PENGEMBANGAN STRATEGI NET-ZERO UNTUK UMKM FESYEN MENGGUNAKAN SBTi: STUDI KASUS TORAJAMELO

Authors

  • Loecky Harvianto Institut Teknologi Bandung
  • Melia Famiola Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/2mfhrk04

Keywords:

Strategi net-zero, fesyen berkelanjutan, dekarbonisasi UMKM, mitigasi perubahan iklim, SBTi.

Abstract

Industri fesyen menyumbang sekitar 2–8% dari total emisi gas rumah kaca (GRK) global, sehingga mendorong tekanan yang semakin besar untuk melakukan dekarbonisasi di seluruh rantai nilainya. Meskipun perusahaan multinasional secara progresif mulai menyesuaikan diri dengan target net-zero dan inisiatif Science-Based Targets (SBTi), usaha kecil dan menengah (UMKM) umumnya menghadapi tantangan besar dalam menerjemahkan kerangka kerja tersebut ke dalam strategi praktis yang dapat diimplementasikan. Studi ini mengeksplorasi bagaimana TORAJAMELO—sebuah usaha fesyen asal Indonesia—dapat mengembangkan peta jalan dekarbonisasi yang kredibel, sejalan dengan sains, serta ambisius namun tetap realistis secara operasional. Studi ini dimulai dengan menghitung dan menetapkan baseline emisi GRK TORAJAMELO tahun 2024 menggunakan acuan pedoman Greenhouse Gas Protocol, yang menghasilkan total emisi sebesar 19,04 tCO₂e. Mayoritas emisi berasal dari pengunaan Listrik (Scope 2) sebesar 63%, diikuti oleh emisi Scope 3 yang berasal dari perjalanan bisnis, pembelian barang dan jasam transportasi hulu dan hilir, hingga perjalanan karyawan. Berdasarkan pendekatan Absolute Contraction dari SBTi, TORAJAMELO diproyeksikan untuk mengurangi emisi scope 2 sebesar 58,8% pada tahun 2034 dan 90% pada tahun 2050 agar selaras dengan target iklim 1,5oC. Sebanyak dua puluh strategi mitigasi berhasil diidentifikasi dan membentuk peta jalan Net-Zero untuk TORAJAMELO. Studi ini menunjukkan bahwa UMKM speerti TORAJAMELO dapat mengadopsi target iklim berbasis sains and membuat strategi mitigasi yang dapat dicapai pada tahun 2050. Peta jalan Net-zero ini memberikan fondasi yang realistis dan strategis untuk aksi iklim jangka panjang yang selaras dengan kapasitas operasional dan tujuan keberlanjutan perusahaan.

 

References

Aldy, J. E., & Zeckhauser, R. (2020). Three prongs for prudent climate policy. Southern Economic Journal, 87(1), 3–29.

Cachon, G. P., & Swinney, R. (2011). The value of fast fashion: Quick response, enhanced design, and strategic consumer behavior. Management Science, 57(4), 778–795.

Claudio, L. (2007). Waste couture: Environmental impact of the clothing industry. Environmental Health Perspectives, 115(9).

Fletcher, K., & Tham, M. (2019). Earth Logic Fashion Action Research Plan. JJ Charitable Trust.

Gwozdz, W., Nielsen, K. S., & Müller, T. (2017). An Environmental Perspective on Clothing Consumption: Consumer Segments and Their Behavioral Patterns. Sustainability 2017, Vol. 9, Page 762, 9(5), 762.

Henninger, C. E., Ryding, D., Alevizou, P. J., & Goworek, H. (2017). Sustainability in Fashion: A Cradle to Upcycle Approach. Sustainability in Fashion: A Cradle to Upcycle Approach, 1–270.

IPCC. (2022a). Climate Change 2022 Impacts, Adaptation and Vulnerability.

IPCC. (2022b). Climate Change 2022 Mitigation of Climate Change.

Jung, S., & Jin, B. (2016). Sustainable Development of Slow Fashion Businesses: Customer Value Approach. Sustainability 2016, Vol. 8, Page 540, 8(6), 540.

Larissa, T., & Titisari, B. (2023). Traditional Aspects in Sustainable Fashion Practice. Journal of Creative Industry and Sustainable Culture, 144–161.

Niinimäki, K., Peters, G., Dahlbo, H., Perry, P., Rissanen, T., & Gwilt, A. (2020). The environmental price of fast fashion. Nature Reviews Earth and Environment, 1(4), 189–200.

Richardson, K., Steffen, W., Lucht, W., Bendtsen, J., Cornell, S. E., Donges, J. F., Drüke, M., Fetzer, I., Bala, G., von Bloh, W., Feulner, G., Fiedler, S., Gerten, D., Gleeson, T., Hofmann, M., Huiskamp, W., Kummu, M., Mohan, C., Nogués-Bravo, D., … Rockström, J. (2023). Earth beyond six of nine planetary boundaries. Science Advances, 9(37).

Sadowski, M., Perkins, L., & McGarvey, E. (2021). Roadmap to Net Zero: Delivering Science-Based Targets in the Apparel Sector.

Sadowski, M., Yan, C., Cummis, C., & Aden, N. (2019). Apparel and Footwear Sector Science-Based Targets Guidance.

SBTi. (2024). SBTi CORPORATE NET-ZERO STANDARD CRITERIA Version 1.2 (1.2).

Shen, B. (2014). Sustainable Fashion Supply Chain: Lessons from H&M. Sustainability 2014, Vol. 6, Pages 6236-6249, 6(9), 6236–6249.

Steffen, W., Richardson, K., Rockström, J., Cornell, S. E., Fetzer, I., Bennett, E. M., Biggs, R., Carpenter, S. R., De Vries, W., De Wit, C. A., Folke, C., Gerten, D., Heinke, J., Mace, G. M., Persson, L. M., Ramanathan, V., Reyers, B., & Sörlin, S. (2015). Planetary boundaries: Guiding human development on a changing planet. Science, 347(6223).

TORAJAMELO. (2025). TORAJAMELO - Weaving stories of Indonesia.

Turner, D. A., Williams, I. D., & Kemp, S. (2015). Greenhouse gas emission factors for recycling of source-segregated waste materials. Resources, Conservation and Recycling, 105, 186–197.

UNEP. (2023). Sustainability and Circularity in the Textile Value Chain.

UNFCCC. (2016). Opportunities and options for enhancing adaptation actions and supporting their implementation: reducing vulnerability and mainstreaming adaptation.

UNFCCC. (2023). Fashion Industry Charter for Climate Action Aggregate Report of the Transition Plans 2023. https://unfccc.int

WRI, & WBCSD. (2004). GHG Protocol A Corporate Accounting and Reporting Standard.

Downloads

Published

2025-11-11