ANALISIS STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) UNTUK MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15661Keywords:
Analisis Strategi, Corporate Social Responsibility, Penilaian Masyarakat.Abstract
Analisis strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. XYZ dalam meningkatkan citra perusahaan serta kesejahteraan masyarakat sekitar, CSR menjadi bagian penting dalam operasional perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat serta memenuhi tanggung jawab sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dan observasi langsung terhadap pihak perusahaan, karyawan, serta masyarakat penerima manfaat CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. XYZ telah menjalankan berbagai program CSR di bidang sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang berdampak positif bagi masyarakat dan citra perusahaan. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti perubahan regulasi serta permasalahan kepemilikan lahan yang mempengaruhi akses masyarakat. Meskipun demikian, CSR yang diterapkan mampu meningkatkan kesejahteraan komunitas dan memperkuat reputasi perusahaan. Kesimpulannya, implementasi CSR PT. XYZ berkontribusi terhadap pembangunan sosial sekaligus menjaga keberlanjutan bisnis. Perusahaan disarankan untuk terus berinovasi dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam perencanaan CSR guna memastikan efektivitas dan keberlanjutannya.
References
Afriani, Antong, & Usman, H. (2023). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI MATA MASYARAKAT PADA PT PRATOMO PUTRA TEKNIK PALOPO. Riset Terapan Akuntansi, 7, 16–26.
Apriyani, I. (2024). Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility pada PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2, 549–558.
Fakta Jabar. (2025). Kisruh Penutupan Gerbang Chang Shin Indonesia. Fakta Jabar.
Irawan, F., & Muarifah, E. (2020). ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY (CSR) DALAM PERSPEKTIF SHARIA ENTERPRISE THEORY. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(2), 149–178. https://doi.org/10.52431/minhaj.v1i2.309
Isdiyarti, D., Suryoko, S., & Dewi, R. S. (2022). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI PT. GLOBALINDO INTIMATES KLATEN. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 11, Issue 1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Khoirunnisa, W., Akuntansi, J., & Bandung, P. N. (2022). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) at PT Kereta Api Indonesia (Persero) Rahma Nazila Muhammad. Indonesian Accounting Literacy Journal, 02(03), 619–629.
Mustofa, W. A., & Trisnaningsih, S. (2022). STUDI LITERATUR: URGENSI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 6, 809–819.
Soesanto, S. (2022). AKUNTANSI LINGKUNGAN MENUJU EKONOMI HIJAU PERSPEKTIF RELASI NATURAL SUISTANIBILITY DENGAN KEBERLANJUTAN BISNIS. Account, 9(1). https://doi.org/10.32722/acc.v9i1.4580
Rahmatullah. (2017). Buku Pintar CSR (Corporate Social Responsibility).
Wibowo, A. R., & Linggarsari, Y. D. (2024). Dampak Ukuran Perusahaan, Kepemilikan, dan Karakteristik CEO Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021). JURNAL BISNIS MAHASISWA, 4, 370–392
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabrina Nur’ Alifa, Mumun Maemunah, Fista Apriani Sujaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.