ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEKEN DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Gogor Arif Handiwibowo Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Harisatul Agustin Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nisrina Arieza Rahmadita Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ghea Wahyu Christianti Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15476

Keywords:

Technology Acceptance Model (TAM), Perceived Government Support, Attitude Towards Using, User Satisfaction, SEM-PLS

Abstract

Penggunaan aplikasi Peken mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun masih ditemukan berbagai permasalahan terkait fungsionalitas dan operasional yang mengindikasikan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Peken dengan mengadopsi kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment memiliki pengaruh positif terhadap attitude towards using, dengan perceived enjoyment sebagai faktor yang paling dominan. Sebaliknya, perceived government support tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna. Selain itu, attitude towards using terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini menegaskan pentingnya aspek kenyamanan dan kemudahan penggunaan dalam membentuk sikap dan kepuasan pengguna terhadap aplikasi Peken. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan model penerimaan teknologi serta rekomendasi praktis bagi pengembangan aplikasi Peken ke depan. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk penelitian lanjutan yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan digital pemerintah.

References

[1] Rupp, W. T., & Smith, A. D. (2002). Mobile commerce: New revenue machine or black hole?. Business Horizons, 45(4), 26–29.

[2] Ahdiat, A. (2024). Penetrasi Internet Indonesia Capai 78% pada 2023 Rekor Tertinggi Baru. In Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/30/penetrasi-internet-indonesia-capai-78-pada-2023-rekor-tertinggi-baru

[3] Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis 9(2), 114.

[4] Surabaya, R. (2024). Market Place E-Peken Milik Pemkot Surabaya Catat Kinerja Positif di Sepanjang Tahun 2023. Radarsurabaya.Id. https://radarsurabaya.jawapos.com/surabaya/773700759/market-place-e-peken-milik-pemkot-surabaya-catat-kinerja-positif-di-sepanjang-tahun-2023-jumlah-transaksinya-mengejutkan

[5] Resty, A. (2022). Aplikasi E-Peken Milik Pemkot Surabaya Bermasalah, Ini Sederet Keluhan Warga. In 16 Februari. https://selalu.id/news-1111-aplikasi-epeken-milik-pemkot-surabaya-bermasalah-ini-sederet-keluhan-warga

[6] Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

[7] Winarko, B. (2009). Tinjauan Beberapa Model Teori Dasar Adopsi Teknologi Baru. 24–34.

[8] Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48–61.

[9] Hair, Joseph F., Ringle, C. M., Gudergan, S. P., Fischer, A., Nitzl, C., & Menictas, C. (2019). Multivariate Data Analysis. In Business Research (Vol. 12, Issue 1).

[10] Hair, J. F, Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).

[11] Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 4(1).

[12] Lidya, C. (2019). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived playfulness, dan compatibility terhadap attitude toward using pada customer satisfaction Aplikasi Zilingo.

[13] Chen, Y. L., Chih, H. T., & Wan, C. C. (2015). The Relationship Between Attitude Toward Using And Customer Satisfaction With Mobile Application Services: An Empirical Study From The Life Insurance Industry. Journal of Enterprise Information Management, 53(4), 194–200.

[14] Rawashdeh, A. (2023). A deep learning-based SEM-ANN analysis of the impact of AI-based audit services on client trust. Journal of Applied Accounting Research.

[15] Al-Gahtani, S. S., & King, M. (1999). Attitudes, satisfaction and usage: Factors contributing to each in the acceptance of information technology. Behaviour and Information Technology, 18(4), 277–297.

[16] Hervilia, H., Singasatia, D., & M. Agus Sunandar. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 401–410.

[17] Salisu, J. B. (2020). Entrepreneurial training effectiveness, government entrepreneurial supports and venturing of TVET students into IT related entrepreneurship – An indirect-path effects analysis. Heliyon, 6(11), e05504.

[18] Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).

Downloads

Published

2025-07-02