PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15498Keywords:
Media Sosial, Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Kota BatamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan digital marketing terhadap keputusan pembelian masyarakat kota Batam. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penduduk kota batam yang berjumlah 1.240.792 orang. Bayaknya sampel yang diambil adalah 400 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik claster dan simple random sampling. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS 24. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa media sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat kota Batam, sedangkan digital marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat kota Batam. Selain itu hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa keputusan pembelian masyarakat kota Batam yang di pengaruhi oleh media sosial dan digital marketing sebesar 86.4%.
References
Adiyono, N. G., Rahmat, T. Y., & Anindita, R. (2021). Digital marketing strategies to increase online business sales through social media. Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT), 1(2), 31-37.
Aptika, A. (2022). Kominfo Genjot Pertumbuhan UMKM di Batam dengan Layanan Digital Fulfillment. Diakses dari https://aptika.kominfo.go.id pada tanggal 21 Juni 2024APJII. (2024). Jumlah pengguna internet Indonesia tembus 221 juta orang. Diakses dari https://apjii.or.id/berita pada tanggal 18 Juni 2024.
Aziz, K. G., & Abdulqadir, S. O. (2023). Impact of digital marketing, such as social media marketing, mobile marketing and e-mail marketing, on customer buying. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 4(1), 71-82.
Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37-44.
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144-152.
Chaniago, B., Alfansi, L., Ekaputri, S., & Hardi, E. D. (2024). The Role of E-Satisfaction in Influencing Online Repurchase Intention on Marketplace Sites in Indonesia. Jurnal Economia, 20(1), 1-20.
Editor. (2022). Provinsi Kepri Urutan Kedua Secara Nasional Tingkat Pengguna Internet. Diakses dari https://rri.co.id pada tanggal 21 Juni 2024.
Furyanah, A., Adi, P. H., & Maharani, H. (2021). Social media Is a Moderating Variables of purchasing Decisions. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 169-180.
Ilham, I., Widjaja, W., Sutaguna, I. N. T., Rukmana, A. Y., & Yusuf, M. (2023). Digital Marketing's Effect on Purchase Decisions Through Customer Satisfaction. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 185-202.
Indriani, D., & Hutauruk, B. M. (2024). The Influence of Digital Marketing and Product Variations on Purchasing Decisions Moderated by Packaging on Lifebuoy Soap Moderated by Packaging on Lifebuoy Soap. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(2), 3361-3377.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25-34.
Iqbal, P., Begum, S. S., Mirza, A., Rani, P., Nagpal, A., & Sharma, R. (2023). A STUDY ON IMPACT OF DIGITAL MARKETING AND SOCIAL MEDIA ON PURCHASING DECISION OF CONSUMERS. International Journal, 10(4), 2330-2340.
Kristina, T., & Sugiarto, C. (2020). The role of trust mediates in the influence of social media marketing and Electronic Word-of-Mouth on purchase intention. Management and entrepreneurship: trends of development, 4(14), 102-113.
Kusumawati, A. (2019). Impact of digital marketing on student decision-making process of higher education institution: A case of Indonesia. Journal of e-Learning and Higher Education, 2019(1), 1-11.
Kurniadi, W. (2024). The Influence of Social Media Marketing on Purchasing Decisions. Journal of Management, 3(1), 94-97.
Kusherawati, A. P., Isaskar, R., & Dewi, H. E. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan Brand Trust sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 24(1), 55-68.
Marlius, D., & Darma, K. P. K. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(1), 15-27.
Millennium, A. S., Suardana, I. W., & Negara, I. M. K. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 9(1), 173 – 177.
Munandar, D. (2021). The Role of Digital Marketing, Influencer Marketing and Electronic Word of Mouth (eWOM), on Online Purchase Decisions for Consumers of Private University Students in Bandung West Java. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Mutmainah, S., & Romadhon, M. R. (2023). Influence of Halal Lifestyle, Islamic Branding, and Social Media Marketing on Muslim Fashion Purchasing Decisions. Airlangga Journal of Innovation Management, 4(2), 158-171.
Potjanajaruwit, P. (2023). INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING ON PURCHASING DECISIONS OF INTERNET USERS IN THAILAND. Journal of Southwest Jiaotong University, 58(1).
Prasetyo, A (2022). MENGANALISIS PENELITIAN KUANTITATIF BIDANG MANAJEMEN DENGAN SEM AMOS. Aleniaku: Yogyakarta.
Prasetyo, A., Suratman, S., Sari, A. P., & Purba, D. (2023). Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pasca Pademik Covid-19. Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, dan Investasi, 1(2), 21-31.
Putri, R., & Dwiyanto, B. M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Wingko Babat Pak Moel di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(1).
Raniya, R. F., Lubis, P. H., & Kesuma, T. M. (2023). the Influence of Social Media Marketing and Store Atmosphere on Purchase Decision Mediated by Consumer Trust in Millennial Coffee Shops in Banda Aceh. International Journal of Business Management and Economic Review, 6(01), 144-155.
Ravi, S., & Rajasekaran, S. R. C. (2023). A perspective of digital marketing in rural areas: A literature review. International Journal of Professional Business Review, 8(4), 01 -16
Ritonga, E., Harahap, A., & Pristiyono, P. (2023). Analisis Sarana Promosi Media Sosial Dan E-Wom Sebagai Digital Marketing Yang Efektif Bagi Dunia Bisnis Di Era Society 5.0. EconBank: Journal of Economics and Banking, 5(1), 148-162.
Setiawan, A., Muna, A. N., Arumi, E. R., & Sukmasetya, P. (2020). The growth electronic commerce technology and user interface in Indonesia. Test Engineering and Management, 8(3),16819 – 16827.
Sigar, E. T., Massie, J. D., & Pandowo, M. H. (2021). The influence of consumer behavior and digital marketing on purchase decision at Grabfood in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 53-64.
Suwandy, M. N., & Setyari, N. P. W. (2020). Comparison of The E-Commerce Transaction Value Relationship with Economic Growth in Indonesia and The United States. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 1-7.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249-258.
Suratman, S., Prasetyo, A., & Purba, D. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Mirai Management, 8(1), 555-571.
Styawati, A. L., & Roni, M. (2023). Pengaruh Brand Image dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7648-7656.
Tjhin, V. U., & Aini, S. R. N. (2019, May). Effect of E-WOM and social media usage on purchase decision in clothing industry. In Proceedings of the 2019 International Conference on E-business and Mobile Commerce (pp. 30-34).
Wijayanti, D., Suyanto, S., & Sukesi, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Di Masa Pandemi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 12(2), 117 – 136.
Yasa, I. W. C., Wibisono, C., Gulo, E., & Prasetyo, A. (2020). Determination compensation, leadership, and organizational culture on performance through employee work satisfaction. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(07), 8758-8764
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ary Prasetyo, Asih Purwana Sari, Suratman, Merline Julianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.