PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA

Authors

  • Salma Azalea Zahra Universitas Mercubuana Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Wulandari Universitas Mercubuana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15285

Keywords:

Tanggung jawab sosial, Nilai perusahaan, Tingkat profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam hubungan antara tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dan nilai perusahaan, serta mengeksplorasi peran profitabilitas sebagai variabel moderasi dalam konteks Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia selama periode 2020–2022. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data panel yang diperoleh dari 11 BPD yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh negatif namun signifikan terhadap nilai perusahaan, yang mengindikasikan bahwa pelaksanaan program CSR tidak selalu memberikan dampak positif secara langsung terhadap peningkatan nilai perusahaan, khususnya dalam konteks perbankan daerah. Di sisi lain, profitabilitas sebagai variabel moderasi justru memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam memperkuat hubungan antara CSR dan nilai perusahaan, yang berarti bahwa perusahaan dengan tingkat keuntungan yang tinggi cenderung mampu memaksimalkan dampak positif CSR terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen perusahaan, bahwa dalam menyusun dan menerapkan strategi CSR, perlu juga mempertimbangkan kondisi keuangan perusahaan, terutama profitabilitas, agar program CSR dapat memberikan kontribusi optimal terhadap peningkatan nilai perusahaan, khususnya di sektor perbankan daerah yang memiliki karakteristik dan tantangan tersendiri.

References

Agus, Sartono. (2010). “Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi”. Edisi 4. Yogyakarta : BPFE.

Agus, Sartono. (2016). “Manajemen Keuangan: Teori dan APlikasi”. Edisi Keempat. Yogyakarta : BPFE

Astuti, K. D., Safi’i, R., & Nofianti, N. (2020). Determinan Nilai Perusahaan DiIndustri Property, Real Estate, Dan Konstruksi. JIAFE,6(1), 93–106.

Astuti, T. N., Mursalim, M., & Kalsum, U. (2020). Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(4), 607-618.

Christi, C. Y., Suganda, T. R., & Cahyadi, R. T. (2025). The Moderating Role of Profitability in the CSR-Firm Value Relationship : Evidence from Indonesia.

Dahlia, A., Hadiwibowo, I., & Azis, M. T. (2024). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga THE Influence Of Green Accounting , Corporate Social Responsibility And Profitability On Firm Value. 34(2), 268–283. https://doi.org/10.20473/jeba.V34I22024.268-28

Firda, Y., & Efriadi, A. R. (2020). Pengaruh CSR Disclosure, Firm Size, dan Leverage Terhadap Nilai perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Moderasi Perusahaan Pertambangan di BEI. Indonesian Journal of Economics Application (IJEA), 2(1), 34-43.

Ghani, Muhammad Abdul. (2016). Model CSR Berbasis Komunitas-Intregasi Penerapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Korporasi. Bogor: IPB Press, 2016, 69.

Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Governance, 3(2), 153-165.

Ni Kadek dan Luh Gede. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Moderasi, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.8 (2018): 1997-2026

Nurhayati, dkk, (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai perusahaan Dengan Menggunakan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdatar di BEI Periode Tahun 2016-2018), J-IHBIZ : Global

Primady, G.R., & Wahyudi, S. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Diponegoro Journal of Management. Vol 0, pp. 634-648

Puspaningrum, Y. (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai perusahaan dengan Proffitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Profita, 2(2).

Putri, K.A., Aditya, E. M., & Nurdhiana, N. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan yang Terdatar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Aset, 21(2), 107-114.

Rustiarini, N. (2010). Pengaruh Corporate Governanec pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol 6 No.1

Sugiyono. (2010). Metode Studi Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfafbeta. Bandung

Syamsudin, S., & Wardani, B. K. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). The National Conference on Management andBusiness (NCMAB) 2018.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Analisis Invvestasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama. BPFE : Yogyakarta.

Tenriwaru, T., & Nasaruddin, F. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Ajar, 3(01), 68-87

Utami, E. S., & Wulandari, I. (2021). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. JRAMB, 7(2), 206-211.

Wahyuandari, Wenni. (2015). Pengaruh Tingkat Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 2 No. 2 Tahun 2015.

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 109-117.

Wijaya, H., Tania, D., & Cahyadi, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, 8(2), 109-121.

Wulandari, Catur. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi. Surabaya

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017).Peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan(Doctoral dissertation, Udayana University).

Zubaidi, Latief. (2018). Manajemen Keuangan Perusahaan:Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Downloads

Published

2025-05-18