ANALISIS STRATEGI BISNIS MAHKOTA COFFEE DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN NVIVO 12 PLUS

Authors

  • Eka Mulyani Universitas Garut
  • Soviyan Munawar Universitas Garut
  • Intan Tenisia Prawita Sari Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.31539/xnwpym43

Keywords:

Strategi Bisnis, Business Model Canvas, NVivo 12 Plus, Mahkota Coffee

Abstract

Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap model bisnis Mahkota Coffee dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis data kualitatif melalui Nvivo 12 Plus, dapat disimpulkan bahwa Mahkota Coffee memiliki potensi signifikan untuk pertumbuhan dan daya saing yang berkelanjutan di pasar kopi yang semakin intens. Perusahaan ini telah berhasil menjangkau berbagai segmen pelanggan, mulai dari konsumen kelas bawah hingga kelas menengah, hingga klien kelas atas, dengan penekanan pada penggemar kopi yang mencari kualitas tinggi. Ini mencerminkan strategi inklusif yang bertujuan untuk menarik basis pelanggan yang luas. Dengan menawarkan kopi Arabika premium dan memastikan pengalaman pelanggan yang positif, Mahkota Coffee membangun proposisi nilai yang kuat, didukung oleh lokasi strategis dan variasi dalam metode pengolahan kopi. Selain itu, Mahkota Coffee secara efektif memanfaatkan berbagai saluran distribusi, baik offline maupun online, untuk terhubung dengan pelanggan, menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran dan menyediakan layanan pengiriman, yang menunjukkan adaptasi yang patut dipuji terhadap tren digital.

References

AEKI. (2023). Laporan Pertumbuhan Industri Kopi Indonesia 2023. https://doi.org/https://www.aeki-aice.org/

Amadea, M. B., Ariani, M., Wibowo, J. M., & Surabaya, U. (2025). Analysis of consumer behavior of mobile coffee as a modern lifestyle of the younger generation. 8, 252–263.

Annison, H. (2011). Book review: Book review. Criminology & Criminal Justice, 11(3), 277–278. https://doi.org/10.1177/1748895811401979

Christian, A. R., & Sulistiyani, T. (2020). Pengantar Manajemen. 224.

David, F. R. (2019). Strategic Management CONCEPTS AND CASES. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Endah, P. T., Wilujeng, S. A., Rifka, F., Achmad, S., & Imbalan, Z. (2020). NVIVO | i. Pemanfaatan NVIVO Dalam Penelitian Kualitatif, 1–125. https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/b5-Pemanfaatan-NVIVO-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf

Fatimah, & Nuryaningsih. (2018). Buku Ajar Buku Ajar.

Ghassani, N. F., Khudori, M. H., Wiyono, W., Wiyono, W., Madiistriyatno, H., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Kopi Atas Rumah. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 57–64. https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.465

Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo, 3rd Edition. In SAGE Publications. https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/qualitative-data-analysis-with-nvivo/book261349

Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time (pp. 37–60). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Mujiono, M. (2021). Business Model Canvas: Panduan Praktis Kelola Bisnis BUM Desa (Vol. 1, Issue 1). https://play.google.com/books/reader?id=euULLQAAAEAJ&pg=GBS.PA3

Nielsen. (2022). Indonesia Coffee Market Report 2022.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (n.d.). You’re holding a handbook for visionaries, game changers, and challengers striving to defy outmoded business models and design tomorrow’s enterprises. It’s a book for the . . . written by.

Pahlevi, C., & Musa, M. I. (2023). Manajemen Strategi. In Penerbit Intelektual Karya Nusantara.

Rizan, M., Sumastuti, E., & Dkk. (2023). Bisnis Modal Canvas Membangun Rencana Bisnis Yang Inovatif. Correspondencias & Análisis, 15018, 1–23.

Tambun, S., & Riris Rotua Sitorus. (2023). Pelatihan Aplikasi NVivo untuk Riset Kualitatif Bidang Akuntansi kepada Para Peneliti di Universitas Dhyana Pura. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 129–138. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i1.1298

Widiana, M. E., & Ec, M. (2020). Pengantar Manajemen.

Downloads

Published

2025-11-02