ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15121Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen.Abstract
Memastikan produk tetap berkualitas serta harga yang kompetitif sangat vital bagi perusahaan untuk tetap bersaing dan menguasai pasar demi mencapai kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: dampak Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di PT. XYZ, dampak Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. XYZ, dan dampak Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen PT.XYZ. Mengunakan metodologi kuantitatif untuk penelitian yang dilaksanakan. Total sampel responden adalah 30 sampel, sampel diperoleh dari beberapa pelanggan PT.XYZ yang dimasukkan untuk penelitian ini. Untuk data yang dikumpulkan dengan membuat kuesioner. Melakukan evaluasi data studi melalui teknik Regresi Linear Sederhana serta Regresi Linear Ganda. Temuan yang didapatkan, kontribusi Kualitas Produk mencapai 15,6% terhadap tingkat kepuasan pelanggan, sementara pengaruh Harga berkontribusi sebesar 21,4% terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kombinasi pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan mencapai angka 31,2%. Hasil studi yang telah dilakukan mengindikasikan adanya dampak signifikan dari Kualitas Produk dan Harga terhadap tingkat Kepuasan Konsumen di PT.XYZ.
References
Anjani,R.F. dan Siregar,S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhdap Keputuan Pembelian Produk Multivitamin ENERVON-C Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA(Manajemen,Ekonomi,danAkuntansi) 5(3).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ariska, Novi, Tri Indra Wijaksana, S. Sos, M. Si, S. Prodi, Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi, and Universitas Telkom. 2017. “Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang ( Studi Pada Konsumen Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung ) the influence of service quality and sales promotion to repurchase intention (Study on Consumer Bakso Boedjang.” 4(3):2909–15.
Chrisjunian, C., Gultom, R., & Lubis, T. W. H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indomie pada Konsumen Maximart Thamrin Plaza Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 33–43.
Darmawan, M. F., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Kopi Melati Ciputat. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 1106–1117. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.9276
De Aghna, A., Budi, S., Septiana, L., Elok, B., & Mahendra, P. (2024). Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science (Vol. 03).
Debby. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Setia Alam Berjaya. Skripsi. Universitas Buddhi Dharma Tanggerang.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.Jurnal Ilmiah MEA, 4(1): 176–188.
Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN MANAJERIAL PADA PEDAGANG PAKAIAN PUSAT PASAR KOTA MEDAN. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10
Fenny Oktaviani, Vivi Ristanti, Arif Igo (2024). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pt. Reycom printing solusi jakarta.JurnalJIMAPAS,2(1): 31-41.
Halim Gatama. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Trimitra Bangun Selaras. Skripsi. Universitas Buddhi Dharma Tanggerang.
Lase, A. Y. P. (2020). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Asus Service Center Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS),1(6): 193-199.
Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1), 49–64.
Megawati, Sri Ernawati, & Muhajirin. (2024). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN DI UKM DINA. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(3), 35–46. https://doi.org/10.69714/x30vke89
Oktaviani, F., Ristanti, V., Igo, A., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti, S. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. REYCOM PRINTING SOLUSI JAKARTA. JIMAPAS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pemasaran, 2(1), 31–41.
Paradis, W. S., Hidayat, Z., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Kualitas Produk dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa Stie Widya Gama Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(4), 171–266.
Rini, E. P., Purwati, S., & Marliah, S. (2022). JKSP-Almatama Pembelian Mie Instan Merek Indomie dengan Promosi Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Wilayah Kampung Baru RW 03 Kelurahan Sukabumi Selatan Jakarta Barat). 1(2), 121–131.
Sabila Imelda Putri, Salsa Ainurrohmah, Slamet Bambang Riono, & Muhammad Syaifulloh. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Indomie Terhadap Keputusan Pembelian Di Warmindo Jayaberkah. CiDEA Journal, 2(2), 139–159. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.1368
Siregar, S. D., & Suliantoro, H. (2019) KUALITAS LAYANAN WIFI ID DENGAN METODE SERVICE QUALITY (Studi Kasus PT Telkom Indonesia Regional 1 Sumatera). Industrial Engineering Online Journal, 7(4).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta. http://anyflip.com/xobw/rfpq/basic
Supu, L.P.,et al. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, dan Kulitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Smartphone Samsung di Kota Medan. Jurnal EMBA, 9(3).
Suparno dan Hermianti, N.F. (2021). Pengaruh Kulaitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu,15(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Indrawati, Yanuar Pandu Negoro, Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

