BRAND IMAGE SEBAGAI FAKTOR PEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK EIGER DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Krisna Heda Maharessy Universitas Dian Nuswantoro
  • Ida Farida Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15140

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengevaluasi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai varaibel mediasi. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif explanatory survey, dengan menyebarkan kuesioer sebagai teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan menggunakan rumus Hair dengan jumlah sampel 120 responden, termasuk konsumen yang pernah membeli produk Eiger di Kota Semarang. Teknik analisis data yang diterapkan yaitu sofware Smart PLS 4. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, harga tidak berpengaruh terhadap brand image, brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta brand image dapat memediasi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

References

Aditya, G., Ristanto, H., & Catur, C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(1), 58–71. https://doi.org/10.54066/jbe.v6i1.99

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2019). Pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Anugrah, L. (2023). Pengaruh Kualitas Produk da Harga Dimediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare di Shopee (Studi Pada Konsumen Merk The Originote di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2(1).

Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(1), 18–32.

Cahayani, C. O., & Sutar, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Aldo Shoes. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 208–222. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.128

Cahyani, N. L., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Makanan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rm. Rindang 84 (Studi Pada Konsumen Rm. Rindang 84 Cabang Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 329–334. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28102

Cahyono, E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek OPPO di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(1), 61–75.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fuadi, S., Wijayanti, E., & Suyadi. (2022). Pengearuh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Pada Pt.Telkom Metro. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 144–157. https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.30

Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Hasniati, H., Indriasar, D. P., & Sirajuddin, A. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Management and Accounting Research Statistics, 1(2), 11–23. https://doi.org/10.59583/mars.v1i2.10

Islamiah, F., Rusmiati, & Adawiah, R. (2023). Peran citra merek sebagai mediasi pada pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 25(3), 472–479.

Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795

Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Brandambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(3), 197–215. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15579

Laila, D., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Produk Sepatu Merek Converse). AT-TAWASSUTH:Jurnal Ekonomi Islam, Volume, 33(1), 118–134.

Lestari, V. (2022). Pengaruh Product Quality, Costumer Experience Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Pada Produk Eiger Di Kebumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(4). http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/1010/

Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. Journal Management, Business, and Accounting, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Nanggala, A., Intan Orivia, A., Cantika, J., & Suyatno, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dan Persepsi HargaTerhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 611–620.

Noviana, Qoyyimah, & Lestari, U. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Eiger di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–27.

Novizal, G., & Rizal, A. (2020). Pengaruh Product Knowledge Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling Di Dealer Wuling Semarang). Proceeding SENDI_U, 634–636. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8047

Pasaribu, V. T., Yamani, A. Z., & Romadlon, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Shopping Lifestyle, dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Eiger). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1133. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.709

Pratama, Fariza Shegi Maskur, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Life Style terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Konsumen Pengguna Produk Eiger di Kota Semarang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 4162–4169. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.1566

Prihanto, E., Rodhiyah, & Ngatno. (2022). Pengaruh Atribut Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Merek Eiger di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro J, 1(4).

Putra, A. G. A. R., & Aksari, N. M. A. (2020). PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH HARGA TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Produk Iphone Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6591. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p08

Putra, I. G. B. S., & Abiyoga, N. L. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 343–351.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849

Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298

Setiadi, I. G. N. B. H. I. M., & Ekawati, N. W. (2019). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7102–7131.

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Wiranto, H., & Amron, A. (2024). Peran media sosial, citra merek, dan persepsi harga dalam meningkatkan minat beli Konsumen Produk Eiger di Kota Semarang. Journal of Management and Digital Business, 4(2), 326–337. https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i2.1018

Wowor, C. hristania A. ., Lumanuw, B., & Ogi, I. W. . (2021). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA Vol. 9 No.3 Juli 2021, 9(3), 1058–1068.

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425

Downloads

Published

2025-07-02