PENGARUH REVIEW, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP

Authors

  • Listen Faana Universitas Prima Indonesia
  • Maisara Batubara Universitas Prima Indonesia
  • Nayla Novita Rianni Universitas Prima Indonesia
  • Yeyen Devani Sitanggang Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15231

Keywords:

Review, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian TikTok Shop

Abstract

Seiring berkembang nya jaman teknologi dan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam melakukan pembelian salah satunya hadirnya platform ekonomi tiktokshop. Salah satunya, produk terlaris di TikTok Shop adalah Skincare Skintific. Skintific berhasil menduduki posisi pertama pada tahun 2024 di antara produk skincare lain. Keberhasilan Skintific ini di dukung dengan banyaknya Review yang positif serta memberikan promosi dengan harga yang spesial dan terjangkau oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Review, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di TikTok Shop. Metode analisis data menggunakan uji F dan uji T untuk mengetahui hubungan dan signifikansi masing-masing variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa Review memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan nilai Uji F sebesar 0,749 > 0,662 sehingga hipotesis pertama (H1) diterima. Pada variabel Promosi, hasil menunjukkan nilai Uji F sebesar 0,749 > 0,662 sehingga hipotesis kedua (H2) diterima. Sementara itu, Harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai Uji F sebesar 0,749 > 0,662, sehingga hipotesis ketiga (H3) ditolak. Secara simultan, variabel Review, Promosi, dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai R-square sebesar 0,872. Penelitian ini menunjukkan bahwa ulasan positif dan promosi menarik merupakan faktor dominan dalam mendorong keputusan pembelian, sedangkan harga tidak menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih produk Skintific di TikTok Shop.

References

Agesti, et al. (2021). Indikator ulasan dan dampaknya terhadap keputusan pembelian.

Bahri, S. (2018). Koefisien Determinasi. Jakarta: Penerbit Ilmiah.

Bashu Swastha. Dalam Nasution, et al. (2020). Harga dan Pengaruhnya dalam Keputusan Konsumen.

Cahyaningtyas, et al. (2021). Ulasan Sebagai Media Pengaruh dalam Pembelian Konsumen.

Creswell, J. W. (2020). Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Yogyakarta: Andi Publisher.

Duncan, T. (2021). Proses Komunikasi dalam Promosi. Jakarta: Pustaka Gramedia.

Duli, J. (2019). Analisis Regresi Linear Berganda. Surabaya: Penerbit Sains dan Teknologi.

Ghozali, I. (2021). Pengujian Hipotesis Statistik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hardani, et al. (2020). Pengukuran dan Uji Reliabilitas Data. Malang: Penerbit Ekonomika.

Indrasari, T. (2019). Keputusan Pembelian dan Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Mandiri.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2019). Harga dan Promosi Produk. Yogyakarta: Andi.

Kumar, et al. (2020). Pengaruh Review Terhadap Perilaku Konsumen.

Kurniawan, D., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Statistika dan Pengujian Hipotesis. Jakarta: Penerbit Statistik.

Li, & Wang. (2020). Jenis dan Dampak Ulasan Terhadap Kepercayaan Konsumen.

Mardia, et al. (2021). Peran Harga dalam Keputusan Konsumen. Malang: Ilmu Manajemen.

Napitulu, et al. (2021). Promosi dan Hubungannya dengan Keputusan Konsumen.

Purnomo, B. (2017). Pengujian Asumsi Klasik pada Model Regresi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Riyatno, & Hatmawan. (2020). Teknik Analisis Data Statistik. Bandung: Wahana Cendekia.

Santoso, I. (2021). Validitas Alat Ukur Kuesioner Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Sugiyono. (2020). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penentuan Sampel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sitorus, D., & Batubara, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Lazada pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNPRI Medan. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1581–1592.

Tjiptono, F. (2021). Manajemen Pemasaran dan Keputusan Konsumen. Yogyakarta: Andi Publisher.

Downloads

Published

2025-05-09