PROPOSED MARKETING STRATEGY FOR ERUTHA VET AND SHOP MAKASSAR TO INCREASE REVENUE IN THE COMPETITIVE MARKET

Authors

  • Fadil Aidhil Institut Teknologi Bandung
  • Satya Aditya Wibowo Institut Teknologi Bandung
  • Ilma Aulia Zaim Universitas Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/hf4d5x92

Keywords:

Strategi Pemasaran, Industri Perawatan Hewan Peliharaan, Klinik Hewan

Abstract

Industri perawatan hewan peliharaan di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sejalan dengan tren humanisasi hewan peliharaan dan peningkatan daya beli masyarakat. Erutha Vet and Shop (EVS), sebuah klinik veteriner di Makassar, mengalami penurunan pendapatan akibat pola pembelian musiman dan persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan inisiatif pemasaran baru guna meningkatkan pendapatan dan daya saing EVS. Studi ini menggunakan pendekatan campuran melalui wawancara dan survei dengan 119 responden, dianalisis menggunakan STP, VRIO, Rantai Nilai, Marketing Mix 7P, SWOT, dan analisis kesenjangan SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EVS unggul dalam kualitas layanan dan kebersihan, namun memiliki kelemahan dalam promosi dan efisiensi proses layanan. Selain itu, studi segmentasi mengidentifikasi dua kelompok konsumen; namun, pendekatan baru ini fokus pada kelompok yang memprioritaskan digitalisasi dan kenyamanan. Lima strategi prioritas diusulkan, termasuk memperkuat promosi digital, meningkatkan fasilitas klinik, dan mendigitalisasi sistem antrean. Strategi-strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan EVS.

 

References

Ateljević, J., Kulović, D., Đoković, F., & Bavčić, M. (2023). Business Strategy and Competitive Advantage. In Business Strategy and Competitive Advantage. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003359173

Badan Pusat Statistik. (2025, January 2). The year-on-year (y-on-y) headline inflation in December 2024was 1.57 percent. - BPS-Statistics Indonesia. https://www.bps.go.id/en/pressrelease/2025/01/02/2397/pada-desember-2024-inflasi-year-on-year--y-on-y--adalah-sebesar-1-57-persen-.html

Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). STRATEGIC MANAGEMENT AND COMPETITIVE ADVANTAGE: Concepts and Cases.

Camilleri, M. A. (2018). Market Segmentation, Targeting and Positioning. In Tourism, Hospitality and Event Management (pp. 69–83). Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-319-49849-2_4

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, K. P. (2024, December 6). Konferensi Animal Welfare ke-3, Era Baru Perlindungan Hewan di Indonesia - Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/2182-konferensi-animal-welfare-ke-3-era-bar-perlindungan-hewan-di-indonesia#!

Elfreda, J. (2021, April 8). The Resilient Indonesian Pet Food Market during the COVID-19 Pandemic - Market Entry Solution Firm in Indonesia. https://brightindonesia.net/2021/04/08/the-resilient-indonesian-pet-food-market-during-the-covid-19-pandemic/

Future Market Insights. (2025). Indonesia Pet Care Market Size & Demand 2023-2033. https://www.futuremarketinsights.com/reports/indonesia-pet-care-market

Future Market Insights Inc. (2024, February 9). Veterinary Telemedicine Market Size, Trends & Growth 2024-2034. https://www.futuremarketinsights.com/reports/veterinary-telemedicine-market

Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2023). GLOBAL EDITION Principles of Marketing NINETEENTH EDITION.

Lubis, R. B. (2024, March 29). Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si “Anabul” - GoodStats. https://goodstats.id/article/survei-intage-orang-indonesia-rata-rata-habiskan-rp1-41-juta-sebulan-buat-si-anabul-nIh73

Rothaermel, F. T. (2024). Strategic Management.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. www.wileypluslearningspace.com

Timothy, P. B. (2025, January 9). Ketentuan Perizinan Praktik Dokter Hewan di Indonesia | Klinik Hukumonline. Hukum Online. https://www.hukumonline.com/klinik/a/ketentuan-perizinan-praktik-dokter-hewan-di-indonesia-lt67808d822c50f/#

Witcher, B. J. (2020). Absolute Essentials of Strategic Management.

Zeithaml, V. A. ., Bitner, M. Jo., & Gremler, D. D. . (2018). Services marketing : integrating customer focus across the firm. McGraw-Hill Education.

Zion Market Research. (2025). Pet Care Market Size, Share, Analysis, Growth & Trends 2030. https://www.zionmarketresearch.com/report/pet-care-market

Downloads

Published

2025-11-04