi.Org/10.35760/Eb.2021.V26i3.4019
Thamrin, M., Herman, S., & Hanafi, F. (2012). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Petani Pinang.
Tungga Dangin, I. G. A. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 681. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2019.V08.I07.P02
Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara Dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. Https://Doi.Org/10.59581/Jap-Widyakarya.V1i1.832
Yunus, Y. A. (2021). Yume : Journal Of Management Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Yume : Journal Of Management, 4(1), 231–238. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.655
Downloads
Published
2025-02-08
Issue
Section
Articles