USULAN STRATEGI BISNIS UNTUK PENINGKATAN PANGSA PASAR: STUDI KASUS PT JASAMARGA TOLLROAD OPERATOR

Authors

  • Ricky Abdurrasyid Shiddiq Institut Teknologi Bandung
  • Novika Candra Astuti Institut Teknologi Bandung1
  • Satya Aditya Wibowo Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15373

Keywords:

Strategi Bisnis, Jalan Tol, Tol, Efisiensi, Cost Leadership, Pangsa Pasar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kualitatif

Abstract

PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) merupakan perusahaan operator jalan tol terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 49%, namun pangsa pasar tersebut tidak mengalami penambahan yang signifikan dan cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya Ruas Jalan Tol yang beroperasi. Bisnis yang dijalankan oleh perushaan adalah Business to Business (B2B) yang menjadikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai konsumennya. Perusahaan ini mengoperasikan Ruas Jalan Tol milik BUJT untuk melayani pengguna jalan dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang menjadi kewajiban dari BUJT terhadap Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal dengan metode kualitatif yang berkaitan perusahaan untuk kemudian dirumuskan alternatif strategi bisnis yang dapat membuat perusahaan untuk lebih ekspansif, adaptif dan kompetitif. Data dan informasi yang berkaitan dengan faktor internal didapat melalui in-dept-interview Jajaran Direksi, Komisaris dan Management dari Perusahaan. Data dan Informasi yang berkaitan dengan faktor eksternal didapat melalui konsumen yang merupakan perwakilan dari BUJT, Pesaing Langsung dari Perusahaan dan kondisi pasar dari Jalan Tol di Indonesia. Data dan informasi tersebut kemudian dipetakan dan diolah melalui beberapa kerangka kerja yaitu: 7S dari McKinsey, Segmentasi, Target dan Positioning (STP), Marketing Mix (7P), PESTEL, Porter Five Forces, VRIO, SWOT dan TOWS Analysis. Kompetitor yang sangat ekspansif serta agresif ditambah tantangan dari kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan Multi Lane Free Flow di Jalan Tol dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2024 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2025 sebesar 6,5%, membuat perusahaan harus melakukan penyesuaian strategi bisnis, struktur organisasi serta pemasaran untuk keberlangsungan bisnis yang kompetitif, memilki daya saing dan peningkatan pangsa pasar kedepan.

References

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). (2020). STRATEGI NASIONAL KECERDASAN ARTIFISIAL INDONESIA. Jakarta: BPPT.

Baitul Kh, A. S., Cantika Sari, D. A., & Rangga, F. N. (2024). Modernisasi Melalui Pembangunan Menuju Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial dan HumanioraVol.2, No.3, 65-75.

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage . Journal of Management, 99-120.

Bhakti, D. P. (2014, November 17). ndonesia’s Toll-Road Infrastructure Finance Jasa Marga and Its corporatization. Indonesian Infrastructure Finance, p. 17.

BPS-Statistics Indonesia. (2024). Statistical Yearbook of Indonesia in Infographics. BPS-Statistics Indonesia.

BPS-Statistics Indonesia. (2025). Statistical Yearbook of Indonesia 2025. BPS-Statistics Indonesia.

Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approches. California: SAGE Publication, Inc.

de Sousa, G. C., & Castaneda-Ayarza, J. A. (2022). PESTEL analysis and the macro-environmental factors that influence the development of the electric and hybrid vehicles industry in Brazil. Case Studies on Transport Policy, 686-699.

DVORAK, J., & RAZOVA, I. (2018). EMPIRICAL VALIDATION OF BLUE OCEAN STRATEGY SUSTAINABILITY IN AN INTERNATIONAL ENVIRONMENT. Foundation of Management.

Ghazinoory, S., Mansoureh, A., & Azadegan-Mehr, M. (2009). SWOT METHODOLOGY: A STATE-OF-THE-ART REVIEW FOR THE PAST, A FRAMEWORK FOR THE FUTURE. Business Economics and Management, 24-48.

Hashim, N., & Hamzah, M. I. (2014). 7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155-159.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2020). Strategic Management Competitiveness & Globalization Concept & Cases. Boston: Cengage Learning, Inc.

IESR. (2023). Indonesia Electric Vehicle Outlook 2023. Jakarta: Institute for Essential Services Reform (IESR.

Jasa-Marga. (2023). Annual Report 2023: Emphasizing Business Continuity, Increasing Competitiveness. Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Jasa-Marga. (2024). Annual Report 2023: Emphasizing Business Continuity, Increasing Competitiveness. Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

JMTO. (2024). Annual Report 2023: Optimization of Digital Technology for the Improvement of Business Productivity and Continuity. Jakarta: JMTO.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2004). Blue Ocean Strategy. Harvard Business Review, 76-84.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2005). Blue Ocean Strategy: From Theory to Practice. California Management Review, 105-121.

KIM, W. C., & Mauborgne, R. (2005). Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make The Competition Irrelevant. Boston: Harvard Business School.

Kotler, P., Armstrong, G., & Oprensik, M. O. (2018). Principles of Marketing Seventeenth Edition . Global Edition: Pearson.

Lizarelli , F. L., Osiro, L., Ganga, G. M., & Mendes , G. H. (2021). Integration of SERVQUAL, Analytical Kano, and QFD using fuzzy approaches to support improvement decisions in an entrepreneurial education service. Applied Soft Computing, 112.

Martilla, J. A., & James, C. J. (1977). Importance-Performance Analysis An easily-applied technique for measuring attribute importance and performance can further the development of effective marketing programs. Journal of Marketing, 77.

McKinsey. (2008, March 1). https://www.mckinsey.com/. Retrieved from McKinsey & Company: https://www.mckinsey.com/capabilities/strategy-and-corporate-finance/our-insights/enduring-ideas-the-7-s-framework#

Ministry of Energy and Mineral Resource. (2023). STRATEGI TRANSISI ENERGI INDONESIA MENUJU NET ZERO INDONESIA. The Indonesia Energy Transition Dialogue (IETD) 2023. Jakarta.

NTRA. (2024). Annual Report National Toll Road Authority 2023: Improving Quality of Connectivity Via Toll Road. Jakarta: PUPR Ministry.

Osterwalder , A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Paksoy, T., Gunduz, M. A., & Demir, S. (2023). Overall competitiveness efficiency: A quantitative approach to the five forces model. Computers & Industrial Engineering, 182.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal Of Retailling, 1.

Porter, M. E. (1980). COMPETITIVE STRATEGY Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.

Porter, M. E. (1980). Industry structure and competitive strategy: Keys to profitability. Financial Analysts Journal,, 36(4), 30–41 https://doi.org/10.2469/faj.v36.n4.30.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.

Sahid, Y., Gunasekaran, A., & Mavondo, F. T. (1999). Relationship between generic strategies, competitive advantage and organizational performance: an empirical analysis b Department of Marketing, Monash University, Churchill, Vic. 3842, Australia Department of Management, University of Massachusetts, North. Technovation, 507-518.

Sliber, K. H., Foshay, W. R., Watkins, R., Leigh, D., Moseley, J. L., & Dessinger, J. C. (2010). Handbook of Improving Performance in the Workplace, Volume Two. International Society for Performance Improvement.

Weihrich, H. (1982). Long Range Planning. The TOWS Matrix A Tool for Situational Analysis, 54-55.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2023). Services Marketing - Manusia Teknologi Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-06-23