ANTESENDEN JOB PERFORMANCE KARYAWAN RUMAH SAKIT DI JABODETABEK

Authors

  • Achmad Murdiansyah Universitas Trisakti
  • Dita Oki Berliyanti Universitas Trisakti
  • B. Medina Nilasari Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14896

Keywords:

Intellectual Intelligence, Job satisfaction, Job Performance, Motivation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Employee Motivation, Employee Intelligence terhadap Employee Performance, dengan Job Satisfaction sebagai mediasi. Penelitian dilakukan pada karyawan di rumah sakit sejabodetabek, menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 231 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, yang dipilih melalui teknik sampling, dengan metode  purposive sampling. Data di analisis menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS versi24 dan uji Sobel untuk mengidentifikasi efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Employee Motivation, Employee  Intelligence memiliki pengaruh positif  yang terhadap Employee Performance. Selain itu, peran Job Satisfaction secara parsial memediasi pengaruh Employee Motivation, Employee  Intelligence terhadap Employee Performance. Secara khusus, karyawan dengan tingkat motivasi dan kecerdasan intelektual yang tinggi cenderung memiliki kepuasan kerja yang lebih baik, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja mereka. Hasil ini menegaskan pentingnya mendorong motivasi karyawan dan mengembangkan kecerdasan intelektual sebagai bagian dari strategi sumber daya manusia di rumah sakit untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwali, J. and Alwali, W. (2022), "The relationship between emotional intelligence, transformational leadership, and performance: a test of the mediating role of job satisfaction", Leadership & Organization Development Journal, Vol. 43 No. 6, pp. 928-952. https://doi.org/10.1108/LODJ-10-2021-0486

Ayeasha Akhter, Md. Mobarak Karim and K. M. Anwarul Islam (2021). The impact of emotional intelligence, employee empowerment and cultural intelligence on commercial bank employees’ job satisfaction. Banks and Bank Systems, 16(4), 11-21. doi:10.21511/bbs.16(4).2021.02

Fianko, S. K., Chipunza, C., & Dzansi Phd, D. (2024). Examining the moderating role of a leader’s emotional intelligence on the influence of organizational climate on job satisfaction among Youth-Owned and Managed Small Businesses (YOMSB) in Sub-Saharan African (SSA) Economy. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 13(5), 397–420. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v13i5.3343

K. M. Anwarul Islam, Md. Mobarak Karim, Serajul Islam, Md. Shariful Haque and Tania Sultana (2022). Exploring the effect of job satisfaction, employee empowerment, and emotional intelligence on bank employee performance: A study on commercial banks in Bangladesh. Banks and Bank Systems, 17(3), 158-166. doi:10.21511/bbs.17(3).2022.13

Ramadan Wardiansyah, D., Khusniyah Indrawati, N., & Tri Kurniawati, D. (2024). The effect of employee motivation and employee engagement on job performance mediated by job satisfaction. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 13(1), 220–231. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v13i1.3133

Downloads

Published

2025-06-17