PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULANG BERSAING (STUDI PADA ANGGOTA KOPERASI GAPURA UMKM KABUPATEN PURWOREJO)

Authors

  • Zerlina Elian Febriana Univeristas Muhammadiyah Purworejo
  • Wijayanti Wijayanti Univeristas Muhammadiyah Purworejo
  • Dedi Runanto Univeristas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14982

Keywords:

Pengembangan Produk, Desain Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing

Abstract

Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian, terutama bagi UMKM di Indonesia. Melalui digitalisasi UMKM dapat mencapai efisiensi dalam pengembangan produk, desain produk, dan kualitas produk serta memperluas jangkauan pasar. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan pelaku usaha untuk menerapkan strategi keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan berkembang. Oleh karena itu, faktor-faktor seperti pengembangan produk, desain produk, dan kualitas produk sangat penting dalam menciptakan keunggulan dalam bersaing. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah Anggota Koperasi Gapura dengan bidang usaha Makanan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 83 responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: pengembangan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, M. A., & Hidayati, R. (2022). Analisis Pengaruh Desain Produk Dan Kinerja Supply Chain Management Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing (Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(6), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Ambarwati, R., Saputro, A., Fathurochman, A. G., & Rizal, A. (2019). Product Development for Competitive Advantage of Micro, Small, and Medium Enterprises of Ikat Woven Fabric in Kediri. Binus Business Review, 10(2), 75-86.

Anggiani, R. (2016). Pengaruh Pengembangan Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey Pada Konsumen Perusahaan Rumah Batik Agnesa Tasikmalaya). https://www.e-jurnal.com/2016/03/pengaruh-pengembangan-produk-dan.html

Darmanto, Wardaya, S., & Dwiyani, T. (2015). Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi. Deepublish: Yogyakarta.

Fauzan, R., Daga, R., Sudirjo, F., Soputra, J. H., Waworuntu, A., Madrianah, Widarman, A., Verawaty, Hasniaty, & Risakotta, T. K. (2023). Produk dan Merek. PT Global Eksekutif Teknologi: Padang.

Heizer, J., & Render, B. (2016). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Salemba Empat: Jakarta.

Hendratmoko, S. (2021). Analysis of Value Creation: Product Innovation, Product Development and Product Quality To Competitive Advantage. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(5), 2538–2545.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE: Yogyakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. PT Prenhallindo: Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

Kurniawan, D., Ramadhan, Y. R., & Iman, F. N. (2021). Promosi Citra Destinasi dan Kualitas Produk: Keunggulan Bersaing UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(2), 136-152.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2. PT Penerbit Erlangga: Jakarta.

Muniarty, P., Marthiana, W., Sudirjo, F., Fauzan, R., Wirakusuma, K. W., Octaviani, D. A., Della, R. H., Kurnia, A. Y., Lawi, A., Kuswandi, S., & Sanusi. (2023). Perancangan dan Pengembangan Produk. Journal of the American Chemical Society, 123(4), 10. https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4

Mustafa, F., Fani, R., Miftahuddin, M. A., Hapsari, I., Dwiyanti, R., Wibowo, U. D. A., Satata, D. B. M., & Kharismasyah, A. Y. (2024). Manajemen Pemasaran. PT Penamuda Media: Yogyakarta.

Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok “Liar”). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JUMANIS) Prodi Kewirausahaan, 2(1), 2076-2086.

Rinandiyana, L. R., Kurniawati, A., & Kurniawan, D. (2017). Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, dan Kualitas Produk (Kasus Pada Industri Pakaian Muslim di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(11), 105–113. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/319

Sagita, A., Mansur, M., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 9, 9–25.

Sari, A. S. (2022). Pengaruh Kualitas dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kue Tradisional di Kota Jambi. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 10(2), 5–6. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48932

Savitri, R. A. I., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Advertising Creativity terhadap Keunggulan Bersaing pada Bisnis Bordir Online di Tasikmalaya (Survei pada Konsumen DMK Bordir Tasikmalaya). Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(10), 3491-3494.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Center for Academic Publishing Service: Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-06-19