PERAN ATTITUDE DALAM MEMDIASI PENGARUH ENVIRONMENT KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION (STUDI PADA CAT NIPPON PAINT GREEN CHOICE SERIES)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14717Keywords:
Sikap, Pengetahuan Lingkungan, Niat Pembelian HijauAbstract
Peningkatan penggunaan sumber daya alam sebagai penopang perkembangan global telah menimbulkan isu serius terkait kelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam menjadi pilar utama penghasilan dan penciptaan lapangan kerja di banyak negara. Selain menjadi komponen kunci dalam sektor industri, sumber daya alam juga berperan sebagai elemen penting dalam ekosistem. Salah satu yang berperan penting dalam ekosistem adalah produk ramah lingkungan. Masyarakat juga harus memiliki green purchase intention, ada beberapa faktor yang mempengaruhi green purchase intention yaitu environment knowledge dan attitude. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) pengaruh environment knowledge terhadap green purchase intention, (2) pengaruh environment knowledge terhadap attitude, (3) pengaruh attitude terhadap green purchase intention , (4) pengaruh attitude dalam memediasai pengaruh environment knowledge terhadap green purchase intention. Metode penelitian ini menggunakan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga jumlah pengamatan dalam penelitian ini yaitu 150 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pengujian instrumen, uji regresi mediasi, dan uji sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa environment knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention, attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention, environment knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude dan environment knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui attitude.
References
A
kbar, W., Hassan, S., Khurshid, S., Niaz, M., & Rizwan, M. (2014). Antecedents Affecting Customer’s Purchase Intentions towards Green Products. Journal of Sociological Research, 5(1), 273–289.
Ali, A., & Ahmad, I. (2012). Environment Friendly Products: Factors that Influence the Green Purchase Intentions of Pakistani Consumers. Pakistan Journal of Engineering, Technology & Science, 2(1), 84–117.
Aman, A.H.L., Harun, A., dan Hussein, Z. 2012. The Influence of Environmental Knowledge and Concern on Green Purchase Intention the Role of Attitude as a Mediating Variable. British Journal of Arts and Social Sciences, 7 (11): 145-167.
Diash, A F., & Syarifah, D. 2021. Pengaruh Environmental Knowledge dan Enviromental Concern Terhadap Green Purchace Intention pada Generasi Milenial. Buletin Penelitian Psikologi dan Kesehatan Mental. 1(1), 551-559.
Doszhanov, A., & Ahmad, Z. A. (2015). Customers’ intention to use green products: The impact of green brand dimensions and green perceived value. In SHS Web of Conferences, 18.1-15.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: BPFE Undip.
Hardiana, Candra Dwi, Ridho’I, Ikhlas. 2022. Pengaruh Lingkungan Bisnis Dan Strategi Operasional Terhadap Kinerja Operasional Pada Outlet Fast Food Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.2 no. 1.
Ikhsan, Muhammad., Salim, Muhartini., dan Hayu, Rina Suthia. 2022. Green Purchase Intention On The Millenial Generation In Indonesia. Creative Research Management Journal, Vol.4(2): 139-156.
Indriani, I A D., et al. 2019. The Influence of Environmental Knowledge on Green Purchase Intention The Role of Attitude as Mediating Variable. Internasional Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 6(2), 627-635.
Indriani, I A D., et al. 2019. The Influence of Environmental Knowledge on Green Purchase Intention The Role of Attitude as Mediating Variable. Internasional Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 6(2), 627-635.
Kotler, Phillip.,and Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kusuma, P N P D., & Handayani, S R B. 2018. The Effect of Environmental Knowledge, Green Advertising and Environmental Attitude Toward Green Purchase Intention. RJOAS. 6(78), 95-105.
Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., and ,Carl. 2011. Marketing. USA: South-Western Cengage Learning.
Lee, K. (2011). The Green Purchase Behaviour of Hong Kong Young Consumers: The Role of Peer Influence, Local Environmental Involvement, and Concrete Environmental Knowledge. Journal of International Consumer Marketing, 23, 21-44.
Lestari, Mey Kurnia, Masruchin, Krisnaningsih, Diah. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Volume 5 Nomor 2, Desember 2022.
Luthfia, Sahira Sajjadia. 2023. Mengupas Tata Kelola Perikanan Nasional Melalui PP No. 11 Tahun 2023 Tentang Penangkapan Ikan Terukur Demi Mewujudkan Blue Economy. Jurnal RECHTS VINDING Media Pembinaan Hukum Nasional Vol.5 no 3. 2023.
Mustofa, A., & Rinanik. 2022. The Impact of Enviromental Concern, and Enviromental Attitude on Green Product Purchase Intention. International Journal of Economics, Business, and Accounting research (IJEBAR). 1-11.
Putri, N. W.A., Wahyuni, N. M., & Yasa, P. N. S. (2021). The Effect of Attitude in Mediating Environmental Knowl- edge towards the Purchase Intention of Green Cosmetics Products. Jurnal Ekonomi dan Bisnis JAGADITHA, 8(2), 202-208.
Rashid, Nik Ramli Nik Abdul. 2009. Awareness of Eco-label in Malaysia’s Green Marketing Initiative. International Journal of Business and Management, 4 (8): 132-141.
Ryantari, Gusti Ayu Winda., Giantari, I Gusti Ayu Ketut. 2020. Green Knowledge, Green Attitude, Dan Environmental Concernberpengaruh Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 7 : 2556-2575.
Saputra, Ardiyas Robi., Sueb. 2020. Hubungan Etika Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Jurnal Psikologi Jambi. Volume 05, No. 01, Juli 2020 : 31-36.
Saputri, N. P., & Rahman, M. A. (2021). Hubungan Antara Environmental Knowledge, Environmental Concern dan Environmental Attitude serta Pengaruhnya terhadap Purchase In- tention Green Product LGCC dengan Perbedaan Gender sebagai Variabel Moderasi. Management Development and Applied Research Journal, 3(2), 28-39.
Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Setiyonovita, Ria., Syahrivar, Jhanghiz. 2017. Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Ramah Lingkungan Di Kawasan Industri Cikarang. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Presiden. Volume 7 No. 1 November 2017.Suhartono, & Qudsi, F. (2009). Portofolio Investasi Bursa Efek. Yogyakarta: STIE YKPN.
Wulandari, A.A. Sagung Ayu., Rahyuda, I Ketut., dan Yasa, Ni Nyoman Kerti. 2015. The Role of Customer Atitude in Mediating Knowledge Influence Towards The Purchase Intention of Green Product. Jurnal Dinamika Manajemen, 6 (2): 133-144.
Yuntafi’ah, Laili. 2020. Pengaruh Environmental Concern dan Green Brand Knowledge Terhadap Green Purchase Intention dengan Attitude Toward Green Product Sebagai Variabel Intervening. E-Journal STIE Putra Bangsa Kebumen. 1-14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wanda Arini, Endah Pri Ariningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.