PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Elfran Hoaeng Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14934

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian anggota KSP Kopdit Obor Mas cabang Agrobisnis Maumere. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 17,0%. Kualitas produk juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 32,1%. Selain itu, citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 15,1%. Secara simultan, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra merek berkontribusi sebesar 64,2% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 35,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra merek dapat meningkatkan keputusan pembelian anggota koperasi.

References

Aaker, David. 2020. Manajemen Ekuitas Merek, Terjemahan. Jakarta: Mitra Utama

Achmad Yusuf Budianto, Rahayu Puji Suci & Seodjono. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merk Sebagai Variable Intervening. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis. Universitas Widyagama Malang. P-ISSN: 2598-5272 E-ISSN:2598-5280.

Adi Sulaiman.2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tambahan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan PT. TRISAKTI Lautan Mas. Vol. 10 No. 10. Jurnal Manajemen.

Aditama, Roni Angger. 2020. Pengantar Bisnis. Malang, AE Publishing.

Adriano, Farhan Febrian dan Aditya Wardhana. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Eco Racing pada Perusahaan PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST)”. EProceeding of Management. 8(6), 8682-8689.

Agustina, R., & Hinggo, H. T. (2023). Pengaruh Brand Ambassador , E-Wom , Dan Brand Trust. 2(1), 433–443

Akbar, Mohammad Aldrin dan Sitti Nur Alam, 2020, E-commerce Dasar Teori Dalam Bisnis Digital, Yayasan Kita Menulis, Medan.

Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur

Anthony Hartanto & Fransisca Andreani. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kulitas Pelayanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Café Surabaya.

Ardiatama, Egy. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Eiger.

Arianto, N dan F. Kurniawan. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran 4(2): 254-268.

Arini, D. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Lansia di Panti Werdha Ria Pembangunan Jakarta Timur, 0–5.

Astuti, Miguna, Nurhafifah Matondang (2020), Manajemen Pemasaran UMKM Dan Digital Sosial Media, Edisi 1, Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Awondeu. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 5 No. 1. Jurnal Manajemen Start Up Bisnis.

Basu Swastha dan Hani Handoko. 2020. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPEE.

Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik MS Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 5. No. 1

Caroline Lystia Rut Winasis, Halimah Sandra Widianti, Baruna Hadibrata. 2022. Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Vol 3. No. 4 Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Coaker, W. (2021). Branding With Images : The Ultimate Guide To Grow Your Business With Images. How To Build A Strong Brand Image. New York : Independent Publisher.

Danang Sunyoto. 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Darsono, Nur Elfi Husda. 2020. Pengaruh Distribusi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT Mulia Makmur Lestari. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi. Vo. 8. No. 3 (2020) : JE Vol. 8 No. 3

Eva, E., & Widya, P. R. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Masuk Calon Mahasiswa Baru Di Institut Shanti Bhuana. UMMagelang Conference Series, 312–325

Faisal, Indra dan Romano. 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sayuran Di Kota Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, Vol. 5, No. 4.

Farida Islamia, Rusmiati & Rabiatul Adawiah. 2023. Peran Citra Merek Sebagai Mediasi Pada Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi.

Firmansyah, Farid & Rudy Haryanto. 2019. Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Goetsch, DL & Davis .2019 Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Internasional, Inc

Gunawan, Didik. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional

Hanan Ariq Munandar. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Mediasi

Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara. Indriyana Septiani, IBN Udayana, Lusia Tri Hatmanti. 2022. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser,

Indonesia. Pemerintah Pusat. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pemerintah Pusat.

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management: 4th European Edition (4th ed.). Pearson Education Limited.

Kristina, Naning, and Wahna Widyaningrum. 2019. MANSKILL Managerial Skill. Ponorogo: UNMUH PONOROGO PRESS.

Kumbara, Vicky Brama. 2021 “Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian : Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Endorse”. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar

Lesmana, R. dan S, D, Ayu. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(3): 59-72

Manik, V. (2020). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Mobile Acc. One Menggunakan System Usability Scale (Sus) Dan Usability Testing (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). 1- 63.

Maryati, M., & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Peayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Eqien – Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11 (1), 542.

Mcpheron, A. (2021). Growing Your Business : Brand Image and The Secrets to Success. How To Use Image To Grow Influence. New York : Independent Publisher.

Mujid, A., & Andrian, A. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 66. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.946.

Mutiawati, Cut et.al. 2019. Kinerja Pelayanan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: Deepublish

Nurhalim, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image Gojek terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Efek Covid 19 Konsumen Karawaci Tegal Baru Tangerang). Jurnal Bina Manajemen.

Patmala, Hera Septiani dan Dian Candra Fatihah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama”, Jurnal Ilmiah MEA 5, no. 3 (2021).

Pattaray, Anas dkk. 2021. Konsep Pelayanan bagi Wisatawan Peyandang. Disabilitas. Malang: Literasi Nusantara.

Pertiwi, Dewi. 2021. Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Sleman: Deepublish.

Republik Indonesia.1992.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992, Pasal 3 Tentang Perkoperasian. Presiden Republik Indonesia.

Ririn Rosyidi, Moh dkk. 2020. Monogrof Pengendalian Kulitas Ikan Bandeng Dengan Metode Seven Tools. Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani.

Soegihartono, S. (2020). Penelitian Keberlangsungan Usaha Ardani Indonesia sebagai UMKM Berbasis Industri Kreatif. Solusi, 18(4), Article 4. https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2848

Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D (p. 394). Bandung : Alfabeta Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta.

Zahrotun Nihlah, Deliana W. Latuihamallo, Aries Susanty & Ratna Purnawingsih. 2018. Analisis Pengaruh Perceived Value, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasional IENACO.

Downloads

Published

2025-06-17