STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS AIDIL WEDDING DECORATION DI KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Authors

  • Putri Febriashalatifa Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rahman Yakub Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Riska Andreani Syafaruddin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31539/g9qxzm39

Keywords:

Strategi Promosi, Pengembangan Bisnis, Wedding Decoration

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi terhadap pengembangan bisnis Aidil Wedding decoration yang beroperasi di Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidenreng Rappang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh tingginya persaingan dalam industri dekorasi pernikahan serta pentingnya penerapan strategi promosi yang tepat untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang terdiri dari klien dan pengikut akun Instagram Aidil Wedding decoration, dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang meliputi elemen produk, harga, tempat, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan bisnis. Nilai koefisien regresi sebesar 0,933 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan hubungan positif yang kuat antara strategi promosi dan pengembangan bisnis. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,840 mengindikasikan bahwa 84% variasi pengembangan bisnis dijelaskan oleh strategi promosi, sedangkan sisanya 16% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 104. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.11

Aisyah, H., Puspita, S., & Metamedia, U. (2022). Resource-Based Viev: Strategi UMKM Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. 5(2), 109–120.

Alinda, D., Nurfazri, R., & Fadillah, Y. T. (2024). Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1147–1153. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index

Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.

Darmastuti, P. A., & Interior, S. D. (2023). PROSES PERANCANGAN DEKORASI PERNIKAHAN PADA THE ROYAL SANTRIAN OLEH SWEET BELLA PROJECT. 3(2), 277–282.

Husen, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang. Jurnal Economina, 2(6), 1356–1362. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.608

Muttaqin, Z., & Srihartini, E. (2022). Penerapan metode regresi linier sederhana untuk prediksi persediaan obat jenis tablet. 9(1), 12–16.

Nabila, N. I., Wulan, M. N., & Paujiah, S. (2020). Pengaruh Customer Based Brand Equity dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 222–230. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.137

Purwadhi, Widjaja, Y. R., Syaodih, E., Rahmasari, G., & Wydaswara, M. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Pratani Training Camp Di Kp. Cilintung, Baleendah, Kabupaten Bandung. Jurnal Sosial & Abdimas, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.51977/jsa.v4i2.772

Ridho Astian Ami Sitompul, Mansur tanjung, & Sriayu Aritha Panggabean. (2022). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt. Hobin Nauli Multimedia Sibolga. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 143–153. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i3.623

Risdiana Chandra Dhewy. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224

Terapan, S., Studi, P., Grafis, D., Teknik, J., Penerbitan, G., & Jakarta, P. N. (2023). perancangan katalog dekorasi interaktif sebagai media promosi untuk rusticcurated event decoration.

Wiyanto, W. (2024). Penerapan Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Dari Dusty Art Wedding Decorator. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 2(2). https://doi.org/10.59820/telpar.v2i2.251

Downloads

Published

2025-11-10