MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN DI KELOMPOK B TK KARTIKA II-3 PALEMBANG

Authors

  • Iin Yunda Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Windi Dwi Andika Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15420

Keywords:

Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Membatik Jumputan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan batik jumputan di TK Kartika II-3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart, dilaksanakan dalam dua siklus: siklus I (4 pertemuan) dan siklus II (3 pertemuan). Subjek penelitian adalah 19 anak dari kelompok BI. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan batik jumputan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil penilaian pada siklus I dan II. Pada akhir siklus II, anak yang masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH) mencapai 73,34%, sementara yang berkembang sangat baik (BSB) mencapai 97,63%. Kegiatan batik jumputan terbukti efektif dalam mendorong perkembangan keterampilan motorik halus anak, terlihat dari peningkatan kemampuan anak selama proses kegiatan berlangsung.

References

Almi, P., & Yeni, I. (2022). Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.249

Aulina, C. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Usap Abur Kelompok A di TK ‘ Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag. 5(4), 5119–5127.

Asiva Noor Rachmayani. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK PERTIWI MAYANG. 6.

Bili, F. G., Haingu, R. M., Marlince, M., Dedo, T., & Vivi, K. (2024). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Tk St. Arnoldus Janssen Desa Ramadana Melalui Kegiatan Mozaik Pola Rumah Adat Sumba. 5(2), 3035–3041.

Cendekia, J. K., Margaritiviera, M., Khotimah, N., & Widayati, S. (2022). Jurnal Kumara Cendekia TERHADAP KREATIVITAS ANAK mencapai perkembangan optimal . Stimulasi adalah rangsangan yang mendorong. 12(3), 235–247.

Dzariyah, A., & Rocmah, L. I. (2024). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707

I, D. D. P., Harianja, A. F., Rosmina, E., Silaen, U., Dewi, C. N., Masthura, A., & Nurhafni, A. (2024). Pembuatan Batik Jumputan ( Pembaju ) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. 1–5.

Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2022). Kegiatan Membatik Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92–105. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043

Ismail, R. S. N. (2020). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK KELOMPOK A1 DI RA SYIHABUDDIN KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 9.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 137 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37.

Khadijah, Huda, N., & Turtati, A. (2022). Bentuk bentuk stimulasi dalam perkembangan motorik anak usia dini di RA Hidayatul Ilmi Desa Kolam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1–5. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 459–465. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569

Lim, D. S., D. (2022). Motorik halus anak Usia dini. Titutional Environment and Entrepreneurial Cognitions: A Comparative Business Systems Perspective. Entrepreneurship Theory and Practice., 564, 1–73.

Nafsia, A., Juita, A. K., & Ngura, E. T. (2024). Labirin Bebulonga dalam Peningkatan Aspek Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun. 5(2), 614–623. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.936

Panti, W. A., Bakti, A., & Palembang, M. (2024). Pelatihan teknik pembuatan jumputan pada media. 09(September).

Pipit Muliyah dkk. (2022). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN SENI MEMBATIK JUMPUTAN DI RA NURUL IMAN REJO AGUNG PESAWARAN. Journal GEEJ, 7(2).

Ratna Dwi, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Perkembangan..., Ratna Dwi Kumalasari, FKIP UMP, 2014. 7–21.

Reswari, A., Lestariningrum, A., Iftitah, S. L., & Pangastuti, R. (2022). Perkembangan fisik dan motorik anak. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). https://www.mendeley.com/catalogue/120581bb-b3dd-3dec-9f7c-3c1a41a27e6b/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B1a95ff22-ec10-40f4-9c87-1d95902690ab%7D

Setiari, N. M. A., Suyanta, W., Suryawan, W. I. G., & Hikmah, N. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak dengan Aktivitas Kolase Daun Kering. RAJULA Jounal of Early Childhood Education Studies, 1. https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/rajula%0APengembangan

Surahmi Surahmi. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce dengan Media Kalender Bekas Anak Kelompok A TK Negeri Gayamsari Kota Semarang Semester II Tahun Ajaran 2022 / 2023. Simpati, 1(4), 166–175. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.470

Sujiono, Bambang. Metode Pengembangan Fisik. Univetsitas Terbuka, 2020.

Ulfa, A. (2021). PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI KEGIATAN.

Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Waskita, D.T.,Syach.A., R. (2021). MELALUI KEGIATAN MENJAHIT POLA BAJU DENGAN TALI SEPATU DI KELOMPOK B PAUD MAWAR 8 PURWASARI dengan asfek defernsial bentuk atau fungsi termasuk perubahan sosial emosional . Proses. 2(2), 209–220.

Wirastuti, S. A. (2022). Paya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Tk Aisyiyah Slahung. Paya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Tk Aisyiyah Slahung, 6–21.

Yuliana, Ramli, S., & Hajeni. (2024). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 76–87.

Zumaroh, N., Purwadi, P., & Karmila, M. (2023). Analisis kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat batik jumputan dari tisu. Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan, 1–10.

Downloads

Published

2025-05-24