MEDIASI FINANCIAL TECHNOLOGY PADA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LAYANAN E-COMMERCE TERHADAP KINERJA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31539/a85yb867Keywords:
Literasi Keuangan, Layanan E-Commerce, Financial Technology, Kinerja UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, layanan e-commerce, dan fintech dalam menentukan kinerja UMKM. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 UMKM di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SmartPLS versi 4.1.0.9. Hasil menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja UMKM, layanan e-commerce tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM, sedangkan literasi keuangan dan layanan e-commerce berpengaruh positif terhadap financial technology. Financial technology berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. Setelah dimediasikan, financial technology mampu memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM, sedangkan financial technology tidak mampu memediasi pengaruh layanan e-commerce terhadap kinerja UMKM. Kontribuasi penelitian ini terletak pada faktor variabel fintech sebagai variabel mediasi dan menambahkan variabel layanan e-commerce.
References
[1] K. Farina and S. Opti, (2023), Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Umkm,Jesya, 6(1):704–713.
[2] H. Setyawan and Chrisna Suhendi, (2023), Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan untuk UMKM Binaan Yayasan Dharma Bhakti Muslim Indonesia (YDBMI),J. Pengabdi. Al-Amin, 1(2):132–139.
[3] Kementrian Keuangan, (2023), UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat,kementrian keuangan.
[4] BPS, (2020), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,07 persen, Badan Stat. Nas., 19(86): 1–24.
[5] Badan Pusat Statistik, (2020), Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia, Badan Pus. Stat., 19(36).
[6] F. R. Muhammad, E. Wulandari, and A. Faulah, (2024), DI KECAMATAN MAMPANG PRAPATAN JAKARTA, 3: 559–563.
[7] R. M. W. Mirnawati, Rizka Fitriani, (2024), MENUJU EKONOMI DIGITAL GUNA MENCAPAI PERUBAHAN.
[8] (Otoritas Jasa Keuangan), (2020), Yuk Mengenal Fintech! Keuangan Digital Yang Tengah Naik Daun, Ojk.
[9] F. K. Fitri, Agus Zul Bay, Fetni, and Perduti Lestari Rulimo, (2024), Implementasi Finansial Literasi Dan Finansial Teknologi Dalam Pengelolaan Keuangan Umkm Di Kabupaten Kolaka, J. Publicuho, 7(2):938–953.
[10] E. Prasetyo and F. Farida, (2022), Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM, Natl. Multidiscip. Sci., 1(3):370–383.
[11] G. Marsenta, K. Kosasih, F. Fitriana, V. Paramarta, and H. Dongoran, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Depok, Innov. J. Soc. Sci. Res., 4(2):9066–9081.
[12] A. P. Hidayatullah, (2024), Pengaruh Fintech Peer to Peer Lending dan Fintech Payment Terhadap Kinerja UMKM DiMediasi E-Commerce Pasca Covid-19., Jurnal Akunt. Keuang. dan Bisnis.
[13] I. S. Subagio and E. Saraswati, (2021), Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Di Purbalingga, J-LEE - J. Law, English, Econ., 2(01):1–14.
[14] M. Widyastuti and Y. B. Hermanto, (2022), The effect of financial literacy and social media on micro capital through financial technology in the creative industry sector in East Java, Cogent Econ. Financ., 10(1).
[15] D. Widiyati and Erliana, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan, Perlindungan Data, Dan Cybersecurity Terhadap Penggunaan Financial Technology, Jae (Jurnal Akunt. Dan Ekon., 9(1):130–141.
[16] D. Maysaroh, S., & Diansyah, (2022), Pengaruh Peer To Peer Lender (P2P) Dan Payment Gateway Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan E-commerce Sebagai Variabel Moderating.,” Bus. Manag. J., 18(2):131–142.
[17] A. Sholeha, A. S. Kharisma, and U. M. Setiabudi, (2024), Pengaruh Financial Technology ( Fintech ) Terhadap Kinerja UMKM Melalui Mediasi Akses Keuangan.,” J. Bina Bangsa Ekon., 17(2):1571–1586.
[18] Rozalinda and M. Z. Kurniawan, (2023), Pengaruh Inklusi Keuangan, Financial Technology dan Pengelolaan Keuangan terhadap Kinerja UMKM Pedesaan di Madura, J. Ilm. Mhs. Ekon., 06(2):228–238.
[19] N. Hamidah, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Dengan Teknologi Keuangan Sebagai Variabel Mediasi, JABE (Journal Appl. Bus. Econ., 10,(4).
[20] A. Damayanti and Mardiana, (2023), Peran Financial Technology Sebagai Mediator Pada Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm, Akunt. Dewantara, 7(2):183–197.
[21] H. Aisyah, S. Puspita, and E. Elizamiharti, (2022), Resource-Based View: Strategi Umkm Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif, JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, 5(2):109–120.
[22] Aprinawati Aprinawati, Evi Maria Marsaulina Br Hutabarat, Ibnu Hafizh Hasibuan, Lisa Mutia Sari, and Sinar Lovelya Serawani Lumbantobing, (2023), Peran SDM Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif, J. Ris. Ekon. dan Akunt., 2(1):06–114.
[23] I. Ariyati, F. Agustina, and G. Miliani T, (2021), Sistematic Literature Review: Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Indonesia, J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, 10(1): 104–118.
[24] I. Berliana and D. P. Ompusunggu, (2023), Pemanfaatan E-Commerce Bagi UMKM pada Era Industri 4.0, Matriks J. Sos. dan Sains, 5(1):115–120.
