PENGARUH FEAR OF MISSING OUT DAN BRAND IMAGE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK SKINTIFIC PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GARUT

Authors

  • Nailaturrizqiyah Nailaturrizqiyah Universitas Garut
  • Magnaz Lestira Oktazora Universitas Garut
  • Gita Garliani Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.31539/4m7kvh45

Keywords:

Takut ketinggalan, citra merek, pembelian impulsif

Abstract

Produk skintific merupakan salah satu produk kecantikan yang saat ini nomor 1 di Indonesia. Dengan adanya sikpa psikologis konsumen takut akan ketinggalan terhadap produk dan juga memiliki citra merek yang baik sehingga skintific banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa Universitas Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear Of Missing Out (FOMO) dan citra merek terhadap pembelian impulsif produk Skintific di kalangan mahasiswa Universitas Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada 132 responden mahasiswa Universitas Garut yang menggunakan produk Skintific. Data diolah dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOMO dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. FOMO memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan citra merek. Implikasi dari penelitian ini adalah pemasar dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor-faktor psikologis seperti FOMO dan citra merek. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembelian impulsif di segmen pasar yang berbeda.

References

Aaker, D. (2019). The Power of The Brand. Journal of Marketing Research.

Akbar, R. N. (2024). Pengaruh fomo, sales promotion, metode pembayaran terhadap impulsiver buying. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia.

Alabri, A. (2022). Fear Of Missing Out (FOMO): The Effects of the Need to Belong, Perceived Centrality, and Fear of Social Exclusion. Human Behavior and Emerging Technologies, 2022, 1–12. https://doi.org/10.1155/2022/4824256

Althalets, D. Y. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Online Customer Review, serta E-WOM Terhadap Online Impulsive Buying Pada Produk Skintific di E-Commerce TikTok Shop (Studi Pada Pengguna Produk Skintific Clay Stick di Kota Samarinda. Journal of Economic, Business and Accouunting, 7.

Arif Fakhrudin, M. V. (2022). Bauran Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Bahrul, G., Rasyad, A., Ikasari, H., Ekonomi, F., Universitas, B., & Nuswantoro, D. (n.d.). Pengaruh Brand Image, Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Pascabayar Indosat Di Semarang. JURNAL MANEKSI, 13(2).

Bashar, A. (2020). IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR: A LITERATURE REVIEW. https://doi.org/10.16962/EAPJHRMOB/ISSN

Basha, E. V. (2019). A Study on Brand Image. SJR Score.

Chen, Z. &. (2023). Understanding FOMO In Digital Consumer Behavior. Journal of Consumer Psycology.

Clinton Amos, G. R. (2020). Impulsive Buying and Emotional Influence: A Global Perspective. Journal of Consumer Psycology, 567-580.

Coninck, N. B. (2020). Sosial media and Fear Of Missing Out in adolescents: The role of family characteristics. Sosial Media & Society.

Danang Sunyoto, Y. S. (2022). Perilaku Konsumen. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Daulay, N. (2015). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur'an Tentang Psikologi. Kencana.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719

Hasya, E., Nasrawati Hamid, A., Kusuma, P., & Psikologi, F. (2023). Pembelian Impulsif Melalui Online Shopping Pada Remaja Akhir Ditinjau Dari Kontrol Diri (Vol. 2, Issue 6).

Herry Krisnandi, E. S. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta Selatan: LPU-UNAS.

Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management (4th ed.). Pearson Education.

Latar, D., Keluarga, B., & Youth, Y. (2019). KECENDERUNGAN IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA DITINJAU. EXERO Journal of Research in Business and Economics, 02(01), 2655–1527. https://doi.org/10.24071/exero.2019.02.01.03

Downloads

Published

2025-10-20