DAMPAK PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUBSEKTOR TELEKOMUNIKASI 2019-2023
DOI:
https://doi.org/10.31539/29apgf96Keywords:
Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Nilai PerusahaanAbstract
Pandemi Covid-19 dan perubahan dinamika bisnis yang cepat menyebabkan industri telekomunikasi menghadapi tekanan berat, menjadikan faktor keuangan sebagai elemen yang sangat penting dalam menentukan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan di subsektor telekomunikasi pada periode 2019-2023. Teknik purposive sampling diterapkan untuk memilih sampel yang terdiri dari 18 perusahaan yang telah memenuhi kriteria tertentu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi data panel yang dianalisis menggunakan perangkat lunak Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, profitabilitas diukur dengan Return on Assets (ROA) dan pertumbuhan penjualan diukur dengan Sales Growth (SG) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan utang yang optimal dapat memperkuat citra perusahaan, sedangkan profitabilitas dan pertumbuhan penjualan tidak menjadi faktor penentu utama dalam penilaian nilai perusahaan.
References
Artamevia, D. P., & Ekaningtias, D. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Food & Beverage. Journal of Public and Business Accounting, 3(2), 72–84. https://doi.org/10.31328/jopba.v3i2.282
Audina, M. V. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Earning Per Share, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020). 1–15.
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023 (Vol. 12).
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews). Rajagrafindo Persada.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial Management. Cengage.
Charis, M. A., & Cahyono, K. E. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(4), 1–20.
Dewi, N., Gusma Putra, D., & Pratama, I. M. (2022). The influence of IOS, DER, and ROA on the value of transportation and logistics companies listed on the IDX in 2017-2021. Review of Management, Accounting, and Business Studies, 3(1). https://doi.org/10.38043/revenue.v3i1.4522
Ficsanes, Z. C., Noordiyati, N., Jakiroh, J., Wahyuddin, W., Hilmi, R., & Darnida, C. Y. (2022). Nilai Tukar, Inflasi, Net Profit Margin (Npm), Debt to Equity Ratio (Der), dan Harga Saham. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 8(3), 406–419. https://doi.org/10.35972/jieb.v8i3.877
Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070.
Kosmaryati, Handayani, C. A., Isfahani, R. N., & Widodo, E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kriminalitas di Indonesia Tahun 2011-2016 dengan Regresi Data Panel.
Kusuma, P. J., Damar, H., & Hasanatina, F. H. (2023). Determinan kebijakan dividen: Studi Perusahaan LQ45 di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 67–76. https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i1.19421
Marini, M., & Herawaty, V. (2024). Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon, Eco-Efficiency dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(8), 3670. https://doi.org/1047467/elmal.v5i8.3646
Maryadi, M., & Djohar, C. (2023). Pengaruh Perencanaan Pajak, Manajemen Laba, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Jurnal Akuntansi, 3(2), 442–454. https://doi.org/10.46306/rev.v3i2.162
Mutiara, N., Purwohedi, U., & Zulaihati, S. (2022). Pengaruh Firm Size, Sales Growth dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Sektor Healthcare, Teknologi Serta Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneuship and Finance, 2(3), 279–290. https://doi.org/10.53067/ijebef.v2i3
Putranto, P., Maulidhika, I., & Budhy Scorita, K. (2022). Dampak Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Online Insan Akuntan, 7(1), 61–74.
Rahayu, S. M., Suhadak, & Saifi, M. (2020). The reciprocal relationship between profitability and capital structure and its impacts on the corporate values of manufacturing companies in Indonesia. International Journal of Productivity and Performance Management, 69(2), 236–251. https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2018-0196
Sampurna, A. F. (2022). Scenario Planning, Dampak, dan Proyeksi di Berbagai Bidang pada Masa dan Pascapandemi COVID-19: Pandangan Para Pakar dan Praktisi. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK).
Sonjaya, L. M., Dayanti, S., & Imelda, E. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, 26(11), 248–264. https://doi.org/10.24912/je.v26i11.776
Sucita, I. M. A., & Ratnadi, N. M. D. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi). Journal of Economics and Business, 12(5), 3358–3368. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i5.671
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhadak, S., Kurniaty, K., Handayani, S. R., & Rahayu, S. M. (2019). Stock return and financial performance as moderation variable in influence of good corporate governance towards corporate value. Asian Journal of Accounting Research, 4(1), 18–34. https://doi.org/10.1108/AJAR-07-2018-0021
Sukartaatmadja, I., Khim, S., & Lestari, M. N. (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 21–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1627
Sumarna, D., & Aulia, N. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Net Profit Margin Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 410–417. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12355
Veronica, C., Aprilyanti, R., & Jenni. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. ECo-Buss Economy and Bussiness, 4(3), 635–646. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.362
Yulianti, E., Hermuningsih, S., & Sari, P. P. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 88–100. https://doi.org/36987/ecobi.v9i1.2269
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Veronika Aditya Arwana, Pradana Jati Kusuma, Herry Subagyo, Rudi Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

