PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA KULINER DI KOTA GORONTALO (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)
DOI:
https://doi.org/10.31539/2egn8626Keywords:
Media Sosial, Inovasi Produk, Minat BeliAbstract
Dhiki Andri Alfian A. Pagisi, 2024. “Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Kota Gorontalo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).” Program Studi S1-Manajemen, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Ibu Dr. Hapsawati Taan, ST., M.M dan Pembimbing II Ibu Yulinda L. Ismail, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan :1) Untuk melihat pengaruh penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Minat Beli Konsumen, 2) Untuk melihat pengaruh Inovasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen, 3) Untuk melihat pengaruh pengunaan Media Sosial Facebook dan Inovasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling yaitu sebanyak 97 responden dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form. Metode analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil 1) Penggunaan media sosial memberikan pengaruh positif secara parsial dan signifikansi terhadap minat beli konsumen pada usaha kuliner di Kota Gorontalo ditunjukan dengan nilai thitung 4,008 < ttabel 1,661, 2) Inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap terhadap minat beli konsumen pada usaha kuliner di Kota Gorontalo ditunjukan dengan nilai thitung 4,932 < ttabel 1,661, 3) Penggunaan media sosial dan inovasi produk berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen ditunjukan dengan nilai fhitung 306,710 > ftabel 3,09. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan R Square sebesar 86,7% dikategori sangat tinggi, dapat disimpulakan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen dan untuk 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelliti dalam penelitian ini.
References
[1] ANDINI, P., TINAKARTIKA RINDA, R., & MANAGER, Y. (2022). PERAN INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN BISNIS KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM KOPI KELUARGA. AGUSTUS, 5(3), 352–362. HTTP://EJOURNAL.UIKA-BOGOR.AC.ID/INDEX.PHP/MANAGER
[2] ARIESTA, I., ZULIESTIANA, D. A., BISNIS, F. E., KONSUMEN, M. B., & SEDERHANA, R. L. (2019). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK KARTU HALO PT . TELKOMSEL WEST – JABODETABEK IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING THROUGH FACEBOOK ON CONSUMER PURCHASE INTENTION OF KARTU HALO PRODUCT PT . TELKOMSEL WEST -. 6(2), 2761–2766.
[3] BUDIYANTO, A., PAMUNGKAS, I. B., & PRADITYA, A. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: ANALISIS BIBLIOMETRIK. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN, 8(2), 133–142. HTTPS://DOI.ORG/10.37058/JEM.V8I2.5468
[4] CARLINA, G., & EKOWATI, S. (2022). PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BAKSO O’BOSS DI KOTA BENGKULU. EKOMBIS REVIEW: JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 10(2), 599–608. HTTPS://DOI.ORG/10.37676/EKOMBIS.V10I2.2197
[5] HALIM, N. R., & ISKANDAR, D. A. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT BELI. JURNAL ILMU DAN RISET …, 4(3), 415–424. HTTP://JURNALMAHASISWA.STIESIA.AC.ID/INDEX.PHP/JIRM/ARTICLE/VIEW/2605
[6] KURNIA, R. A. D., MASITOH, M. R., & HUDDIN, M. N. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (SURVEY PADA FOLLOWERS INSTRAGRAM MCDONALD’S INDONESIA). JURNAL EKONOMI VOKASI, 4(1), 23–37.
[7] LOMI, A. G., KESSIE, J. L. D., & KASIM, A. (2016). PENGARUH EWOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA TEBING BAR & CAFE). JOURNAL OF M ANAGEM ENT (SM E’S), 2(1), 29–58. WWW.TEKNO.KOMPAS.COM,
[8] NANDA, Y., & NURTJAHJADI, E. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP. 9(2), 865–871. HTTPS://DOI.ORG/10.33087/JMAS.V9I2.1831
[9] POETRI, Z. F., & HAFIDH, A. A. (2024). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK FASHION MEREK MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG. 13, 11–16. HTTPS://DOI.ORG/10.19109/INTELEKTUALITA.V13I1.21221
[10] RAHMAWATI ITA, A. M. I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. 3(4), 5781–5788.
[11] SALING, & ZAKARIA. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. PARADOKS JURNAL ILMU EKONOMI, 7(1), 1–10.
[12] SARAGIH, M. D., PAUZY, D. M., & SUTRISNA, A. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN SAMUDRA RESTO & CAFE KOTA TASIKMALAYA). JURNAL ILMIAH MULTIDISIPLIN, VOL. 1(NO. 10), 3385–3392.
[13] SATYABIMANYU, A., & SETIOBUDI, A. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK, CITRA MEREK, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT BELI KERUPUK KULIT BABI MENTAH TAKSU SNACK DI SURABAYA. PERFORMA: JURNAL MANAJEMEN DAN START-UP BISNIS, 7(4).
[14] SIMATUPANG, S., EFENDI, E., & PUTRI, D. E. (2021). FACEBOOK MARKETPLACE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI. JURNAL EKBIS, 22(1), 28. HTTPS://DOI.ORG/10.30736/JE.V22I1.695
[15] TERRASISTA, N. C., & SIDHARTA, H. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP MINTA BELI KONSUMEN PROYEK BISNIS KAKU. PERFORMA, 7(4), 385–399. HTTPS://DOI.ORG/10.37715/JP.V7I4.1962
[16] KOTLER, P., & ARMSTRONG, G. (2008). PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN (A. MAULANA, D. BARNADI, & W. HARDANI (EDS.); 12TH ED.).
[17] ERLANGGA. KOTLER, P., & ARMSTRONG, G. (2016). PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN (13 JILID 1).
[18] ERLANGGA. KOTLER, P., & KELLER, K. L. (2008). MANAJEMEN PEMASARAN (12 JILID 1). PTR INDEKS.
[19] PUNTOADI, D. (2011). MENCIPTAKAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL. PT. ALEX KOMPUTINDO.
[20] NASRULLAH, R. (2015). MEDIA SOSIAL. BANDUNG: SIMBIOSA REKATAMA MEDIA.
[21] NASRULLAH, RULLI. 2014. TEORI DAN RISET MEDIA SIBER (CYBERMEDIA). JAKARTA : KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.
[22] NASRULLAH, RULLI. 2015. MEDIA SOSIAL; PERSFEKTIF KOMUNIKASI, BUDAYA, DAN SOSIOTEKNOLOGI. BANDUNG : SIMBIOSA REKATAMA MEDIA.
[23] NASRULLAH, R. (2015). MEDIA SOSIAL: PERSPEKTIF KOMUNIKASI, BUDAYA, DAN SOSIOTEKNOLOGI. BANDUNG: SIMBIOSA REKATAMA MEDIA
[24] REKA PERMATA SARI, ISLAMUDDIN (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TOKO JAYA RASA BENGKULU). JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB) E- ISSN 2723-424X, VOL : 5, NO:1. UNIVERSITAS MUHAMADDIYAH BENGKULU.
[25] SURYANA. (2014). KEWIRAUSAHAAN : PEDOMAN PRAKTIS, KIAT DAN PROSES MENUJU SUKSES. ALFABETA. TJIPTONO, F. (2015). STRATEGI PEMASARAN (O. ANDI (ED.); EDISI 4, P. 140).
[26] MAULANA, Y. S., & ALISHA, A. (2020). INOVASI PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RESTORAN ICHI BENTO CABANG KOTA BANJAR). INOVBIZ: JURNAL INOVASI BISNIS, 8(1), 86. DOI:10.35314/INOVBIZ.V8I1.1313
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhiki Andri Alfian A Pagisi, Hapsawati Taan, Yulinda L Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

