PENGARUH POTONGAN HARGA (DISKON), VOUCHER GRATIS ONGKIR, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA APLIKASI BELANJA ONLINE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini menguji dampak dari diskon, voucher gratis ongkos kirim, dan kualitas layanan terhadap niat beli ulang dan kepuasan pelanggan pada platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode analisis Partial Least Squares (PLS) dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians untuk menilai hubungan antar variabel. Temuan menunjukkan bahwa diskon memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat beli ulang, sedangkan voucher pengiriman gratis tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Kualitas layanan terbukti berpengaruh positif terhadap niat beli ulang dan juga memediasi hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnya mendorong pembelian ulang. Temuan ini menyoroti pentingnya strategi diskon dan kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan niat beli ulang.
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi Dalam Penelitian Merupakan Suatu Hal Yang Sangt Penting, Karena Ia Merupakan Sumber Informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Andreani, A. M. Dan F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 7(2).
Andriani, E. R. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran Cod, Gratis Ongkir Dan Review Pembeli Terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 297–301.
Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108.
Azlin, N., Syahrudin, H., & Kuswanti, H. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(3), 1–8. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V11i3.53285
Ilham Hadi Nur Yufa, D., & Dwi Lestari, W. (2023). Jurnal Mirai Management. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.
Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The Effects Of Mobile Marketing, Discount, And Lifestyle On Consumers’ Impulse Buying Behavior In Online Marketplace. International Journal Of Scientific And Technology Research, 9(3), 1569–1577.
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V6i1.3536
Jackson, Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan,Potongan Harga Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Emba, 9(3), 1402–1412.
Mirandi, O. A. S., & Rimiyati, H. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Matahari Department Store Yogyakarta. Journal Of Business And Halal Industry, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.47134/Jbhi.V1i2.106
Mulyanto, H. R. N. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Aplikasi Onlineshop Shopee. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 7(1), 86–94. Https://Doi.Org/10.35326/Jiam.V7i1.5211
N Hidayat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Pada Smartphone Samsung Di Neo Komunika). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 1–7.
Noor, Z. Z. (2020). The Effect Of Price Discount And In-Store Display On Impulse Buying. Sosiohumaniora, 22(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V22i2.26720
Ns Ramadhini. (2022). Indikator Kepuasan Pelanggan. Journal Ilmiah, 10–23.
Nurhayati, & Murti, W. W. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Parsini, N. M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Restoran The Little Korean Kitchen Di Munggu , Badung. 4(6), 1240–1252.
Putri, Afifah Risky Dan W. Dwi Lestari. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11.
Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80. Https://Doi.Org/10.30587/Jre.V6i2.5956
Ratu Syifa Nabila Khansa. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rockstar Gym (Studi Kasus Cabang Lippo Mall Purijakarta Barat). Jurnal Stei Ekonomi, 20(Xx), 8.
Resta, A., Akhmad, K. A., & Gunaningrat, R. (2023). Pengaruh Program Voucher Diskon Dan Program Gratis Ongkos Kirim Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Shopee Food. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 759–771. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i1.4878
Reza Alfarozi Ritonga, & Taufiq Risal. (2023). Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 73–91. Https://Doi.Org/10.30640/Digital.V2i1.643
Sanjaya, C., & Candraningrum, D. A. (2021). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Non Star Seller. Prologia, 5(2), 369. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V5i2.10216
Sariyanti, S., Tulhusnah, L., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Rifkhasira Di Situbondo (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Angkatan 2018). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 1(9), 1765. Https://Doi.Org/10.36841/Jme.V1i9.2222
Septia Annisa, K., Yulasmi, Y., Fitri Sopali, M., & Raya Lubuk Begalung Padang -Sumatera Barat, J. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Endorsment Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Upi Yptk Padang Angkatan 2020). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 399–417.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313.
Sundari, W. S., & Wahyuningtyas, Y. F. (2023). Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkir, Dan Kemudahan Pembayaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopefood Di Yogyakarta. Jurnal Tambora, 7(3), 1–9. Https://Doi.Org/10.36761/Jt.V7i3.3376
Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V4i1.567
Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225. Https://Doi.Org/10.31315/Be.V18i2.5639
Yulianti, A., Basiya, R., Dan Bisnis, E., & Stikubank Semarang, U. (2024). The Influence Of Brand Ambassador And Discount Price On Repurchase Interest Mediated By Fashion Product Consumer Satisfaction On E-Commerce Shopee In Semarang Pengaruh Brand Ambassador Dan Discount Price Terhadap Minat Beli Ulang Dimediasi Kepuasan Konsum. 7.
Yuni, R. L., Broto, E. B., & Simanjorang, S. F. E. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Gratis Ongkir Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Management, 8(3), 387–400.
Zhafari, M. F., & Lestsri, W. D. (2023). Manajemen Dan Bisnis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Kedai Kopi Cold N ’ Brew Fajar Indah Surakarta. 5(2), 49–61.
Copyright (c) 2025 Adilla Septiani Ariantika Putri, Wuryaningsih Dwi Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.