PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SNEAKERS NIKE DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Cesario Yusdinanto STIE Widya Wihaha Yogyakarta
  • Linawati Linawati STIE Widya Wihaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/khsqe163

Keywords:

Celebrity Endorser; Lifestyle; Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan perusahaan ini adalah untuk menentukan bagaimana pilihan Lifestyle penduduk Kota Surabaya dan Celebrity Endorser memengaruhi keputusan mereka untuk membeli sepatu Sneakers Nike. Menurut Ghozali, 110 responden dipilih menggunakan pendekatan sampel, menjadikan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Sementara itu, metode yang digunakan untuk memilih sampel untuk penelitian selanjutnya, Siswa di Surabaya yang telah membeli sepatu kets Nike secara online atau offline menjadi sampel untuk penelitian berikutnya. Data penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Pendekatan analisis PLS, yang meliputi validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis, digunakan dalam penelitian berikut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Lifestyle dan Celebrity Endorser secara signifikan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli sepatu Sneakers Nike.

 

References

Alipudin, D., Nursanta, E., & Masitoh, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Celebrity Endorser dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 212−219. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1433

Almanda, M. I., & Syahputra, S. (2015). Pengaruh Brand Personality Sepatu Nike Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom). eProceedings of Management, 2(1), 657–664.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661–672. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2224

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2014). Fashion dan gaya hidup: identitas dan komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 25–32.

Hendiaka, N. T. P., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Pada Konsumen Mahasiswi Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(4), 1–12.

Mufarihah ’Aini, T., Setyariningsih, E., & Utami, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Handbody Scarlett (Studi Kasus Pada Pengguna Handbody Scarlett Di Wilayah Mojokerto. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 2901–2916. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i11.2877

Nilammadi, W. O. M., Atinb, T., Leksonoc, B. B., Sarid, A. W., Ayu, S. B., & Safitri, D. N. (2021). Hubungan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Dan Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 1–13.

Pramaseni, C. I. E. A. (2022). Pengaruh Brand Image, Life Style dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(4), 956–967. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24

Putri, Patria, A. (2022). Perancangan Referensi Gaya Berpakaian Thrifting Melalui Feed Instagram. Jurnal Barik, 3(2), 125–137.

Sarah, S., Rachman, A., & Febrianti, T. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle, Design, dan Selebrity Endorser terhadap Purchase Intention. Jurnal Indonesia Membangun, 18(03), 60–75.

Streiner, D. L. (2003). Starting at the beginning: an introduction to coefficient alpha and internal consistency. Journal of personality assessment, 80(1), 99–103. https://doi.org/10.1207/S15327752JPA8001_18

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: PT. Alfabeta.

Vinzi, V. E., Chin, W. W., Henseler, J., & Wang, H. (2010). Partial least squares. Berlin: Springer.

Yudha, I. M. R. P. A., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(2), 438–446.

Yulia, F. H., Hidayati, N., & Dianawati, E. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Make Up Luxcrime Di Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 4005–4012.

Zahroh, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa Di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 868–874. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%25p

Downloads

Published

2025-11-04