PERAN MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA KOPI NAKO SEMARANG

Authors

  • Hannu Rifki Wijaya Universitas Dian Nuswantoro
  • Haunan Damar Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.31539/e2erwe07

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Niat Pembelian Ulang.

Abstract

Pengkajian yang dilakukan memiliki tujuan guna menganalisis peran mediasi kepuasan pelanggan pada hubungan antara strategi pemasaran dan niat pembelian ulang pada Kopi Nako Semarang. Riset ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Purpove sampling dipilih sebagai metode dalam pengambilan sampel dengan  memakai  rumus Hair,  didapat sampel  sebanyak 100 responden yang terdiri dari pelanggan Kopi Nako Semarang. Perangkat lunak Smart PLS versi 4 dipilih dalam membantu proses analisis data. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwasannya kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang selanjutnya berpengaruh signifikan pada niat pembelian ulang.

References

Arianto, Nurmin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. 1(2), 83–101.

Hardiana, C. D., & Kayadoe, F. R. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Starbucks Coffe Grand Wisata Bekasi. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 2, Issue 2, p. 71). https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.44

Khawaja, L. M., Ali, A. A., & Mostapha, N. (2020). The mediating effect of customer satisfaction in relationship with service quality, corporate social responsibility, perceived quality and brand loyalty. In Management Science Letters (p. 763). Growing Science. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.10.030

Budiman, (2022). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kerudung Instan Rabbani di Rangkasbitung Lebak. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(01), 89. https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2246

Maisaroh, R., & Nurhidayati, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TOKO STARS MADIUN 2. In Deleted Journal (Vol. 1, Issue 2, p. 197). https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i2.282

Moisescu, O. I., & Gică, O. A. (2024). The Impact of Service Quality on Customer Behavioral Loyalty in the Case of Travel Agencies from Romania. In DOAJ (DOAJ: Directory of Open Access Journals). https://doaj.org/article/84bab2e6570e4fbd8b448f77a463728b

Nizar, N., Silalahi, M., Sofiyan, S., & Sinaga, O. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FAST FOOD INDONESIA, Tbk KFC BOX RAMAYANA PEMATANGSIANTAR. In SULTANIST Jurnal Manajemen dan Keuangan (Vol. 7, Issue 2, p. 43). https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.153

Rohani, R., Hadidu, A., & Sukardi, S. (2022). BRAND EQUITY AND SERVICE QUALITY EFFECTS ON LOYALTY WITH AN INTERVENING VARIABLE OF CUSTOMER SATISFACTION. In International Journal of Economics Business and Accounting Research (IJEBAR) (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i2.5781

Sari, A., Ambarwati, D. A. S., & Ramelan, M. R. (2020). The mediation relationship of customer satisfaction between service quality and repurchase intention on e-commerce in Indonesia. In Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa (Vol. 13, Issue 1, p. 137). Trisakti University. https://doi.org/10.25105/jmpj.v13i1.6102

Setiahutama, H. I., & Muthohar, M. (2023). Determinants of Consumer Repurchase Intention on Tokopedia in Indonesia. In Interdiciplinary Journal and Hummanity (INJURITY) (Vol. 2, Issue 6, p. 541). https://doi.org/10.58631/injurity.v2i6.78

Sumara, R., & Salim, L. (2020). SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION, BRAND TRUST AND REPURCHASE INTENTION. In Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi (Vol. 15, Issue 2, p. 493). https://doi.org/10.34152/fe.15.2.493-514

Suryaningrat, Y., Sutrisno, S., & Ratih, S. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang. In Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (Vol. 2, Issue 2, p. 117). https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.734

Yuningsih, Y., Suryani, S., & Azim, M. F. (2022). Hubungan Digital Banking dan Kinerja Pelayanan Bank Syariah Terhadap Upaya Customer Retention di Masa Pandemi Covid-19 Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Perwakilan (KCP) Kota Serang. In EKOMBIS REVIEW Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2531

Hidayat & Lilis Sulistyani., 2021, Effek Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening pada Perusahaan Jasa Konstruksi CV Muna Sariy Jaya. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 9(1), pp.7-18

Casteel, A., & Bridier, N. L. (2021). D Escribing P Opulations and S Amples in D Octoral. International Journal of Doctoral Studies, 16, 339–362.

Burakauskaitė, I., & Čiginas, A. (2023). An Approach to Integrating a Non-Probability Sample in the Population Census. Mathematics, 11(8). https://doi.org/10.3390/math11081782

Derisna Febia Utami, Arga Sutrisna, & Suci Putri Lestari. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Produk Bolu CV Yaki Tiga Putri). Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 289–295. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.613

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Muttaqien, M. K., Anam, M. K., Mas’ud, T., & Syaifullah, H. (2023). Penerimaan Mobile Banking di Kalangan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1922–1931. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.2600

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0, -2/E. Badan Penerbit Undip.

Dhimas, A. (2021). Teori, A Diskripsi Pengertian, Tinjauan Pembelajara, Strategi. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Galang, T. (2021). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk (Studi pada viewers Youtube Wardah …. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/4329%0Ahttp://repository.stei.ac.id/4329/2/BAB 2.pdf

Komari, A. (2023). “product quality as a mediating variable in repurchase decisions: The case of Indonesian skincare products.” Innovative Marketing, 19(3), 123–133. https://doi.org/10.21511/im.19(3).2023.11

Sembiring, P. S. D., & Sandra, E. (2021). The Effect Of Reward And Punishment To The Performance Of PT. Telesindo Shop Tanjungpinang Employees. Journal of Business and Management Riview, Vol 2, No 1, Page 001-011.

