PENGARUH E-COMMERCE DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PEKERJA DI SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15077Keywords:
E-Commerce, Gaya Hidup Hedonisme, Perilaku Konsumtif.Abstract
Pergeseran budaya belanja di Indonesia dari konvensional ke e-commerce, kenyamanan dan promosi yang ditawarkan. Penelitian menunjukkan bahwa Shopee adalah yang paling banyak dikunjungi. Tujuan dari kajian ini melihat pengaruh e-commerce dan gaya hidup hedonisme pada perilaku konsumtif. Random sampling untuk pemilihan sampel yang dilakukan pada mahasiswa pekerja pengguna e-commerce di Sidoarjo dengan melibatkan 96 responden dan peneliti melakukan pra-survei pada mahasiswa pekerja pengguna e-commerce di Sidoarjo dengan melibatkan 31 responden. Analisis data dengan metode kuantitatif dengan statistik SPSS. Temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan belanja mahasiswa melalui e-commerce pada perilaku konsumtif dipengaruhi secara signifikan. Studi ini juga meneliti hubungan penting antara perilaku konsumtif dan gaya hidup hedonisme dengan pengaruh signifikan.
References
Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672
Acep Supriatna, Aida Zahra, Amelia Putri Meilani, Khusaeni, M. F., Rahma Jamilah, Rama Wijaya Abdul Rozak, & Heni Mulyani. (2023). Penggunaan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Siswa: Antara Konsumtif Atau Pendapatan? Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 280–296. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1283
Agasi, M. D. R., & Aryani, D. N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial dengan Kontrol Diri Sebagai Moderasi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 5586–5564. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.9381
Ahdiat, A. (2024). Pengunjung e-commerce terbanyak di Indonesia Tahun 2023.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Amin, N. F. (2021). Populasi dan Sampel. In Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (Vol. 14, Issue 1).
Anggaraeni, M., & Widayati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang Info Articles. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 3(2), 43–50. http://e-journal.ivet. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 3(2), 43–50. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee
Asari, A. (2023). Konsep E-Commerce ( E-Commerce Concept ) (Issue September).
Az-Zahra, F. V., & Waluyo, B. (2023). Pengaruh E-commerce, Pendapatan, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kabupaten Bogor (Tinjauan Ekonomi Islam). Seminar Nasional Akuntansi Dan …, 3. https://prosiding.pnj.ac.id/index.php/SNAM/article/view/737%0A
Budi Utomo, S., Jamali, H., Arief, I., Saputra, M. N., & Priambodo, C. G. (2023). Analysis of The Influence of Hedonic Digital Lifestyle on Consumptive E-Shopping Behavior of Generation Z Through E-Commerce Applications. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5(3), 85–91. https://doi.org/10.60083/jsisfotek.v5i3.309
Chen, B., Wang, L., Rasool, H., & Wang, J. (2022). Research on the Impact of Marketing Strategy on Consumers’ Impulsive Purchase Behavior in Livestreaming E-commerce. Frontiers in Psychology, 13(June). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.905531
Damanik, N. S. B., & Dora, N. (2024). Impact of Hedonistic Lifestyle on Social Interaction among High School Students: A Case Study in Indonesia. 5(July), 866–882.
Durohmah, S., & Feriyanto, O. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital. 3(4).
Faradiba. (2020). Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program. SEJ (School Education Journal, 10(1), 65–73.
Faristiana, A. R. (2022). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Di Masa Pandemi. Studies, Strengthening Islamic Vol, Digital Era Ponorogo, Dakwah Iain, 2, 519–531.
Fatmawatie, N. (2022). E Commerce Dan Perilaku Konsumtif. In Naning Fatmawatie.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate (10th ed.). Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Gule, Y. (2021). Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis. Kontekstualita, 36(01), 69–88. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.36.1.69-88
Hafiza, N., Shoffah, S. N. A., & Saptini, N. (2024). E-Commerce Memicu Maraknya Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Universitas Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(1), 24. https://doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.8939
Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 94–103. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/695%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/695/266
Haristiyanti, R., Jatmiko, R. D., & Fiandari, Y. R. (2023). Purchase Intention as Mediation: SOR Model of Hedonic Lifestyle and Word of Mouth on Purchase Behavior. Business Innovation Management and Entrepreneurship Journal (BIMANTARA), 2(02), 135–148. https://doi.org/10.22219/bimantara.v2i02.29779
Hayati, H. N., Hidayati, M. D., & Aini, N. (2024). Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Hedonis Relasinya terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan E-Commerce. 3(September), 125–146.
