ANALISIS PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ECAPS
DOI:
https://doi.org/10.31539/k66c0n70Keywords:
Green Product, Green Promotion, Keputusan PembelianAbstract
Masalah pencemaran lingkungan yang semakin meningkat membuat banyak orang sadar pentingnya menjaga lingkungan sehingga masyarakat lebih memilih produk yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Hal ini mendorong perusahaan untuk menciptakan produk yang peduli lingkungan, seperti Ecaps. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh green product dan green promotion terhadap Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Ecaps. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, serta pengujian hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa green product berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya produk ramah lingkungan yang berkualitas meningkatkan minat beli konsumen. Green promotion juga berpengaruh positif dan signifikan, menunjukkan promosi yang mengedepankan kepedulian lingkungan dapat mendorong pembelian. Secara simultan, kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil, Ecaps disarankan untuk mempertahankan kualitas produk. Selain itu, memperkuat strategi promosi ramah lingkungan, misalnya dengan memberi diskon bagi konsumen yang membawa botol sendiri. Peneliti selanjutnya dianjurkan menambahkan variabel lain agar dapat memberikan gambaran lebih luas tentang faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk ramah lingkungan.
References
Abdul Aziz, U., & Saggaf Shihab, M. (2024). Penerapan Green Marketing dan Dampaknya Terhadap Citra Perusahaan. Journal of Economics and Business UBS, 13(2), 492–502. https://doi.org/10.52644/joeb.v13i2.1560
Afriadin, Mutmainah, I., & Sonani, N. (2023). the Effect of Green Marketing Mix on Purchasing Decisions (Case Studies on Non-Member Tupperware Consumers in Jabodetabek). PROSPEK Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 84–95.
Ardiansyah, R. (2024). Analisis Dampak Kebijakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Kota Surakarta. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/viewFile/44354/31251
Ariestania, A. R., & Adriyanto, A. T. (2024). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Green Marketing dalam Membentuk Keputusan Pembelian Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 25(2), 159–176.
Erwan, E. S., & Edi Setiawan. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 129–140. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822
Febrian, W. D., Vitriani, N., & Perkasa, D. H. (2023). Perilaku Karyawan Ramah Lingkungan, Intelektual Ramah Lingkungan, dan Keunggulan Kompetitif Hijau Terhadap Inovasi Hijau Di Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Seribu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5492–5500.
Forbes H.; Quested T.; O’Connor C. (2021). Food Waste Index Report 2021. In Unep Food Waste Index Report 2021. https://www.unep.org/resources/report/unep-food-waste-index-report-2021
Hardianto, M., Rachmat, A. Z., & Jasma, S. (2021). Manajemen Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq. Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 126–132. https://doi.org/10.33369/joll.4.2.126-132
Herlinawati, H., Marwa, M., & Zaputra, R. (2022). Sosialisasi Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sebagai Usaha Peduli Lingkungan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 209–215. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.288
Nadiah, R. A., Marlina, S., & Lesmana, R. Y. (2021). Evaluasi Pengelolaan Sampah Dan Estimasi Umur Pakai Lahan Di TPA Km.13 Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Media Ilmiah Teknik Lingkungan, 6(2), 59–64. https://doi.org/10.33084/mitl.v6i2.2371
Novita, C. S., & Alfifto. (2024). Pengaruh Green Product Dan Green Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware (Studi Kasus Di Kisaran) The Effect Of Green Product and Green Promotion On Consumer Purchasing Decisions (Case Study in Kisaran). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 5(1), 13–21. https://doi.org/10.31289/jimbi.v5i1.4321
Putra, R. P., & Djunaid, I. S. (2023). The effect of green marketing on purchase decisions in ecaps. Gema Wiralodra, 14(2), 858–863. https://doi.org/10.31943/gw.v14i2.490
Sofia Laeliyah, D., Noreen Noor, N., Sabillah, A., Kamal, U., & Adymas Hikal Fikri, M. (2985). Kebijakan Hukum Pengelolaan Food Loss And Waste Melalui USDA (United States Departement Of Agriculture And Public Domain Policy). 5624(6), 25–41. http://jurnal.kolibi.org/index.php/kultura
Sucipto, T., & Rosanto, S. (2024). Analisis Penerapan Green Practice Restoran Stuja Coffee Cipete. Jurnal Ilmu Sosial, 2(12), 2165–2172.
Tamia, Z., & Sari, L. (2023). Inflasi Dan Return on Assets Terhadap Penyaluran Kredit Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022. Jurnal Revenue, 4, 491–499.
Widodo, S. (2020). Pengaruh Green Product Dan
Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp Di Electronic City Cipinang Indah Mall Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 23–34. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.365
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angelia Laurena, Antonius Rizki Krisnadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