Tjiptono, F. (2019). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Suharyono, Analysis Product, Price, Service, and Digital Marketing on Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty PT Control Systems – Emerson Micromotion Flowmeter , FOCUS: Vol. 2 No. 1 (2020): FOCUS: Journal of Social Studies

Mauli Siagian. (2020).Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam

Priansa, Dr. D. J. (2021). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Khansa, R. S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi TerhadapKepuasan Konsumen Pada Rockstar Gym (Studi Kasus Cabang Lippo Mall Puri Jakarta Barat). Jurnal STEI Ekonomi, 1–21.

Tarigan, J., & Nuvriasari, A. (2023). Pengaruh Loyalitas Merek Pengalaman Pelanggan dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang Produk Skincare Scarlett. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17369–17378. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9116

Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022a). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi …, 4(3), 1651–1667. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1004%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/download/1004/766

Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022b). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 1651–1667.

Soto Medina, N., Marañon Lizarraga, S. S., Palacios Valenzuela, C. A., Aguilar Carvajal, R. D., & Acosta Haro, E. (2023). Quality of the Service as a Competitive Advantage, Comparative Study of Parcel Companies. Inquietud Empresarial, 23(2), e15496.

Wulan, A. N. C., Suharyono, & Latief, W. A. (2020). Pengaruh Langkah Diferensiasi Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang PT Sumber Motor Makmur. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 1–10.

Lu, W. (2023). The Analysis of the Differentiation Strategy as Marketing Strategy of Haidilao. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 10(1), 269–277.

Sitompul, S. R., & Saputra, A. (2024). Pengaruh Diferensiasi Pelayanan, Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Body Shop Di Kota Batam. Economics and Digital Business Review, 5(1).

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pramann, S., Ajanakitti, K., Pohma, H., Wutichat, S., Tanphanich, T., & Pichainarongk, S. (2023). Factors Affecting Product Support to Promote Ideas and Improve Life through Movement Workshop Project. 1–10. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2022.2327256

Putra, R. A., & Santoso, E. B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Herbal HNI HPAI Di Bussiness Center Cabang Mojokerto. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 105–108.

Putri, A. (2025). 10 PENDAPAT AHLI MENGENAI KEUNGGULAN KOMPETITIF. 3(1), 98–104.

Putri, D. A. E., & Ramli, Y. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal SWOT, 9(1), 11–21.

Rajković, J., Poštin, J., Konjikušić, M., Jagodić-Rusić, A., & Nikolić, M. (2020). Multi-criteria ranking of available forms of promotional activities: A case analysis. Anali Ekonomskog Fakulteta u Subotici, 56(43), 153–169. https://doi.org/10.5937/aneksub2001153r

Aprianti, S., & Pratiwi, M. D. (2022).

Pengaruh Citra Merek, Variasi Menu, dan Pemasaran Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Restoran Dimsum Mamatjoe Medan.

Lu, W. (2023). The Analysis of the Differentiation Strategy as Marketing Strategy of Haidilao. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 10(1), 269–277. https://doi.org/10.54254/2754-1169/10/20230483

Köksal, Ş. S., Öztürk, Z., Alkurt, U., Karatas, D., Güney Eskİler, G., Çokluk, E., Deveci Ozkan, A., Erkorkmaz, Ü., & Gönüllü, E. (2023). Ab1143 Mir-10B Expression in Psoriatic Arthritis Patients With Dapsa Score Remission or Low Disease Activity. 1801.3-1802. https://doi.org/10.1136/annrheumdis-2023-eular.5536

Kotler dan Keller , 2022, Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Jilid satu. Jakarta: Erlangga

Akingbade, W. A. (2020). Service Differentiation Strategy and Organizational Performance of Nigerian Small and Medium Enterprises in Lagos State. International Journal of Economic Behavior, 10(1), 15–35.

Adelia, R. (2018). Pengaruh promosi online terhadap minat beli ulang konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 75–85.

Irwanto & Subroto, (2022). Pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap niat pembelian ulang konsumen Shopee saat pandemi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 289–302.

Antari & Pratiwi, (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Pembelian Ulang. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(4), 1011–1018.

Setyorini, A. R., Ngatno, & Hidayat, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Merek terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Mediator. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 101–110.

Makkiyah, H., & Andjarwati, A. L. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan label halal terhadap niat beli ulang merek kosmetik lokal untuk remaja dengan pengalaman pelanggan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2).

Wardani, I. Y. (2022). Pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada 200 Cafe and Food di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(2), 89–100.

Widjaya, A. S. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(1), 216–225.

Cahyaning & Hidayat, (2021). Anteseden Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang. Telaah Bisnis, 21(1), 31–46. https://doi.org/10.35917/tb.v21i1.187

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Setiawan & Pramudyo, (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Industri Kuliner. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1), 45–55.

Kanma Group.(2025).Company Profile Part 1.Diakses dari https://landing nako.stamps.co.id/media/files/KANMA_COMPANY_PROFILE.pdf

Downloads

Published

2025-11-05