PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CV. GARUDA JAYA

Authors

  • Hendra Budhi Halim Universitas Prima Indonesia
  • Boby Fedro Febriano Universitas Prima Indonesia
  • Nirwana Br Bangun Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Jarungjung Hutagaol Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/5hz1ej33

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV Garuda Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, kualitas produk, kepuasan konsumen terhadap kepuasan konsumen di CV Garuda Jaya. Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kontainer mobil mengalami penurunan kepuasan konsumen karena adanya keluhan dari perusahaan. Penurunan kepuasan konsumen terjadi karena adanya permasalahan mengenai kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk di CV Garuda Jaya. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Jumlah populasi adalah seluruh pelanggan di CV Garuda Jaya yang berjumlah 50 pelanggan dengan sampel berjumlah 50 orang pelanggan. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik, analisis regresi serta uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen CV Garuda Jaya. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian CV Garuda Jaya dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31%.

References

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14.

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1-14.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1281-1288.

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kantor indihome gegerkalong di kota bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 413-423.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Monica, C., & Marlius, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari cabang Muaralabuh. Jurnal pundi, 7(1), 53-62.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2024). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 11(2), 111-122.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Setyo, P. E. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen “best autoworks”. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutowo, S., Muspita, N. C., Pradeta, F. D., & Fauzi, M. I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen: (Studi Kasus pada Konsumen Kerajinan Barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(2), 79-84. https://doi.org/10.35457/translitera.v12i2.3436

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Downloads

Published

2025-11-05