PERAN MEDIASI ENTREPRENEURIAL SELF EFFICACY (ESE) PADA PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DIGITAL

Authors

  • Aditia Yuski Fahlevi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern
  • Heni Susilowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern

DOI:

https://doi.org/10.31539/exv03n88

Keywords:

Literasi Digital, Media Sosial, Intensi Berwirausaha Online, Enterpreneurial Self Efficacy (ESE).

Abstract

Riset ini dimaksudkan guna dapat mencermati dampak literasi digital dan media sosial atas intensi berwirausaha online melalui entrepreneurial self efficacy (ESE) selaku variabel intervening mahasiswa STIE STEKOM Kartasura. Jenis studi ini ialah riset kuantitatif yang dijalankan bulan Desember 2024. Sampel yang dipakai sejumlah 100 individu dengan pengambilan melalui non-probability sampling mengaplikasikan accidental sampling. Penghimpunan data dilaksanakan melalui cara membagi kuesioner. Identifikasi data pada riset ini mengaplikasikan pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS). Temuan studi ditemukan bahwa: (1) Literasi digital dan media sosial tidak mempunyai dampak eksplisit atas intensi berwirausaha online. (2) Enterpreneurial self efficacy (ESE) mempunyai dampak positif serta signifikan atas intensi berwirausaha online. (3) Literasi digital mempunyai dampak implisit atas intensi berwirausaha online menggunakan enterpreneurial self efficacy (ESE). Namun enterpreneurial self efficacy (ESE) tidak menunjukkan efek mediasi yang signifikan pada hubungan media sosial atas intensi berwirausaha online. Studi lanjutan disarankan mengeksplorasi variabel moderator seperti dukungan institusi sikap terhadap keuangan atau faktor lainnya

References

Alzate, P., Mejía-Giraldo, J. F., Jurado, I., Hernandez, S., & Novozhenina, A. (2024). Research perspectives on youth social entrepreneurship: strategies, economy, and innovation. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 13(1). https://doi.org/10.1186/s13731-024-00410-7

Anggraini, F. D., Kholipah, N., Luvita, F. A., & Arifin, Z. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Bisnis Online di Kediri pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, September, 260–264. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/257

Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Mental Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 95. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i2.199

Basmantra, I. N., Bandem, I. G. A. P., Widhiasthini, M. W. (2023). Intensi Berwirausaha Generasi Muda Di Lodtunduh Ubud Dalam Era E-Business. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(3), 251–258.

Christianto, A., & Tunjungsari, H. K. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Dengan Bantuan Dukungan Sosial Sebagai Moderasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 05(03), 559–567.

Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis (ke 1).

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051

Hasyim, S. H., & Noviani, L. (2023). Kepercayaan Diri, Kreativitas dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Milenial. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 5(2), 157–166. https://doi.org/doi.org/10.31960/ijolec. V5i2.2026

I. Ad’hiah, P. Rahmat, Y. Suryani, . (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha dengan Literasi Keuangan Sebagai Mediator. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 88–100.

Khatib, F. (2016). The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region. Arab Saudi: International Journal of Business and Social Science. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50. http://ijbssnet.com/view.php?u=http://ijbssnet.com/journals/Vol_7_No_4_April_2016/4.pdf

Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 181–193. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p181-193

Lintang Suci Afiyati & Jarot Tri Bowo Santoso. (2022). Self Efficacy Memediasi Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Teaching Factory, Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha. Business And Accounting Education Journal, 3(3), 330–346. https://doi.org/10.15294/baej.v3i3.57080

Newman, A., Obschonka, M., Schwarz, S., Cohen, M., & Nielsen, I. (2019). Entrepreneurial self-efficacy: A systematic review of the literature on its theoretical foundations, measurement, antecedents, and outcomes, and an agenda for future research. Journal of Vocational Behavior, 110(October 2017), 403–419. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2018.05.012

Novariana, N. W., & Andrianto, S. (2020). Entrepreneurial Self-Efficacy Dan Intensi Kewirausahaan: Peran Mediasi Perilaku Inovatif Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1), 26. https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4803

P. Salsabila, A. Wibowo, R Rachmadania, . (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 91–107.

Rizka Apiatun, S. D. W. P. (2019). Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051

Rojoki Manullang, D., & Waspada, I. (2022). Peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh digital literacy terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 118–129. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6797

Saefuloh, D. (2020). Rekognisi Terhadap Peluang Bisnis Online Melalui Media Sosial dan Hubungannya dengan Minat Berwirausaha: Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 12–23. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1827

Salsabila, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner Yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food Di Pasar Segar Kota Makassar Fadhilah. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, 1–16.

Silaswara, D., Berlin Silaban, Benyamin Melatnebar, Sabam Simbolon, Rina Aprilyanti, Galuh Kusuma Hapsari, & Fx. Pudjo Wibowo. (2024). Pengenalan Wirausaha Kepada Remaja (Gen Z) pada Sekolah Dian Bangsa. Abdi Dharma : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Buddhi Dharma, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1

Stefany, S., . N., & . B. (2017). Literasi Digital Dan Pembukaan Diri: Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 10–31. https://doi.org/10.24198/jsg.v2i1.15268

Utami, C. W. (2017). Attitude , Subjective Norms , Perceived Behavior , Entrepreneurship Education and Self-efficacy Toward Entrepreneurial Intention University Student in Indonesia Christina Whidya Utami Lecturer at the University of Ciputra Surabaya. European Research Studies Journal, 20(2A), 475–495.

Wiyono, D. A., & Asyik, N. F. (2023). Dampak Pengetahuan Investasi pada Pengaruh Modal Awal, Risiko, dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(6), 1–22.

Zubaidah, S. (2019). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, 1–16.

Downloads

Published

2025-10-05