PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENURUNAN MINAT KUNJUNGAN DI SALE RISTORANTE, BSD

Authors

  • Chereen Chaterine Meishella Universitas Bunda Mulia Ancol1
  • Dewanta Facrureza Universitas Bunda Mulia Ancol

DOI:

https://doi.org/10.31539/10c6ng44

Keywords:

Marketing Mix, Minat Kunjung, Konsumen, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisis pengaruh elemen-elemen pada marketing mix terhadap penurunan minat kunjung konsumen di Sale Ristorante yang berlokasi di BSD. Marketing mix 9P terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, payment dan packaging yang dijadikan sebagai variabel independen, sedangkan penurunan minat kunjung sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengumpulan data dengan kuesioner penelitian yang disebarkan kepada responden sesuai dengan salah satu syarat seperti pernah berkunjung ke Sale Ristorante. Analisa data yang dilakukan menggunakan uji regresi linear berganda karena memiliki lebih dari 1 variabel independen dalam penelitian dengan tujuan menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap penurunan minat kunjung. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyatakan bahwa terdapat beberapa variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan minat kunjung dan beberapa variabel tidak memiliki pengaruh yang siginifikan sehingga dianggap tidak mempengaruhi penurunan minat kunjung pada konteks penelitian kuantitatif ini. Hasil dari analisis penelitian ini juga menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap penurunan minat kunjung sehingga diperlukan analisis yang menjadikan perbaikan pada elemen yang berpengaruh tersebut serta masalah penurunan minat kunjung dapat berkurang.

References

Dewantara, Y. F. (2021). Analisa Potensi Wisata Kuliner Khas Betawi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Dki Jakrta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 6(1), 20–28. journal.polteksahid.ac.id

Grace Amalia Tondang, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, & Budi Dharma. (2023). Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12913

Hapsari, D. A., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh bauran pemasaran 7p (marketing mix 7p) terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada dasterbordir.com). JIAGABI (Jurnal Ilmu …, 10(2), 12–19. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/12893

Lesmana, I. S., Bahits, A., & Adiswanse, J. (2022). Promosi Dan Fasilitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Persada Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 515–525. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.590

Mego, K. J., & Facrureza, D. (2024). Pengaruh Strategi Marketing Mix 7P terhadap Tingkat Penjualan di Mini Kopi Green Ville. MES Management Journal, 3(2), 385–404. https://doi.org/10.56709/mesman.v3i2.231

Nanda, M. E., Djauharie, P., Muhaimin, A. W., Haryati, N., & Maulidah, S. (2023). THE LEVEL OF CUSTOMER SATISFACTION WITH THE MARKETING MIX ( 9P ) IN KOPI NAKO SLIPI. 23(4), 449–457.

Ningrum, D. P. (2021). Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.24076/pikma.2020v3i1.346

Octaviani, D., Niswan, E., & Mamase, A. R. Y. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Di Kabupaten Kubu Kalimantan Barat (Studi Kasus Pada Wisatawan Di Qubu Resort). Jurnal Equilibrium Manajemen, 6(1), 1–6.

Ratnasari, Y. R., Setiawati, I., & Noni Setyorini. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Suasana Cafe, Social Media Marketing, Dan Metode Pembayaran Terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 60–79. https://doi.org/10.59024/jumek.v2i1.278

Susanto, P., Dewantara, Y. F., & Charlie, J. N. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI RUMAH MAKAN AFAT BANGKA, KELAPA GADING, JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA. 10(2), 124–137.

Tahitu, A., Wattimena, D., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Kristen, U., Maluku, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Kristen, U., & Maluku, I. (2023). Vol 5 No 2 November 2023 E-ISSN PENGARUH MEDIA ONLINE TRIBUN AMBON. 5(2).

Downloads

Published

2025-11-04