IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE DALAM KEPUTUSAN STRATEGI MANAJERIAL PARA PELAKU UMKM

Authors

  • Ratih Kusumastuti Universitas Jambi, Indonesia
  • Dios Nugraha Putra Universitas Jambi, Indonesia
  • Derist Touriano Universitas Adiwangsa Jambi UNAJA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.14895

Keywords:

Business intelligent, Managerial Strategic Decisions, UMKM

Abstract

Sebagian besar pelaku UMKM telah menerapkan sistem informasi point of sale untuk membantu proses transaksi jual-beli berbasis digital sehari-hari. Namun hanya sedikit para pelaku UMKM yang mampu memahami kegunaan setiap keluaran dari setiap tahapan akuntansi (Lestariningati, 2018) dan mengolah data lanjutan dari setiap keluaran teknologi dan sistem informasi point of sale yang digunakannya, sehingga teknologi dan sistem informasi yang mahal dan komplek tersebut tidak dapat digunakan secara maksimal (Jacobs, Robinson, & DePaolo, 2016), dan tidak mampu menganalisis data transaksi pihak ketiga (Tsai, 2019). Oleh sebab itu peran business intelligent sangat diperlukan untuk mempercepat dan mempermudah pengguna melakukan analisis data transaksi di masa lalu guna mendukung keputusan dan perencanaan secara real time bagi usahanya. Secara umum tujuan penelitian ini mengembangkan model analisis sederhana sehingga dapat digunakan para pelaku UMKM sebagai sinyal dalam membuat keputusan strategi manajerial. Tujuan operasional penelitian ini yaitu: pertama, untuk memilah dan memilih jenis keluaran apa saja dari setiap tahapan akuntansi pada teknologi dan sistem informasi point of sale yang berguna untuk membuat keputusan strategi manajerial para pelaku UMKM. Kedua, membuat perintah otomasi pada setiap keluaran teknologi dan sistem informasi point of sale yang berfungsi untuk meringkas tugas-tugas repetitif dan meningkatkan efisiensi waktu pengerjaan laporan serta menunjang keputusan strategi manajerial para pelaku UMKM. Fokus yang menjadi objek penelitian ini adalah penambahan fitur business intelligence yang diberlakukan secara eksternal dengan mengambil data sekunder yang tersedia dari sistem point of sale agar mampu menunjang Managerial Strategic Decisions para pelaku UMKM. Hasil penelitian membuktikan bahwa BUSINESS INTELLIGENCE dapat diterapkan dalam Keputusan Strategi Manajerial Para Pelaku UMKM

References

Arnott, D., Lizama, F., & Song, Y. (2017). Patterns of business intelligence systems use in organizations. Decision Support Systems, 97, 58-68.
Bani-Hani, I., Tona, O., & Carlsson, S. (2018). From an information consumer to an information author: A new approach to business intelligence. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 28(2), 157-171.
Borissova, D., Cvetkova, P., Garvanov, I., & Garvanova, M. (2020). A framework of business intelligence system for decision making in efficiency management. International Conference on Computer Information Systems and Industrial Management (pp. 111-121). Springer.
Caseiro, N., & Coelho, A. (2019). The influence of Business Intelligence capacity, network learning and innovativeness on startups performance. Journal of Innovation & Knowledge, 4(3), 139-145.
Cheng, C., Zhong, H., & Cao, L. (2020). Facilitating speed of internationalization: The roles of business intelligence and organizational agility. Journal of Business Research, 110, 95-103.
Haessler, P. (2020). Strategic decisions between short-term profit and sustainability. Administrative Sciences, 10(3), 63-94.
Hanapi, M. (2022, January). Retrieved from Antara News: https://jambi.antaranews.com/berita/457286/provinsi-jambi-nenyediakan-rp15-miliar-untuk-bantuan-umkm
Jacobs, A., Robinson, D. F., & DePaolo, C. A. (2016). Using excel to make strategic managerial decisions. Journal of Information Systems Education, 27(2), 93-98.
Jalil, N. A., Prapinit, P., Melan, M., & Mustaffa, A. B. (2019). Adoption of Business Intelligence - Technological, Individual and Supply Chain Efficiency. International Conference on Machine Learning, Big Data and Business Intelligence (MLBDBI) (pp. 67-73). IEEE.
Jalil, N. A., Prapinit, P., Melan, M., & Mustaffa, A. B. (2019). Adoption of business intelligence-Technological, individual and supply chain efficiency. International Conference on Machine Learning, Big Data and Business Intelligence (MLBDBI) (pp. 67-73). Taiyuan, China: IEEE.
Jambi Independent. (2022, Januari). Retrieved from https://www.jambi-independent.co.id/: https://www.jambi-independent.co.id/read/2022/01/06/19520/hut-ke65-wagub-jambi-harap-tingkatkan-komitmen-bangun-jambi/
Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Squares: Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS2.0 Untuk Penelitian Empiris. (P. P. Harto, Ed.) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lennerholt, C., Van Laere, J., & Söderström, E. (2021). User-related challenges of self-service business intelligence. Information Systems Management, 38(4), 309-323.
Lestariningati, S. I. (2018). Mobile point of sale design and implementation. International Conference on Informatics, Engineering, Science and Technology (INCITEST). 47. Bandung: IOP Publishing.
Li, P.-Y. (2017). The impact of the top management teams’ knowledge and experience on strategic decisions and performance.". Journal of Management & Organization, 23(4), 504-523.
Papachristodoulou, E., Koutsaki, M., & Kirkos, E. (2017). Business intelligence and SMEs: Bridging the gap. Journal of Intelligence Studies in Business, 7(1), 70-78.

Popovič, A., Puklavec, B., & Oliveira, T. (2019). Justifying business intelligence systems adoption in SMEs: Impact of systems use on firm performance.". Industrial Management & Data Systems, 119(1), 210-228.
Richards, G., Yeoh, W., Chong, A. Y., & Popovič, A. (2017). Business intelligence effectiveness and corporate performance management: an empirical analysis. Journal of Computer Information Systems, 59(2), 188-196.
Roundy, P. T., Harrison, D. A., Khavul, S., Pérez-Nordtvedt, L., & McGee, J. E. (2018). Entrepreneurial alertness as a pathway to strategic decisions and organizational performance. Strategic Organization, 16(2), 192-226.
Skyrius, R. (2021). Business Intelligence Information Needs: Related Systems and Activities. Springer.
Stjepić, A.-M., Bach, M. P., & Vukšić, V. B. (2021). Exploring risks in the adoption of business intelligence in SMEs using the TOE framework.". Journal of Risk and Financial Management, 14(2), 58-60.
Tsai, H.-F. e. (2019). Implementation of mobile point of sale cashier management system. Sensors and Materials, 31(8), 2463-2476.
Velychko, O., Velychko, L., Butko, M., & Khalatur, S. (2019). Modelling of strategic managerial decisions in the system of marketing logistics of enterprise. Innovative Marketing, 15(2), 58-70.
Zehra, I., & Ahmed, F. (2019). Assessing Implementation of Managerial Accounting Practices: Perspective of Pakistani SMEs. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 119-132.

Downloads

Published

2023-06-18