UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POHON ANGKA DI KELOMPOK A TK KARTIKA II.3 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15421Keywords:
Kemampuan Berhitung Permulaan, Media Pohon AngkaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5–6 tahun melalui media pohon angka di TK Kartika II-3 Palembang dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tujuh pertemuan. Subjek penelitian adalah 19 anak kelompok BII, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berhitung anak, di mana 72,56% anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 97,3% berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), sehingga membuktikan bahwa media pohon angka efektif dalam membantu perkembangan berhitung anak.
References
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116
Arikunto,S.(2020). ProsedurPenelitianSuatu PendekatanPraktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.
Hadiyanti, M. D. (2022). Peningkatan kemampuan berhitung permulaananak usia 5-6 tahun melalui sempoa planel berhitung. https://repository.uinjkt.ac.id/
Khadijah, K., Saragih, N. A., & Nasution, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala. Jurnal Raudhah, 12(1), 33. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472
Maria Lily, N., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296–308. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.214
Mau, M. L., Arya Oka, G. P., & Meka, M. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 644–653. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1125
Oktarina, L. (2022). Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati. 1–60.
Sesmita, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka Di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Dharmas Education Journal, 3(2), 200–210. http://www.nber.org/papers/w16019
Suriana, E. (2020). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkn Dharma Wanita Teunom Aceh Jaya. Skripsi, 14–15. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15295/1/Eli Suriana%2C 150210009%2C FTK%2C PIAUD%2C 085296101893.pdf
Trisnani, N., Pd, M., & Pd, M. (2003). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG Laila Novita Sari. 111–120.
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
Hartati Rismauli, N. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ` ۡ¸ ل ق ل ٱ ۡ¸ ب م ل ع ي ۡ¸ ل ۡ’ ۡ´ ٱ ۡ¸ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Hartini, D. S. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Gerak dan Lagu. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 122–130. https://ejournal- leader.com/index.php/pakar/article/view/55%0Ahttps://ejournal- leader.com/index.php/pakar/article/download/55/16
HASANAH, U., & FAJRI, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al- Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Maratusyolihat, & Syukri, M. (2022). Bermain Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sapphire: Journal of Early Childhood Education Hh
, 1(1), 25–30.
MELELO, S. S. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 5(2), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Mudiyarsih, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.521
Nae, M. E., Ngura, E. T., & Meka, M. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Kober St. Rafael Waruwaja Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(3), 408–421. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index%0AVolume
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-Hadiyanti, M. D. (2022). Peningkatan kemampuan berhitung permulaananak usia 5-6 tahun melalui sempoa planel berhitung. https://repository.uinjkt.ac.id/
Khadijah, K., Saragih, N. A., & Nasution, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala. Jurnal Raudhah, 12(1), 33. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472
Maria Lily, N., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296–308. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.214
Mau, M. L., Arya Oka, G. P., & Meka, M. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 644–653. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1125
Oktarina, L. (2022). Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati. 1–60.
Sesmita, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka Di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Dharmas Education Journal, 3(2), 200–210. http://www.nber.org/papers/w16019
Suriana, E. (2020). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkn Dharma Wanita Teunom Aceh Jaya. Skripsi, 14–15. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15295/1/Eli Suriana%2C 150210009%2C FTK%2C PIAUD%2C 085296101893.pdf
Trisnani, N., Pd, M., & Pd, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG Laila Novita Sari. 111–120.
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Putri, T., Idawati, S., & Munawaroh, H. (2023). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik anak usia dini. Al-Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 92– 108.
Sansena, M. A. (2022). Penerapan Proses Belajar Matematika Sesuai Dengan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Kependidikan, 6(4), 39–46.
Selvi jantrika, S., & Marlina, S. (2021). Dampak Pembelajaran Saat Pandemi Dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Anak Di Tk Negeri Pembina 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1236
Sutrisno, A. (2021). Pentingnya pendidikan anak di usia dini. Jurnal UMJ, 1–4.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Ulfah, F., & Ropiq Alkibtiah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Magic Ruler Puzzle Pada Kelompok B RA Tanjung Assalam Pakenjeng. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 9–19. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.205
Hadiyanti, M. D. (2022). Peningkatan kemampuan berhitung permulaananak usia 5-6 tahun melalui sempoa planel berhitung. https://repository.uinjkt.ac.id/
Khadijah, K., Saragih, N. A., & Nasution, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala. Jurnal Raudhah, 12(1), 33. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472
Maria Lily, N., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296–308. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.214
Mau, M. L., Arya Oka, G. P., & Meka, M. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 644–653. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1125
Oktarina, L. (2022). Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati. 1–60.
Sesmita, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka Di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Dharmas Education Journal, 3(2), 200–210. http://www.nber.org/papers/w16019
Suriana, E. (2020). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkn Dharma Wanita Teunom Aceh Jaya. Skripsi, 14–15. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15295/1/Eli Suriana%2C 150210009%2C FTK%2C PIAUD%2C 085296101893.pdf
Trisnani, N., Pd, M., & Pd, M. (2003). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG Laila Novita Sari. 111–120.
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salindri Salindri, Windi Dwi Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.