[25] E. Waliyati, D. S. ,Lestariana, and N. Sutarni, (2021), Pentingnya E-Commerce Bagi Umkm Pada Masa Pandemi, Jurnak ABDIKMAS UKK, 115–121.
[26] Moch Rifqi Shihabuddin Al Ubaidillah, M Juniar Fajrus Shalah, and Muhammad Yasin, (2024), UMKM dan E-Commerce Pada Teknologi, MENAWAN J. Ris. dan Publ. Ilmu Ekon., 2(5): 07–11.
[27] R. D. Safitri, J. S. Akuntansi, F. Ekonomi, and U. Mataram, (2024), Peran Financial Technology dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan UMKM, 5(2):428–437.
[28] A. N. &Teguh Erawati, (2021), Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul), J. Ilm. Akunt. dan Finans. Indones., 4(2):65–74.
[29] Nur and Fadillah, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Akuntansi, Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Umkm Sub Sektor Usaha Mikro Di Kota Pontianak Tahun 2022, J. Kaji. Ilm. Akunt. Fak. Ekon. UNTAN, 2(2):35–48.
[30] R. Suryanto, M. Afif Nur Hanan, and R. Saniyatul Ummah, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM,” Reviu Akunt. dan Bisnis Indones., 8(1):20–32.
[31] W. Windihastuty, T. Fatimah, and S. Samsinar, (2019), Perancangan Sistim E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Hasil Olahan Sidat, J. Mnemon., 2(1):17–21.
[32] A. Riski M, R. H, M. Fithrayudi Triatmaja, and R. Riswan, (2023), Pengaruh Financial Technology, E-Commerce, Literasi Keuangan Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Di Kabupaten Batang Dengan Pengetahuan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi, Neraca, 19(2):29–47.
[33] A. L. Sintya Dewi and P. R. Masdiantini, (2023), Pengaruh Akses Permodalan, E-payment dan E-commerce Terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng, JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi) Undiksha, 14(03):619–630.
[34] W. Pontoh and L. M. Mawikere, (2024), Pengaruh financial technology dan literasi keuangan digital terhadap pengembangan UMKM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado Felixius Siampa.
[35] P. S. Hijir, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Financial Technology (Fintech) Sebagai Variabel Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi, J. Manaj. Terap. dan Keuang., 11(01):147–156.
[36] Mukhsin, (2019), Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Mukhsin, 2(1):1–10.
[37] A. Pandak and D. S. Nugroho, (2023), Pengaruh Financial Technology Dan Kemampuan Manajerial Terhadap Kinerja Keuangan Umkm, Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., 1(3):311–320.
[38] E. Wuryandini, A. E. P. Nugraha, (2023), Peningkatan Kinerja Umkm Di Semarang Ditinjau Dari Model Pengelolaan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Strategi Pemasaran JEMB-Jurnal Ekon, 2(1):1–15.
[39] H. Respatiningsih, (2019), Manajemen Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), J. Manaj. dan Bisnis, 15(2):48–65.
[40] Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and F. Jeka, (2023), Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis, J. Pendidik. Tambusai, 7( 3):26320–26332.
[41] M. Mukhsin, (2022), Membangun kualitas hubungan rantai pasokan. Media sains indonesia.
[42] A. V. B. Virna Febryaningrum, A. S. , Abelia Fajroyur Rohman , Annisa Nur Rochmah, and I Made Suparta, (2024), Penggunaan Analisis Structural Equation Modelling ( SEM ) Dengan PLS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Intervening Terhadap Hubungan, 1(6):1–9.
[43] Simanjuntak, (2020), Statistik penelitian pendidikan dengan Ms. Excel dan SPSS. CV Jakad Media Publishing.nelitian pendidikan dengan Ms. Excel dan SPSS. CV Jakad Media Publishing.
[44] D. L. Kisin and S. W. Setyahuni, (2024), Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Teknologi Finansial (Fintech) Terhadap Keberlanjutan UMKM Di Kota Semarang, J. Ekon. Bisnis, Manaj. dan Akunt., 4(1):116–129.
[45] S. Wahyuni, W. S. Nugroho, A. H. Purwantini, and S. N. Khikmah, (2021), Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang, J. UNTIDAR, 287–300.
[46] A. Yudhira, (2021), Analisis Perkembangan Financial Technology (Fintech) Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia, Value, 2(1):13–28.
[47] I. Ghozali, (2023), Buku Partial Least Squares 'Konsep, Teknik dan aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0' Edisi 1. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
[48] C. Savitri et al., (2021), Statistik Multivariat Dalam Riset, 11(551)
[49] S. Te Wierik, (2020), The influence of FinTech technologies in the field of online payments with regard to the business model of e-commerce businesses.
[50] F. Aulia and T. Hidayat, (2021), Pengaruh Modal Dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm Kain Perca Di Kecamatan Medan Denai,Bisnis-Net J. Ekon. dan Bisnis, 4(2):119–132
[51] S. Jubaedah and R. Destiana, (2016), Kinerja Keuangan UMKM di Kabupaten Cirebon Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Pembiayaan Syariah,Jrka, 2(2):93–103.
[52] T. Siswanti, (2020), Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm), J. Bisnis Akunt. Unsurya, 5(2):61–76
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Widi Astuti, Suhita Whini Setyahuni, Amalia Nur Chasanah, Maria Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

