PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP IT AR-ROZAQ

Authors

  • Suci Aulia Universitas Labuhan Batu
  • Rizki Syahputra Universitas Labuhan Batu
  • Yona Melia Universitas Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15222

Keywords:

Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengetahui dan menganalisa pengaruh motivasi dan disiplin kerja dengan kinerja guru di SMP IT Ar-Rozaq. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, bahwa terdapat jumlah Guru di SMP IT Ar-Rozaq yaitu sebanyak 32 orang. Dengan jumlah populasi yang relatif kecil (32 orang), ini adalah pendekatan yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang representatif. Jadi sampel yang diambil adalah 32 orang Guru di SMP IT Ar-Rozaq. Penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner skala likert sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik seperti uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas data. Uji koefisien determinasi, uji parsial (t), dan simultan (F) digunakan untuk menguji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja guru di SMP IT Ar-Rozaq. Disiplin kerja dengan parsial memberi pengaruh signifikan dan positif pada kinerja guru di SMP IT Ar-Rozaq. Motivasi dan disiplin kerja dengan simultan memberi pengaruh pada kinerja guru di SMP IT Ar-Rozaq.

References

Alfaiz, B. Y. (2024). Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Madrasah. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 8(1), 10-20.

Billah, R. I. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 2 Binjai. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 1023-1032.

Duryat, M. (2024). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Guru di Sekolah Menengah Pertama Al Washliyah Cirebon. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01).

Fatmaningrum, S. R., & Supriyoko, S. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Kedisiplinan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Kabupaten Kulon Progo. Media Manajemen Pendidikan, 6(3), 500-512.

Fredityas, M. I., & Nurhidayati, A. (2025). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Yayasan Pendidikan An Nawawiyyah Tasikagung Rembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 104-119.

Hanafiah, H., & Fatkhulloh, F. K. (2023). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Di SD Islam Terpadu Anni’mah. MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 4(01), 13-20.

Irfiana, F., & Siswanto, R. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Academy of Education Journal, 15(1), 902-915.

Mariam, N. S., & Nurachadijat, K. (2023). Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 10-25.

Mustikawati, E. (2021). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Disiplin Kehadiran Guru Mengajar Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SMP Negeri 2 Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 46-51.

Riski, D., Idris, J., & Marwan, M. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Hijri, 13(1), 71-83.

Riyadi, A. M., Senoaji, F., Wardhana, A., & Novita, D. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 5 Surabaya. PROCEEDING UMSURABAYA.

Riyadi, S. (2022). Peran Motivasi Kerja, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jejak Pustaka.

Sari, I. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 3 Sampit. Surplus: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 315-324.

Srisiska, S., Ahyani, N., & Missriani, M. (2021). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1456-1465.

Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Available at SSRN 3864629.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160-166.

Vebriani, N., & Utomo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 32-38.

Yandra, R. (2023). Kualitas Kinerja Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berkaitan Dengan Mutu Pendidikan di SD Negeri Perumnas 5 Kota Tangerang. Jurnal Riset Manajemen dan Teknologi Pendidikan Indonesia, 1(1), 31-40.

Yuliana, R., Syaodih, C., & Sulastini, R. (2023). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kinerja Guru. Journal on Education, 5(2), 3028-3035.

Downloads

Published

2025-06-09