Ismail, M. (2020). Hedonisme dan Pola Hidup Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 193. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.21
Kempa, S., Vebrian, K., & Bendjeroua, H. (2020). Sales Promotion, Hedonic Shopping Value, and Impulse Buying on Online Consumer Websites. SHS Web of Conferences, 76, 01052. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601052
Kotler, P., Kelller, L. K., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Pearson.
Kurniawan, M. Z. (2023). Manajemen Keuangan Personal. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/559514-manajemen-keuangan-personal-cc7e4351.pdf
M, I. P., & Syarif, A. (2023). E-Commerce dan Gaya Hidup ( Studi Mengenai Pengaruh Pembelian Online Terhadap Perilaku Minat Beli Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar ). 5(X).
Mahemba, U. S. A. K., & Dewi, I. J. (2024). Utilitarian and Hedonic Shopping Motives and Attitude towards Online Shopping of Generation Z in Indonesia. 5(1), 28–43.
Muzdalifah, L. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif: Sifat Konsumen dan Faktor Situasional. Greenomika, 05(1), 13–28. https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk%7C
Nasution, D., Muda, I., Sumekar, A., & Abubakar, E. (2021). Analysis of The Economic Behavior of Society E-Commerce as An Impact on The Development of The 4.0 Industrial Revolution and Society 5.0. 1–9. https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2020.2305669
Nurazijah, M., Fitriani, S. L. N., & Rustini, T. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa. Journal on Education, 5(2), 2345–2352. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.890
Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Shopee Paylater dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Ayan, 15(1), 37–48.
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
Pura, M. P., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Promotion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 204. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.752
Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198
Rania, D. (2024). 10 Daftar Produk Terlaris di Shopee. Jubelio Blog. https://jubelio.com/top-9-daftar-produk-terlaris-di-shopee-2024-paling-banyak-dicari/
Riska Anastasia Ningrum, & Afrima Widanti. (2023). Effect of Shopping Lifestyle and Sales Promotion on Impulse Buying Moderated By Openness To Experience on Shopee. International Journal of Management and Digital Business, 2(1), 14–29. https://doi.org/10.54099/ijmdb.v2i1.554
Santoso, J. T., Kom, S., & Kom, M. (2020). E-Commerce Tinjauan Manajerial dan Jejaring Sosial P Y YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK.
Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44181
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA, cv Jl.Gegerkatalong Hilir No. 84 Bandung.
Suwanan, A. F., & Allya, H. R. (2023). Investigating the Consumer Behavior of E-Commerce Product and Its Impact on Purchase Intention in Indonesia. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-178-4_27
Thamrin, H., & Achiruddin, A. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Media Komunikasi Dan Dakwah, Volume 11N, 4–14. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i01
Timung, R., Angi, Y. F., & Ga, L. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia Di Universitas Nusa Cendana. Jakra - Jurnal Akuntansi UNWIRA, 8–19.
Wibowo, E. Y., & Riskin Hidayat. (2023). Pengaruh Perilaku Keuangan, Gaya Hidup, Financial Attitude dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YPPI Rembang. Интегративно-Модульный Подход И Его Реализация В Профессионально Ориентированном Обучении Иностранных Студентов-Нефилологов. Уровни А1, А2, В1, 23, 299–305. https://doi.org/10.31862/9785426311961
Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). Fear of Missing Out Dan Hedonisme Pada Perilaku Konsumtif Millennials: Peran Mediasi Subjective Norm Dan Attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 156–175. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2887.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mellya Imro'atul Maghfiroh, Jeziano Rizkita Boyas, Nafia Ilhama Qurratu’aini, Devika Cherly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.